20+ Contoh Bingkai Foto Unik Untuk Menghiasi Dinding Kamarmu

Foto adalah memori yang tertangkap lensa. Sebuah foto memiliki berjuta kenangan dan cerita, tidak heran jika foto menjadi salah satu pemandangan dalam bingkai foto yang pasti akan kita lihat setiap hari.

bingkai foto

Keindahan sebuah rumah rasanya kurang lengkap jika tanpa adanya foto. Pada umumnya foto-foto ini dipajang di dinding rumah, di atas meja, atau di tempat-tempat lain, sehingga penghuni atau pengunjung rumah dapat melihat foto-foto itu.

Untuk meningkatkan nilai estetika dari sebuah foto, biasanya foto akan diletakkan dalam sebuah bingkai. Atau akan dipercantik sedemikian rupa, sehingga tidak hanya menyimpan suatu kenangan, tetapi juga menjadi sebuah dekorasi rumah.

Bingkai foto dapat anda temukan di banyak toko, namun biasanya cukup sulit mendapatkan bingkai yang sesuai dengan keinginan kita. Tapi tenang saja, dalam artikel ini, anda akan mendapatkan inspirasi untuk mendesain sendiri bingkai foto yang cantik dan menarik.

1. Bingkai foto keren dari tutup botol

Bingkai foto dari tutup botolKalau kamu membuka botol minuman atau saos, biasanya tutupnya pasti anda buang. Ternyata, tutup botol yang sepertinya tidak berguna lagi ini bisa anda jadikan bingkai untuk fotomu.

Botol bekas minuman biasanya memiliki tutup yang lebih kecil daripada tutup botol saus atau bumbu masak. Anda bisa memilih sesuai besar kecilnya foto. Biasanya, foto-foto yang dipasang di dalam tutup botol ini hanya menampakkan wajah dari satu orang.

Karena ukurannya yang sangat mini, bingkai foto ini dapat anda jadikan tempelan kulkas. Atau digabungkan menjadi satu dalam satu bingkai besar.

2. Bingkai foto yang digantung di pohon

Bingkai foto yang digantung di pohonPohon yang dimaksudkan tentu saja bukan pohon betulan. Melainkan stiker yang bergambar pohon besar untuk ditempel di dinding. Bingkai stiker ini pun bukan bingkai yang benar-benar ada, akan tetapi sticker yang membentuk persegi empat.

Bingkai bergambar pohon ini tersedia dalam beragam bentuk dan warna. Anda bisa membelinya di toko-toko wallpaper atau toko accessories di sekitar anda. Dinding rumah anda pasti akan menambah indah dengan pohon foto ini.

3. Bingkai Foto dari kertas Origamibingkai foto kertas

Pada umumnya lemari atau loker barang di sekolah akan ditempeli dengan berbagai foto-foto. Agar lebih menarik dan unik, foto tersebut ditempelkan dengan kertas berwarna-warni yang memiliki bentuk beraneka ragam.

Anda hanya memerlukan kertas warna, lem, gunting, dan kreativitas untuk membuat bingkai yang sesuai dengan keinginanmu.

4. Bingkai foto botol cantik
Bingkai foto botol cantik

Bingkai foto yang satu ini memang benar-benar unik. Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis botol yang berwarna bening dan transparan untuk menjadi bingkai fotomu. Pada umumnya botol-botol ini juga sekaligus menjadi hiasan di atas meja kerja.

Anda hanya perlu mencetak foto seukuran 4 atau 5 R dan masukkan ke dalam botol. Biasanya di dalam botol tersebut bisa anda masukkan juga batu, pasir, atau benda lain. Di Bagian luar botol juga dapat anda hias dengan berbagai macam pernak-pernik.

5. Bingkai foto dari balok kayu unik

Bingkai foto balok kayu unikJika anda mempunyai balok kayu berbentuk persegi, atau kardus bekas yang berbentuk kotak, anda dapat menyulapnya menjadi bingkai foto yang cantik. Anda cukup melengkapinya dengan tali dan hiasan kelopak bunga atau bros hewan.

Caranya, lilitkan tali ke balok kayu atau kardus bekas yang telah dibungkus dengan rapi terlebih dahulu. Jangan lupa menghiasnya dengan kelopak bunga atau. bros hiasan lain. Kemudian sisipkan selembar foto yang anda inginkan di bingkai foto cantik tersebut.

6. Bingkai foto dari jam bekas

Bingkai foto dari jam bekasAnda punya jam dinding bekas yang sudah rusak atau sudah tidak terpakai lagi? Jangan langsung dibuang ya. Jam dinding ini bisa menjadi bingkai untuk fotomu. Caranya, copot jarum dari jam bekas tersebut, kemudian ganti dengan fotomu.

