20+ Jenis Ikan Louhan Dan Cara Perawatannya

Ikan Louhan – Mungkin agan-agan sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan yang satu ini, bisa dibilang salah satu ikan yang populer di dunia, dikarenakan bentuk tubuh dan motifnya yang unik.

Ikan Louhan atau nama dalam bahasa inggrisnya adalah Flowerhorn disebut juga dengan nama Amphilophus Trimaculatus merupakan ikan hias air tawar yang sebenarnya berasal dari Malaysia dan Taiwan, namun karena ikan ini mempunyai sisik apik dan benjolan dibagian kepala yang unik maka banyak orang yang menyukai ikan ini dan diminati oleh para pencinta ikan hias sebagai binatang peliharaan dalam aquarium mereka.

ikan louhan

ikan louhan

 

Jenis-jenis Ikan Louhan

jenis ikan louhan

jenis-jenis ikan louhan

Ikan Louhan adalah spesies hybrid yang artinya ikan louhan bukanlah spesies murni dari alam namun merupakan hasil perkawinan silang dengan campur tangan oleh manusia. Oleh karena itu terdapat bermacam-macam jenis ikan louhan hasil dari berbagai perkawinan silang. Namun sebagian besar jenis-jenis ikan hias louhan ini dapat di bagi kedalam beberapa kategori sebagai berikut:

  • Ikan Louhan Cencu atau Zhen Zhuo
  • Ikan Louhan Kamfa atau Ching Hwa
  • Ikan Louhan Golden Base atau Fader
  • Ikan Louhan Kamalau atau Golden Monkey
  • Ikan Louhan Red Texas
  • Ikan Louhan Thai Silk

 

Ikan Louhan Cencu (Zhen Zhu)

ikan louhan cencu

ikan louhan cencu

Arti dari Louhan Cencu adalah Louhan Mutiara, jenis ikan louhan cencu ini bermula dari hasil perkawinan dari Trimac Chichlid (Chichlasoma Trimaculatus). Ikan ini sepintas serupa dengan ikan louhan cencu generasi pertama yang memiliki ciri-ciri ekor bulat lemas, mulut besar, dan identik dengan mata yang menonjol berwarna merah dengan marking di bagian kepala.

Jenis ikan louhan cencu ini digolongkan menjadi dua jenis yaitu: Jenis cencu klasik dan cencu modern, yang membedakannya ialah pada louhan cencu klasik tidak begitu terdapat mutiara dan jenong tidak terlalu besar. Sementara pada louhan cencu modern didominasi mutiara diseluruh badannya sampai pada bagian kepala dan pipinya. Jika dibandingkan dari kedua jenis ikan louhan cencu ini, jenis ikan louhan cencu modern jauh lebih indah daripada ikan louhan cencu klasik.

Jenis ikan louhan cencu jika dikawin silangkan lagi akan menghasilkan jenis varian baru diantaranya: Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon), Blue Dragon Louhan, ikan louhan SRM (Super Red Magma) dan masih banyak jenis varian lagi.

 

Jenis Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

ikan louhan srd

ikan louhan super red dragon

Jenis ikan louhan SRD ini berasal dari negara Thailand yang masih mewarisi karakter dari ikan louhan cencu salah satunya memiliki ekor yang renggang dengan ciri khas warna merah pekat disetengah badannya, dengan jenong yang besar (Boomhead) dan mutiarnya tidak terlalu menonjol.

Ikan louhan SRD dibagi menjadi dua jenis, yakni ikan louhan SRD Thailand dan ikan louhan SRD lokal, tentu saja ikan louhan SRD Thailand lebih tinggi harganya dan lebih cantik daripada ikan louhan SRD lokal.

Untuk membedakan jenis ikan louhan SRD Thailand dan jenis ikan louhan SRD lokal adalah sebagai berikut:

  • Ikan louhan SRD Thailand memiliki paduan warna merah dan kuning yang sangat dominan dan memiliki jenong yang lebih besar berwarna merah, dan pada bagian tubuh terdapat bintik hitam yang sangat pekat dan terlihat jelas.
  • Ikan louhan SRD lokal memiliki paduan warna merah dan silver keputihan. Ukuran tubuh dan jenong ikan louhan SRD lokal cenderung lebih kecil berwarna merah juga terdapat mutiara dibagian atasnya.

