26+ Permainan Tradisional Beserta Asal dan Cara Bermainnya

Permainan tradisional adalah sesuatu permainan yang dimainkan oleh masyarakat pada zaman dahulu yang di tuturkan atau diwariskan secara turun temurun dengan tujuan hiburan atau menyenangkan hati.

Permainan tradisional indonesia sangat beragama dan mempunyai karakteristik tersendiri. namun seiring dengan perkembangan zaman, permainan tradisional tersebut mulai dilupakan oleh masyarakat Indonesia karena berkembangnya permainan modern.

Pada akhirnya sudah banyak permainan tradisional yang sangat jarang di temukan, karena anak-anak zaman sekarang lebih memilih bermain gadget & komputer dibandingkan bermain bersama dengan teman-teman sebayanya di halaman sekitar rumahnya.

Melihat hal seperti ini benar-benar sangat mengkhawatirkan, maka dari itu kita mesti bisa menjaga dan melestarikan budaya permainan tradisional yang ada di Indonesia agar generasi yang akan datang bisa mengetahui permainan tradisional Indonesia.

Berikut ini adalah permainan tradisional Indonesia yang sudah jarang di temukan dan mesti dilestarikan keberadaannya:

permainan tradisional

Nasional | Republika Online – Republika

Permainan Tradisional Pletokan

permainan pletokan

inet.detik.com

Pletokan adalah senjata atau alat tembak yang terbuat dari bambu kecil dengan menggunakan peluru dari kertas yang di basahi terlebih dahulu.

 

Permainan Tradisional Layangan (layang-layang)

permainan layangan

azzamaviero.com

Layangan atau layang-layang adalah permainan yang terbuat dari kertas atau plastikki yang diterbangkan dengan menggunakan benang kenur atau gelasan, (merk gelasan yang melegenda adalah gelasan Cobra)

 

Permainan Tradisional Ketapel

permainan ketapel

Pasberita.com

Ketapel merupakan jenis permainan yang terbuat dari kayu dan karet. Pada umumnya ketapel digunakan sebagai alat tembak yang sangat sederhana. Cara menggunakannya harus memiliki akurasi dalam menarik karet dan cara membidik sasarannya.

 

Permainan Tradisional Panggalan (Gasingan)

permainan gasing

Malang TIMES

Panggalan atau gasingan merupakan permainan yang terbuat dari kayu berbentuk kerucut. Cara memainkannya tali dililitkan pada panggalan atau gasing kemudian ditarik sekuat tenaga agar dapat berputar kencang dan dapat menggelopakkan lawannya, panggalan atau gasing yang terlebih dahulu pecah, berhenti berputar dianggap kalah.

 

Permainan Tradisional Egrang

permainan egrang

blog.umy.ac.id

Egrang merupakan permainan tradisional yang menggunakan dua buah batang bambu yang dibawahnya terdapat pijakan untuk kaki yang dikaitkan dengan batang bambu tersebut.

Permainan Tradisional Engklek

permainan engklek

chusnulhuluk.blogspot.com

Engklek adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh 4 orang atau lebih secara bergiliran. Permainan tradisional ini dimainkan pada tanah yang digambar berpetak-petak.

Cara bermainnya dengan menggunakan batu atau pecahan genteng yang dilemparkan kedalam petak. Bagi yang sampai di petak terakhir, maka dia lah pemenangnya. Dan bila ada pemain yang terjatuh atau kakinya keluar garis maka ia harus mengulanginya.

 

Permainan Tradisional Gobak Sodor

permainan gobak sodor

Loop

Gobak sodor atau dalam bahasa Indramayu disebut Slokdor merupakan permainan berkelompok atau beregu. Permainan ini membutuhkan kecepatan dan strategi untuk menerobos pertahanan yang dijaga oleh lawan, bagi pemain yang tersentuh oleh lawan, maka pemain akan gugur.

Permainan ini dilakukan secara bergantian, bagi regu yang paling banyak menembus atau menerobos sampai pertahanan terakhir, maka akan dianggap menang. Kemenangan dilihat dari banyaknya pemain yang menembus pertahanan.

 

Permainan Tradisional Lompat Karet

permainan lompat karet

LINE Today

Lompat karet adalah permainan tradisional yang pada umumnya dimainkan oleh anak perempuan. Cara bermainnya karet digabungkan menjadi sebuah tali dan di bentangkan oleh dua orang, kemudian pemain harus melompat dan melewatinya. Tinggi tali karet akan semakin tinggi pemain harus melompat.