Anda bisa menggantung foto ini sama seperti menggantung jam biasanya. Bisa juga dengan menambahkan tali dan menggantungnya, sehingga terlihat lebih unik.

7. Bingkai foto cantik berbentuk bunga

Bingkai foto berbentuk bungaIni dia bingkai foto yang lucu dan mudah dibuat. Bingkai foto berbentuk bunga yang ditempelkan foto dirimu di tengah bunga tersebut. Bunganya bisa dibuat dari kertas warna yang tebal, atau dari plastik yang tebal dan kaku.

Setelah bingkainya jadi, pasang stick sebagai tangkai bunga. Kemudian letakkan bunga-bunga tersebut pada pot atau vas bunga kecil. Akan lebih baik jika bunga-bunga tersebut terdiri dari beberapa tangkai.

8. Bingkai foto di dalam lemari kayu

Bingkai foto di dalam lemari kayuUntuk membuat bingkai kayu seperti ini agak sedikit sulit. Anda dapat meminta bantuan dari keluarga, teman atau tukang kayu yang cukup paham mengerjakan lemari kecil dan sederhana ini. Caranya cukup dengan menyatukan beberapa papan kayu sehingga membentuk lemari kecil, lengkap dengan sedikit penutup di depan.

Lemari, atau lebih tepatnya rak ini bisa anda jadikan tempat menyimpan berbagai foto-foto kenanganmu. Kesan tradisional dan back to nature-nya akan menambah indah dekorasi ruangan rumah anda.

 

9. Bingkai foto berbentuk poster

Bingkai foto berbentuk posterBingkai foto berbentuk poster ini sangat mudah dibuat. Anda hanya memerlukan selembar kertas yang tebal dan pita-pita hiasan lucu. Tentu juga dengan beberapa foto berbentuk kotak atau bentuk foto yang anda sukai.

Bingkai foto ini biasanya lebih cocok untuk menampung foto-foto yang bercerita tentang perjalanan kehidupan seseorang, mulai dari kecil sampai besar. Atau koleksi foto-foto teman sekelas.

 

10. Bingkai foto Minimalis Dari jemuran

Bingkai foto Minimalis Dari jemuranBingkai foto pada bentuk ini tentu saja tidak seperti jemuran pakaian. Melainkan sebuah pigura kayu yang diberi tali pada bagian tengahnya, lengkap dengan penjepit untuk menjepit foto-fotonya. Sehingga foto ini akan terlihat seperti pakaian yang sedang dijemur.

Pigura yang digunakan dapat anda buat dari kayu atau bambu bekas yang tidak terpakai lagi. Foto-foto yang dipasang juga nantinya dapat diganti-ganti jika anda ingin mengganti dengan foto-foto yang lain. Praktis dan unik bukan?

11. Bingkai foto keren berbentuk matahari
Bingkai foto keren berbentuk matahari

Berikut ini kreasi bingkai foto yang menggunakan penjepit. Bahan-bahan yang anda butuhkan adalah dus bekas yang dipotong berbentuk bulat dan penjepit. Anda dapat memotong bagian dalam kardus sehingga terlihat seperti cincin besar.

Penjepit yang digunakan adalah penjepit yang memiliki dua sisi untuk menjepit. Anda bisa membelinya di toko accessories terdekat. Kemudian penjepit tersebut anda jepitkan mengelilingi kardus bagian luar.

Jika sudah jadi, anda dapat menjepit foto-foto yang anda inginkan di sisi lain penjepit. Foto-foto ini harus diatur sedemikian rupa sehingga berbentuk proporsional. Bingkai yang sudah jadi dapat anda tempelkan di dinding rumah.

12. Bingkai kalender gantung

Bingkai kalender gantungBingkai foto ini adalah bingkai kalender gantung. Mungkin nama ini kurang begitu tepat. Disebut kalender gantung, sebab bingkai ini digantung dan berbentuk mirip seperti kalender.

Bahan yang dibutuhkan adalah dua potong kayu atau bambu, tali untuk menggantung, dan tentu saja foto yang ingin anda pasang. Akan lebih baik jika foto ini dicetak pada kain atau kertas yang teksturnya menyerupai kain. Foto tersebut dijepit di bagian atas dan bawah dengan kayu atau bambu, ini berfungsi sebagai pemberat foto. Kemudian pada kayu diberi tali. Jadi deh bingkai fotonya.

 

13. Bingkai Foto Lucu dari Kancing Baju

Bingkai Foto Lucu dari Kancing BajuApakah anda Ingin membuat sendiri bingkai foto lucu yang keren namun tidak mau repot? Bingkai foto lucu satu ini bisa jadi pilihanmu. Dengan bahan utama berupa kancing baju, anda cukup menyusun dan merekatkan kancing-kancing baju tersebut ke bingkai yang mau anda buat.