 

Jenis Ikan Louhan SRM (Super Red Magma)

ikan louhan srm

ikan super red magma

Bentuk ikan louhan SRM ini menyerupai dengan louhan SRD namun jenis ikan louhan SRM biasanya memiliki jenong yang lebih besar dan mutiara yang lebih baik dibanding ikan louhan SRM, bisa dikatakan ikan louhan SRM ini adalah hasil perkawinan dari ikan louhan SRD

Ciri khis pada jenis ikan louhan SRM adalah memiliki kepala yang menonjol dan warna yang berbeda antara bagian kepala dan tubuh. Biasanya mempunyai tiga warna, yaitu warna merah dibagian kepala, warna hitam pada bagian tengah tubuh hingga ke ekor yang berbentuk pola sama seperti sirip atas dan sirip bawahnya, dan warna putih yang menyebar diseluruh bagian tubuhnya.

Jenis ikan louhan ini memiliki warna merah yang sangat dominan hanya pada bagian setengah badan sampai kepalanya.

 

Ikan Louhan Kamfa (Chinghwa)

ikan louhan kamfa

ikan louhan kamfa

Jenis Louhan Kamfa lahir disekitar tahun 2000/2001 ikan ini juga merupakan spesies hybrid dari hasil perkawinan ikan jenis flowerhorn dengan spesies genus Vieja atau juga dengan Parrot Cichlid.

Dari hasil perkawinan ini menghasilkan beberapa varian baru, diantaranya mata cekung, mulut pendek, sirip menutup atau wrap tail dan jenong semakin besar, dari hal ini breeder ikan louhan jenis cencu mulai melakukan linebreed dan mempercepatnya supaya ikan jenis cencu yang dihasilkan lebir berwarna agar dapat bersaingan dengan ikan louhan jenis Kamfa.

 

Ciri-ciri Jenis Ikan Louhan Kamfa (Chinghwa)

jenis louhan kamfa

louhan kamfa

Ikan louhan kamfa memiliki ciri khas diantaranya:

  • Tidak terdapat marking dibagian kepalanya
  • Memiliki sirip dan ekor yang kaku dan keras
  • Mulut atas dan bawah rata, tertutup dan bibitnya lebih tipis
  • Memiliki mata yang cekung dengan warna mata kuning atau putih

 

Ikan Louhan King Kamfa

louhan king kamfa

louhan king kamfa

Ikan Louhan King Kamfa merupakan varian dari louhan kamfa breeder Thailand. Di juluki dengan nama King karena ikan ini berkualitas super terdapat jenong yang lebih besar, cenderung berwarna merah dan terdapat mutiara lebih banyak ditubuhnya dengan mutiara yang lebih rapih dan terlihat lebih besar. Di seluruh tubuhnya nyaris berwarna silver karena corak mutiara yang padat.

Karena itu lah ikan louhan king kamfa merupakan jenis ikan louhan termahal di dunia.

Hati-hati dengan penjual ikan louhan karena tidak sedikit yang culas dengan melabeli ikannya dengan sebutan King Kamfa agar mendobrak daya jual iaknnya.

 

Ikan Louhan Golden Base atau Faders

louhan golden base

louhan golden base

Ikan louhan golden base atau disebut juga dengan nama faders, ikan ini memiliki ciri-ciri dan keunikan yang khas diantara jenis ikan louhan lainnya.

Meskipun terlihat serupa namun ikan louhan golden base tidak memiliki marking seperti ikan louhan pada umumnya bisa juga dibilang bahwa ikan louhan golden base adalah ikan louhan free marking atau tanpa ada warna hitam di sekukur tubuhnya.

Memang pada awalnya ikan louhan golden base ini memiliki warna hitap pekat, namun oada suatu fase warna hitam itu akan pudar dan berkembang menjadi warna kuning kemerah-merahan. Terkadang kebanyakan orang meyebutnya hal ini sebagai “mutasi” atau sifat faders.

Ikan golden base ini kemungkinan genetik dari hasil persilangan ikan louhan Red Devil Chichlid (Amphilophus Labiatus) atau Midas Chichlid (Amphilophus Citrinelus)

Semua jenis ikan louhan yang mengalami proses mutasi atau faders akan disebut ikan louhan golden base baik itu dari jenis cencu, kamfa maupun dari jenis lainnya. Jika ikan louhan cencu yang bermutasi nantinya kita sebut dengan ikan louhan golden base cencu, demikian juga yang lainnya.