 

Permainan Tradisional Congklak

permainan congklak

libmagz.com

Congklak adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh dua orang. Permainan ini menggunakan alat papan congklak yang memiliki 14 lubang kecil yang berisi 7 butir congklak. Total semua biji congklak yang digunakan adalah 49 butir.
Cara bermainnya adalah Pemain pertama mengambil 7 biji congklak dari salah satu lubang kecil itu, kemudian bagilah satu persatu secara berurutan searah jarum-jam. Jika biji berhenti di dalam daerahmu, maka kamu boleh melanjutkan membagi lagi.
Pada setiap sisi kanan dan kiri pada papan congklak terdapat lubang besar yang masing-masing lubang merupakan tempat nilai atau hasil banyaknya biji yang didapat.

 

Permainan Tradisional Mercon Bambu

permainan mercon bambu

m.merdeka.com

Petasan bambu atau meriam bambu merupakan jenis permainan yang cukup kreatif, bambu yang dibuat semacam meriam yang memiliki suara layaknya seperti meriam london, biasanya permainan tersebut dimainkan ketika menjelang bulan suci ramadhan atau 17 agustusan.

 

Permainan Tradisional Balap Karung

permainan balap karung

impremedia.net

Permainan balap karung merupakan permainan yang sering dimainkan untuk memeriahkan acara 17 agustusan. Cara bermain balap karung adalah pemain memasukkan diri kedalam karung dan adu cepat dengan pemain lainnya dengan cara meloncat-loncat menuju garis finis, siapa yang sampai digaris finis terlebih dahulu, maka ia lah pemenangnya.

 

Permainan Tradisional Gatrik

permainan gatrik

Permainan Tradisional

Gatrik merupakan permainan berkelompok yang dimainkan oleh dua tim, setiap tim nya berjumlah 4-6 pemain atau lebih. Cara bermainnya tim pertama yang akan melempar bambu dan tim kedua harus menangkapnya, jika tim kedua tidak bisa menangkapnya maka tim yang pertama berhak mendapatkan poin dan melakukan lemparan kembali.

 

Permainan Tradisional Bola Bekel

 

Bola bekel merupakan permainan terfavorit dikalangan anak perempuan. Permainan ini terdiri dari bola bekel dan beberapa biji atau kerang yang harus diambil sebelum bola memantul dua kali ke lantai.

 

Permainan Tradisional Boi-Boian

 

Permainan boi-boian merupakan permainan berkelompok, permainan ini dibagi menjadi dua tim yaitu: tim penyusun dan tim penghancur.

Tim penghancur anak menjatuhkan susunan pecahan genteng dengan sebuah bola, dan tim penyusun harus menyusun kembali sambil menghindari lemparan bola.

Bagi salah satu pemain penyusun terkena bola maka akan gugu, dan bila tim penyusun menyelesaikan susunannya maka tim penghancur dianggap kalah.


Permainan  Tradisional Kelereng

 

Kelereng merupakan permainan terpopuler dikalangan anak laki-laki. Permainan ini membutuhkan 2 pemain atau lebih. Pada dasarnya jika terkena sentilan kelereng lawan, maka akan kalah dan lawan yang dianggap menang

Permainan Tradisional Ngadu Muncang

 

Nagdu muncang merupakan permainan terfavorit dikalangan anak laki-laki. Cara bermainnya adalah leletakkan 1 buah muncang di bawah dan melemparinya dengan 1 buah muncang. Muncang yang pecah terlebih dahulu maka ia lah yang kalah, dan sebaliknya jika muncang tidak pecah, maka ia lah yang dianggap sebagai pemenangnya.

 

Permainan Tradisional Petak Umpet

 

Petak umpet merupakan jenis permainan yang sangat legendaris. Permainan ini dimainkan oleh banyak orang, dan seorang pemain akan berjaga dan pemain lainnya akan mengumpat dalam hitungan ke 10
Bila semuanya telah ditemukan, maka pemain yang pertama kali ditemukan akan menggantikan berjaga.

 

Permainan Tradisional Kereta Api – Kereta Apian

 

Permainan kereta merupakan salah satu permainan yang asik dimainkan pada saat sore hari yang cerah dan pada malam hari yang cerah. Cara bermain permainan ini cukup mudah, beberapa anak berkumpul dan membentuk barisan memanjang, kemudian 2 di antara mereka berdiri sebagai gerbang dengan menggandengkan tangan di atas.