Untuk hasil yang lebih baik, coba anda perhatikan komposisi bentuk dan warna dari kancing-kancing yang akan anda gunakan untuk membuat bingkai foto lucu ini. Dalam pemilihan komposisi warna, bentuk, serta ukuran kancing yang pas akan memberikan nilai estetika yang menarik untuk bingkai foto yang anda miliki.

 

14. Bingkai Foto Kreatif Dari sedotan

Model Bingkai Foto Kreatif Dari sedotanKebanyakan dari kita menganggap sepele dengan benda yang satu ini. Namun di tangan orang kreatif ini adalah suatu peluang yang bisa dijadikan bisnis. Sedotan yang biasa kita pakai untuk menyedot air es ataupun minuman ini bisa kita manfaatkan untuk menjadi bingkai foto.

 

15. Bingkai Foto Unik Dari Kaca Akrilik

Bingkai Foto Unik Dari Kaca AkrilikBerikut ini adalah bingkai foto unik yang sedang ngehits sekarang ini yaitu bingkai foto kaca akrilik. Membingkai sebuah foto dengan kaca akrilik dapat membuatnya terlihat seperti lukisan atau karya fotografi yang ada di museum atau galeri seni.

Kaca akrilik tersebut dapat memberikan kesan bahwa foto seperti sedang melayang-layang di dinding. Efek seni dari pemasangan bingkai foto unik dengan kaca akrilik akan semakin terlihat berkelas dan modern apabila anda menggantungnya pada dinding yang berwarna sedikit kusam, seperti warna abu-abu dan broken white.

 

16. Bingkai Foto Unik Dari Stik Es Krim

Bingkai Foto Unik Dari Stik Es KrimStik es cream yang kita anggap sampah ini bisa kita manfaatkan lho. Ada banyak kreasi yang bisa dibuat dari bahan stick es cream ini, salah satunya adalah Bingkai foto.

 

17. Kreasi Bingkai Foto Dari Kardus

17. Kreasi Bingkai Foto Dari KardusKertas kardus atau cardboard merupakan salah satu limbah dari rumah tangga, yang bisa kita manfaatkan sebagai bahan utama untuk dijadikan berbagai macam kerajinan tangan. Salah satunya ialah dalam pembuatan kreasi bingkai foto, dengan sentuhan tangan kreatif, kita mampu menjadikan limbah ini lebih bermanfaat.

 

18. Kreasi Bingkai Foto Cantik Dari Kertas Majalah Bekas

Kreasi Bingkai Foto Cantik Dari Kertas Majalah BekasBenda yang sebelumnya sudah dianggap tidak lagi terpakai dan tidak berguna setelahnya bisa anda manfaatkan sebagai bahan pembuatan bingkai foto cantik juga loh. Cuma dengan modal kertas bekas majalah dengan warna-warna yang kontras, kardus bekas yang tipis dan halus, dan alat pendukung lain seperti gunting dan lem kertas, anda bisa menciptakan sebuah bingkai foto cantik dengan hasil yang menakjubkan. Murah meriah dan ramah lingkungan bukan?

19. Bingkai Foto Kemerdekaan

Bingkai Foto KemerdekaanSetiap tanggal 17 Agustus pasti akan ada banyak lomba dan acara yang meriah untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, Bahkan di sekolah, tempat kerja maupun para pelaku usaha mewajibkan untuk mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih untuk menghormati para pahlawan dan meningkatkan jiwa patriotisme.

Selain melakukan di dunia nyata, kini untuk memeriahkan dan memperingati HUT RI ke 73 juga bisa dilakukan di dunia maya, khususnya di media sosial seperti Facebook (FB), Twitter, Whatsapp (WA), Line, Instagram, BBM, dan media sosial lainnya.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah memasang bingkai foto HUT RI ke 73. Hal ini juga bisa dijadikan untuk memeriahkan di dunia nyata.

Untuk membuat bingkai foto HUT RI ke 73 ini diperlukan pengetahuan serta keahlian untuk bidang edit foto, karena pembuatannya harus menggunakan program aplikasi edit foto. Hal ini menjadi kendala bagi sebagian orang yang tidak memiliki pengetahuan serta keahlian khusus dalam bidang edit foto.

 

20. Bingkai Foto Dari Akar Pohon

Bingkai Foto Dari Akar PohonAkar pohon memang selalu menjadi bahan idaman untuk furniture. Banyak kolektor yang memburu barang ini untuk mengisi rumahnya. Namun akar pohon ternyata tidak cuma cantik sebagai bahan kursi atau meja loh.

Salah satu buktinya adalah karya dari seniman Darryl Cox. Sang artis ini membuat bingkai unik dengan menggunakan akar pohon sebagai bahan dasarnya.

Untuk mewujudkan karyanya tersebut, dia harus mencari bahan yang spesial di sebuah hutan di kawasan Oregon, Amerika Serikat.

 

Leave a Reply