Perbedaan antara golden base jantan dan betina:

  • Jantan: Mempunyai jenong, dan tidak terdapat warna hitam sedikitpun dibagian sirip atas maupun sirip ekor
  • Betina: Tidak mempunyai jenong walaupun bagian kepala terlihat naik, dan terdapat warna hitam dibagian sirip atas maupun sirip ekor

 

Ikan Louhan Kamalau atau Golden Monkey

louhan kamalau

louhan kamalau – golden monkey

Kamalau atau Golden Monkey (Kam = Gold & Malau = Monkey) ikan jenis ini dibudidayakan oleh Mr. Lam Seah dan Lam Soon di Bercham, Ipoh – Malaysia. Setelah melahirkan generasi ke tiga ikan louhan golden base ini mulai diperkenalkan dan di pasarkan pada tahun 2001. Pada saat kejayaannya ikan louhan kamalau ini memiliki harga yang cukup fantastis.

Ikan louhan kamalau atau golden monkey ini terdapat ciri khas diantaranya bentuk wajah yang menyerupai monyet atau monkey dan bentuk tubuhnya terlihat barisi serta berotot.

Jenis ikan louhan golden base ini sudah sangat langka dan jarang ditemukan, kalaupun ada pasti harganya sangat fantastis

 

Ikan Louhan Red Texas

louhan red texas

louhan red texas

Jenis ikan louhan red texas merupakan hasil perkawinan antara jenis louhan Kingkong Parrots betina dengan jenis louhan Green Texas Chichlid jantan.

Jenis ikan louhan red texas ini sama dengan ikan louhan golden base yang mengalami proses mutasi atau faders dimana sebagai faktor penentu dari kualitas jenis ini.

Ikan louhan red texas terdapat beberapa tingkatan diantaranya:

  • Tidak mutasi: Tingkatan terendah
  • Warna kuning: Tingkatan kedua terendah
  • Warna oranye: Kebanyakan Red Texas jatuh pada katagori ini
  • Warna coral: Lebih ke warna merah muda
  • Warna merah: Tingkatan tertinggi dan paling banyak diminati

 

Jenis Ikan Louhan Thai Silk

Louhan Thai Silk

Louhan Thai Silk

Jenis ikan louhan thai silk merupakan jenis ikan louhan mutiara atau pearl yang disekujur tubuhnya rapat ditutupi oleh mutiara. Semakin rapat dan penuh mutiara di tubuhnya semakin tinggi nilai ikan louhan thai silk ini

Jika dilihat dari kejauhan jenis ikan louhan thai silk ini nampak berwarna silver keputih-putihan.

Jenis ikan ini berasal dari negara tetangga sebelah, yakni negara Thailand.

Ciri khas jenis ikan louhan thai silk adalah mempunyai mata merah dan warna pada seluruh tubuhnya 100% berwarna silver, tidak terkecuali pada sirip dan ekornya.

 

Ikan Louhan Bonsai

louhan bonsai

louhan bonsai

Dilihat dari bentuk ikan louhan bonsai memiliki tubuh yang cenderung bulat, pendek, atau bantet, artinya walaupun ikan louhan ini sudah dewasa tubuhnya tidak akan tumbuh membesar. Ini dikarenakan jenis ikan louhan bonsai memiliki kelainan genetik yang tidak dimiliki oleh jenis ikan louhan lainnya.

Ciri khas dari ikan louhan bonsai ini adalah memiliki jenong besar dengan berbagai macam warna seperti: merah, kuning, silver, putih, hijau. Dan dibagaian belakang badan biasanya terdapat lekukan dan idealnya memiliki perbandingan 1:1 dari ujung mulut sampai ke bagian pangkal ekor.

 

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina

 

Cara membedakan jenis kelamin ikan louhan ada beberapa macam, diantaranya:

Venting – atau dengan cara melihat alat kelamin dari ikan louhan. Cara ini bisa di lakukan pada saat ikan louhan berukuran 7cm atau lebih.

Ikan louhan jantan memiliki alat kelamin berbentuk huruf V atau meruncing ke ujung, dan jika dilihat dari samping alat kelamin jantan biasanya cenderung ke arah belakang atau ke ekor.

