20+ Cara Ternak Ayam Kalkun Dengan Biaya Murah

ayam kalkun

Ayam kalkun atau dalam bahasa latin disebut dengan Meleagris Gallpavo yang merupakan salah satu unggas berukuran besar. Ayam kalkun ini sebenarnya berasal dari negara Meksiko, yang pada awalnya orang-orang dari suku Aztek zaman kuno telah menernaknya dan dijadikan sabagai ayam potong.

Pada tahun 1519 para pedagang dari Inggris setelah era Columbus menjajah Spanyol, telah membawa Meleagris Gallpavo ke negeri tersebut sebagai hewan peliharaan. Namun para pedagang dari Inggris mengimpornya kembali ke Amerika pada tahun 1524 dan menyebut Meleagris Gallpavo sebagai “turkey” dikarenakan mereka menduga bahwa ayam tersebut masih tergolong jenis turkey cock (ayam mutiara) atau Numida Meleagris yang mereka beli dari Turki.

Akibat kesalah pahaman itu lah nama “turkey“ akhirnya malah semakin popular hingga sekarang.

Sedangkan orang Indonesia biasa menyebutnya dengan nama “kalkun”. Nama ini didapat dari ejaan bahasa Belanda “kalkoen” yang diambil dari sebuah nama kota di India, yaitu “Kalikut”

Ayam kalkun di Indonesia terdapat beberapa jenis yang dibedakan menurut warnanya, diantaranya:

ayam kalkun

imgflip.com

Jenis Kalkun Bronze

jenis kalkun bronze

cacklehatchery.com

Ayam kalkun bronze adalah jenis kalkun yang paling banyak populasinya dan digemari di Indonesia disebabkan harganya yang paling murah dan mudah dibudidayakan untuk kalkun pedaging ataupun hanya untuk peliharaan hias saja

 

Jenis Kalkun Gold Palm

jenis kalkun gold palm

gugunbisnis.blogspot.com

Kalkun jenis gold palm merupakan jenis kalkun yang memiliki banyak variasi campuran atau kombinasi warna. Dan juga termasuk salah satu jenis kalkun yang populasinya sering sekali dijumpai di pasaran lokal Indonesia

 

Jenis Kalkun Pencilled Palm

jenis kalkun pencilled palm

usahamimpi.com

Kalkun jenis pencilled palm merupakan jenis kalkun yang memiliki kombinasi warna menyerupai warna batik, dibagian bulu ekornya terdapat juga kombinasi warna yang menyerupai corak bulu macan, sehingga ada juga yang menyebutnya sebagai kalkun pencilled tiger.

 

Jenis Kalkun Naragansett

jenis kalkun naragansett

fr.wikipedia.org

Kalkun jenis naragansett merupakan jenis kalkun yang memiliki kombinasi warna abu-abu gelap dengan kuning keemasan, serta memiliki corak pada bagian ekornya yang menyerupai batik.

 

Jenis Kalkun White Holland

Jenis Kalkun White Holland

gadieng.blogspot.com

Kalkun white holland atau kalkun putih merupakan jenis kalkun yang memiliki bulu berwarna putih di seluruh tubuhnya. Konon aslinya jenis kalkun ini berasal dari Belanda, namun di Indonesia jenis kalkun ini cukup populer dan cukup banyak juga yang memelihara oleh para kolektor ayam hias.

 

Jenis Kalkun Bourbon Red

Jenis Kalkun Bourbon Red

kalkun turkey

Kalkun bourbon red merupakan jenis kalkun yang cukup mahal harganya dan jarang di pelihara oleh penghobi ayam hias sekalipun. Kalkun jenis ini memiliki paduan warna merah agak kecoklatan

 

Jenis Kalkun Black Spanish

Jenis Kalkun Black Spanish

jualayamhias.com

Kalkun black spanish merupakan jenis kalkun termahal jika dibandingkan dengan jenis kalkun lainnya. Dikarenakan harganya yang sangat mahal, membuat kalkun jenis ini masih sangat jarang dibudidayakan.

 

Jenis Kalkun Blue Slate

Jenis Kalkun Blue Slate

Ayam Kalkun

Kalkun blue slate merupakan jenis kalkun baru yang berada di Indonesia, kalkun ini baru dikenal di Indonesia pada tahun 2016, karena termasuk baru di Indonesia maka keberadaanya pun terbilang masih cukup langka.

 

Jenis Kalkun Self Buff

Jenis Kalkun Self Buff

hobiternak.com

Kalkun self buff mempunyai ciri khas pada warnanya dari perpaduan warna putih dengan warna coklat muda. Kalkun jenis ini juga masih terbilang jarang ditemui di Indonesia.