Sambil menyanyikan lagu, anak-anak yang berbaris memanjang (seperti kereta api) berputar mengelilingi gerbang. Pada saat lagu selesai di nyanyikan salah satu anak akan terperangkap dalam gerbang.

Kemudian anak itu akan memilih mengikuti (berdiri di belakang) anak yang berdiri sebagai gerbang kanan atau kiri (di sebut sebagai indukan). Sampai anak kereta api habis, permainan ini terus di lanjut dari awal.

 

Permainan Tradisional Rangku Alu

 

Rangku Alu merupakan salah satu permainan tradisional yang sering dijumpai dalam pramuka. Permainan yang menggunakan kayu atau bambu sama panjang ini merupakan permainan tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Dalam permainanya terdapat empat orang yang memegang bambu kemudian digoyangkan dengan ritme yang pas. Sedangkan satu orang lagi dapat menari-nari sambil meloncati setiap bambu. Dibutuhkan ketelitian yang ekstra dalam permainan ini sehingga tidak terjepi oleh bambu.

 

Permainan Tradisional Sandal Bakiak

 

Sandal bakiak merupakan permainan yang terbuat dari kayu yang akan di gunakan oleh 3 atau 4 orang. Permainan ini dimainkan dengan kerja sama tim dengan berjalan seirama. Sandal bakiak yang di gabungkan menjadi satu dari sebuah kayu.

Biasanya permainan ini sering dimainkan pada acara 17 agustus yang dilombakan untuk memeriahkan acara tersebutm. Perlombaan ini berawal dari mulai star sampai finis, yang sampai duluan merekalah yang dianggap menang.

 

Permainan Tradisional Tarik Tambang

 

Tarik Tambang juga sering dimainkan pada acara 17 agustus-an. Permainan ini dibagi menjadi 2 kelompok yang akan saling tarik-menarik. Kelompok yang tertarik hingga melewati garis, maka mereka lah yang akan kalah

 

Permainan Tradisional Lenggang Rotan (hulahop)

 

Permainan Tradisional Lenggang Rotan pada zaman sekarang sering juga disebut dengan hulahop. Cara bermainnya kita harus menggoyangkan badan dan menjaga rotan tersebut agar tetap berputar di badan kita. Yang paling lama bertahan memutarkan rotan, maka dia lah yang akan menang

 

Permainan Tradisional Medorong Ban

Mendorng Ban merupakan permainan yang hanya menggunakan ban bekas dari motor atau sepedah. Biasanya anak-anak akan menjalankannya dengan mendorong-dorong dengan menggunakan sepotong kayu hingga ban tersebut berputar dan berjalan sendiri.Terkadang juga mereka berlomba siapa yang terlebih dahulu mencapai finis maka dia lah yang menang

 

Permainan Tradisional Dam-daman

 

Dam-daman merupakan sebuah permainan tradisional sederhana, yang berbentuk bidang petak-petak semacam papan catur, yang disebut dam-daman atau ada juga yang menyebut dengan kata bas-basan. Permainan dam-daman ini permainan nyaris mirip dengan permainan catur, setiap pemain harus bergantian menjalankan pionnya. Hanya disini nggak ada skak math, yang ada hanya makan atau dimakan.

Permainan Tradisional Cublak-cublak Suweng

 

Permainan tradisional ini dimainkan oleh minimal tiga orang pemain, namun akan lebih baik lagi antara enam sampai delapan orang pemain. Permaianan ini sudah sangat lama di kenal oleh masyarakat indonesia, nama dari cublak-cublak suweng itu sendiri diambil dari kata cublak yang mempunyai arti tempat, dan suweng yang artinya perhiasan yang berharga. Tujuan dari permainan ini ialah pak empo harus menemukan anting (suweng) yang disembunyikan oleh seseorang diantara mereka

 

Permainan Tradisional Domikado

permainan domikado

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Untuk bermain dengan permainan yang satu ini tidak perlu membutuhkan tenanga ekstra, cukup dengan duduk atau berdiri saja. Cara bermainnya sangat mudah, langkah pertama kita buat lingnkaran kemudian kedua tangan kita letakkan di atas tangan teman kita yang berada disamping.

Kemudian teman disampingmu itu akan menepukkan tangannya ke tanganmu sambil menyanyikan lagu domikado, akan ada orang yang terkena hukuman jika tepukan tangan tadi mengenai kita pas di akhir nyanyian Domikado.

 

Leave a Reply