Sementara ikan louhan betina memiliki bentuk seperti huruf U dan bulat di ujungnya cenderung mengarah ke arah depan atau ke arah kepala

Ukuran Badan – dengan cara melihat ukuran tubuhnya, ikan jantan biasanya tumbuh lebih cepat, jadi jika melihat ukuran ikan burayak yang berukuran paling besar bisa jadi itu adalah jantan

Marking Pada Sirip Atas (Dorsal) Jika ikan louhan memiliki tanda hitam dibagian marking atau sirip atas, bisa jadi ini adalah ciri-ciri ikan louhan betina. Berlaku untuk jenis ikan louhan cencu

Jenong – ikan louhan jantan cenderung memiliki nonong lebih besar dibandingkan ikan louhan betina, jika anda memiliki ikan louhan betina jenong itu namanya anda lagi hoki alias beruntung

Warna – Dilihat dari warna ikan louhan betina jika hendak bertelur akan menghitam diseluruh bagian tubuhnya dengan garis-gatis belang hitam kemungkinan ini adalah betina dan jika 100% bertelur, yakin dan percayalah bahwa itu adalah louhan betina

 

Cara Memilih Anakan Louhan Yang Bagus Dan Berkualitas

 

Cara memilih ikan louhan yang bagus dan berkualitas adalah pada saat ikan louhan berukuran 4cm s/d 5cm

Beberapa faktor yang dilihat dari ikan louhan adalah:

Kepala – Bentuk dibagian kepala yang sudah agak lebar dan kelihatan sudah bakal jenong

Tubuh – Bentuk tubuh dari bagian belakang kepala sampai ke ekor sudah terlihat kotak

Mutiara – Banyak terdapat mutiara dan dibagian kepala sudah terlihat corak garis-garis tipis bakalan

Fintail – Fintain mengembang sempurna dan kaku tidak layu atau lemas

Marking – full marking dari tutup insang sampai ke ekor (beda dengan free marking)

Mental – mengetest mental dengan jari, jika ikan louhan mendekati jari maka mentalnya bagus dan jika tidak mendekati maka untuk mendukung lainnha harus dilatih agar mempunyai mental yang bagus.

 

Makanan Ikan Louhan Agar Jenong

 

Pemberian makanan terhadap ikan louhan biar cepat jenong harus mengajak berinteraksi atau membuat ikan louhan menjadi agresif adalah hal penting yang harus dilakukan.

Banyak cara yang dapat dilakukan agar ikan louhan menjadi agresif atau membuatnya jadi marah, biasanya kebanyakan orang dengan menggunakan kaca cermin, ada juga yang menggunakan makanan yang di gerak-gerakan dari luar aquarium.

Selain memberikan makanan perangsang pertumbuhan jenong, sebenarnya memberikan pakan pada ikan louhan agar jenong merupakan cara kedua, yang pertama adalah ajaklah ikan louhan bermain atau berinteraksi supaya agresif dan membuatnya marah. Cara ini lebih efektif agar mempercepat pertumbuhan jenongnya.

Pada dasarnya pakan untuk ikan hias ada tiga yaitu: makanan alami, makanan buatan,  dan makanan siap saji dari pabrik. Dari ketiga makanan ini bisa dikombinasikan untuk diberikan secara tepat pada ikan louhan dan yang terpenting adalah komposisinya.

Kandungan lemak dan protein pakan harus ada dalam diet untuk merangsang pertumbuhan nong-nongnya. Jadi untuk mendapatkan kandungan lemak dan protein tinggi adalah makanan dari jantung sapi, cacing beku, cacing tanah, bayam, dan wortel. Semua bahan makanan ini dicampurkan menjadi satu dan dibuat seperti pelet ditambah bahan agar-agar sebagai perekat makanan.

Pakan buatan tersebut bisa diberikan secara bergantian dengan pakan dari pabrik dan juga pakan alami, pemberian pakannya bisa sampai 3 s/d 4 kali dalam sehari.

 

Makanan dan Perawatan Ikan Louhan Agar Warna Menjadi Merah dan Cerah

 

Agar warna ikan louhan menjadi merah dan cerah sebetulnya adalah karena faktor gen dasar dan faktor internal yang memang berbakat berwarna merah, namun jika bakat warna merah tidak diseimbangi dengan pemberian makanan yang tepat maka tidak akan berbentuk maksimal.

Ada beberapa makanan dan perawatan agar ikan louhan menjadi merah dan cerah, diantaranya:

  1. Berikanlah makanan yang mengandung astaxanchin atau betacarotene, yang terdapat pada kandungan udang, cacing pisang, dacing darah (blood worm), spirulina dan sayur-sayuran.
  2. menjaga kondisi air agar tetap bersih dengan cara mengganti air sebanyak 20%-30% dalam waktu satu minggu sampai dua minggu sekali.
  3. berikanlah pakan secukupnya, jangan sampai berlebihan dan kekurangan. Jika kekurangan maka ikan louhan akan pucat dan jika berlebihan maka ikan louhan akan menghitam.

Leave a Reply