 

Cara Membedakan Ayam Kalkun Jantan dan Betina

Ciri-ciri Ayam Kalkun Jantan

ayam kalkun jantan

Farof Blog – Blogger.com

  • Memiliki bentuk ukuran kepala besar, tidak sedikitpun ditumbuhi bulu, namun pada bagian kepala dilindungi oleh kulit yang sangat tebal berlapis-lapis dengan perpaduan warna merah berbercak putih dan kebiru-biruan.
  • Pada bagian mata berwarna merah sedikit kehitam-hitaman, namun letaknya agak tersembunyi hampir ditutupi oleh lapisan kulit yang berkerut.
  • Memiliki paruh yang berwarna kuning dan berpangkal hitam. Paruh pada kalkun jantan berbentuk panjang dan besar, kuat dan tajam yang dapat mematahkan jari tangan jika terpatuk.
  • Memiliki bulu pantat dan pada bagian paha agak sedikit mengembang yang berwarna hitam agak kebiru-biruan.

Ciri-ciri Ayam Kalkun Betina

ayam kalkun betina

Farof Blog – Blogger.com

  • Kalkun betina memiliki cengger pada bagian kepala yang lebih kecil, tipis dan lemas dari pada kalkun jantan dan berwarna hitam agak kusam.
  • Kalkun betina terlihat lebih buncit dari pada kalkun jantan
  • Kalkun betina memiliki paruh yang berwarna hitam dan pada ujungnya kebiru-biruan.
  • Kalkun betina memiliki bulu ekor yang menyempit di bagian ujungnya.
  • Antara sayap dan badan pada kalkun betina sedikit berongga.
  • Pada bagian lidah dan langit-langit memiliki warna abu-abu dan agak kehitaman.
  • Kalkun betina memiliki mata lebih besar, bundar dan berwarna hitam.
  • Kalkun betina memiliki warna dan telapak kaki yang berwarna hitam kusam
  • Daging, urat nadi dan kloakanya pun berwarna hitam.
  • Pada kalkun betina memiliki tulang yang berwarna hitam mengkilat.
  • Kalkun betina jika disembelih memiliki darah yang berwarna merah marun agak kehitaman.
  • Kalkun betina mulai bertelur setelah berusia 4 bulan, per periodenya rata-rata menghasilkan telur 30 butir

Ciri-ciri Telur Ayam Kalkun

telur kalkun

Republika

  • Telur ayam kalkun memiliki bentuk oval dengan perpaduan warna putih kemerah-merahan atau putih kecoklat-coklatan.
  • Telur akan menetas setelah 21 hari dierami induknya, dengan bulu berwarna hitam keabu-abuan.
  • Telur yang menetas menghasilkan pitik yang memiliki paruh dan kukunya berwarna hitam dengan ujung berwarna putih atau abu-abu kekunung-kuningan.

 

Cara Ternak Ayam Kalkun

ternak kalkun

ayam kalkun

Ayam kalkun yang biasa dijadikan sebagai ternak kalkun pedaging adalah kalkun dari jenis bronze, sedangkan ayam kalkun dari jenis black spanish merupakan salah satu jenis ayam kalkun termahal pada saat ini.

Maka dari itu untuk memulai beternak ayam kalkun, tentunya dibutuhkan pengetahuan, keahlian, dan pengalaman yang cukup agar usaha ternak ayam kalkun dapat dijalankan dengan baik dan menguntungkan.

Beberapa hal penting dan faktor penentu yang perlu anda ketahui dan diterapkan pada usaha tenak ayam kalkun, diantaranya:

 

Pemilihan Bibit Unggul Ayam Kalkun

bibit ayam kalkun

ayamkalkun13.blogspot.com

Memilih bibit ayam kalkun unggulan dan berkualitas merupakan hal penting yang harus diperhatikan, karena faktor ini lah yang jadi penentu dalam kesuksesan dalam usaha ternak ayam kalkun.

Untuk mengetahui ciri-ciri dari bibit ayam kalkun yang baik yaitu memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat dan memiliki kondisi yang sehat, lincah dan tidak cacat.

Ciri-ciri bibit ayam kalkun yang sehat yaitu:

  • Indukan yang bagus pada umumnya memiliki bentuk tubuh yang besar
  • Aktif dan lincah
  • Bentuk dan warna kotoran bagus/normal
  • Memiliki nafsu makan yang bagus

 

Survey dan Penentuan Lokasi Kandang

kandang kalkun

lenteraswaralampung.com

Lokasi untuk membangun perternak ayam kalkun sebaiknya berada di kawasan yang aman dan nyaman, jauh dari pemukiman warga, dekat dengan sumber makanan seperti pesawahan dan pastikan daerah tersebut sangat aman dari jangkauan para makhluk pengganggu seperti predator, kejahatan manusia maupun kemungkinan terjadinya bencana alam.

Lokasi kandang ayam kalkun diharuskan ditempat yang tidak terlalu lembab dan menghadap kearah timur, agar pada setiap pagi hari lokasi kandang ayam kalkun langsung tersinari oleh matahari pagi.

 

Pembuatan Kandang Ayam Kalkun

Untuk pembuatan kandang ayam kalkun sebaiknya disesuaikan dengan lahan yang tersedia dan jumlah ayam kalkun yang akan dibudidayakan. Usahakan lah agar ukuran kandang tidak terlalu kecil, karena jika ukutannya tidak sesuai kapasitas atau terlalu kecil, maka dapat mempengaruhi pertumbuhan pada ayam kalkun tersebut dan bulu pada ayam kalkun akan rusak.

 

Ciri-ciri Kandang Yang Baik Untuk Ayam  Kalkun

  • Kandang harus menghadap ke arah timur agar di pagi hari ayam kalkun mendapat sinar matahari langsung.
  • Buatlah struktur kandang ayam kalkun yang mudah untuk dibersihkan.
  • Usahakan struktur bangunan dan atap kandang ayam kalkun kokoh agar mengatisipasi hujan dan gangguan hewan predator dan manusia jahat
  • Buatlah kandang ayam kalkun dengan sistem sekat atau berpetak agar dapat memisahkan ayam kalkun sesuai dengan jenis dan usianya.
  • Lapisilah lantai kandang ayam kalkun dengan bubur gergaji atau kulit padi agar kandang tidak akan basah atau lembab.

 

Pakan Yang Baik Untuk Ayam Kalkun

Teknis atau cara pemberian pakan merupakan faktor penting pada ayam kalkun, sama halnya dengan hewan ternak lain yang membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang baik dan seimbang. Maka dari itu agar ayam kalkun yang dipelihara diberikan pakan yang sehat dan berkualitas agar ayam kalkun tumbuh dengan optimal.

Untuk jenis pakan ayam kalkun yang memenuhi standar gizi dan nutrisi sesuai dengan usia ayam kalkun tersebut, makanan full pakbrikan biasanya yerdapat di toko-toko peternakan.

Selain dari pada itu, ayam kalkun juga dapat diberi pakan tambahan yang terdiri dari beberapa jenis seperti dedak, bekatul dan perpaduan dengan sayur-sayuran hijau._ Sedangkan jadwal pemberian pakan dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak akan banyak makanan sisa yang terbuang sia-sia. Kemudian, letakan tempat minum yang jaraknya agak jauh dari tempat pakan, ini bertujuan agar air minum tidak mudah kotor.

 

Perawatan Ayam Kalkun

Ayam kalkun merupakan jenis hewan unggas yang sangat mudah dalam pemeliharaannya. Untuk bibit ayam kalkun yang berusia 0 – 1,5 bulan suhu di dalam kandang harus hangat dengan temperatur suhu sekitar 30 – 45°C. Pada usia ini bibit ayam kalkun sangat membutuhkan asupan pakan yang sehat dan berkualitas yaitu dengan memberikan jenis pakan BR-1 dan diberi tambahan sayur-sayuran hijau dan sawi yang diseduh dengan menggunakan air panas.

Perawatan Tingkat Menengah

Setelah bibit ayam kalkun memasuki usia 1,5 – 6 bulan, bibit ayam kalkun telah memasuki usia remaja. Biasanya pada usia tersebut ayam kalkun mulai dilepaskan dari kandang, dan lampu pemanas pun sudah tidak diperlukan lagi dan pastikan ukuran kandang diperluas agar ayam kalkun dapat bergerak lebih leluasa. Sedangkan untuk jenis pakan yang diberikan masih tetap sama dengan pemberian pada tahap awal.

Perawatan Lanjutan

Apabila ayam kalkun sudah memasuki usia diatas 6 bulan, pada masa ini lah libido seksual ayam kalkun sudah mulai muncul, jenis kelaminnya pun sudah mulai terlihat dan dapat dibedakan antara jenis kelamin jantan dan betina. Di masa ini juga sebaiknya para ayam kalkun jantan mulai dipisahkan untuk mencegah terjadinya persaingan kekuasaan dan juga perkelahian.

Ketika ayam kalkun betina mulai tampak sering merunduk, maka kalkun betina sudah siap untuk dikawinkan dan sudah siap untuk dikembangbiakan. pada usia ini lah dimana ayam kalkun betina mulai memasuki masa reproduksi. Setelah berusia lebih dari 8 bulan, berat badan ayam kalkun bisa mencapai antara 7 kg sampai dengan 8 kg ketika faktor giziya seimbang

 

 

Leave a Reply