50 Cabang Ilmu Biologi, Definisi, Manfaat dan Tokoh-tokoh yang berjasa dalam perkembangan ilmu biologi

Cabang-cabang Biologi – Pada prinsipnya definisi biologi berdasarkan istilah biologi sendiri yang terdiri dari dua suku kata yakni bio atau bios yang artinya makhluk hidup, dan logi atau logos yang artinya ilmu. Hakikatnya pengertian biologi banyak diberikan oleh para ilmuan tergantung dari ruang lingkup penelitian yang dilakukan.

cabang biologi

www.mindmeister.com

Salah satu penafsiran biologi atau ilmu hayat adalah suatu ilmu mengenai kehidupan Biologi membantu manusia mengenal dirinya sebagai makhluk hidup, memahami atau mengenal lingkungannya dan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Maksud dari pengajaran biologi antara lain ialah memajukan cara berpikir ilmiah melalui penelitian, percobaan dan pengujian, mengembangkan pengetahuan praktis dari metode biologi untuk mengatasi masalah kehidupan individu dan sosial, merangsang studi lebih lanjut di bidang Biologi dan bidang lain yang berhubungan dengan Biologi serta membangkitkan pengertian dan rasa sayang kepada sesama makhluk hidup.

Biologi merupakan salah satu ilmu dasar yang turut menentukan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dengan belajar biologi kita akan mempunyai kemampuan berpikir logis, sistematis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah.

Pendidikan biologi dapat dihadirkan dengan menggunakan teknologi komputer. Pembelajaran dengan memanfaatkan komputer akan dapat mendukung memahami materi pengertian biologi, karena dengan teknologi komputer memungkinkan untuk memunculkan cara pembelajaran yang menarik. Dengan teknolog komputer dapat disajikan media pembelajaran yang memuat materi pembelajaran secara tekstual, audio maupun visual.

Definisi dari biologi juga merupakan salah satu ilmu dasar yang ikut menentukan kemajuan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dengan belajar ilmu biologi kita akan memiliki kemampuan daya berpikir logis serta memperoleh keterampilan dalam berpikir kritis, sistematis dan kreatif dalam memecahkan masalah.

Ilmu biologi benar-benar bermakna dan berguna bagi kehidupan manusia. biologi banyak dipakai untuk bermacam bidang kehidupan seperti peternakan, pertanian, kedokteran, perikanan, dan lain sebagainya.

 

Cabang Ilmu Biologi

Cabang-cabang Biologi

aryaardhan.blogspot.com

Berikut cabang-cabang biologi, antara lain:

Aerobiologi : mengkaji perihal unsur organik yang ada di udara.

Agrikultur : mempelajari mengenai proses produksi dari hasil panen, serta lebih menekankan terhadap penerapannya.

Anatomi : mempelajari fungsi, dan bentuk hewan, tumbuhan, serta organisme yang lainnya (terutama pada manusia).

Arachnologi : mempelajari arachnida (kelas hewan yang termasuk invertebrata Arthropoda yang masuk dalam subfilum Chelicerata).

Astrobiologi : mengulas tentang distribusi, evolusi, dan futur atau masa depan kehidupan alam semesta, dapat juga disebut ekso paleontologi, eksobiologi, dan bioastronomi.

Bakteriologi : mempelajari perihal mengenai bakteri.

Biofisika : mempelajari berbagai hal bagaimana proses biologis dalam kerangka fisika

Biogeografi : mempelajari mengenai persebaran spesies dalam konteks keruangan serta juga waktu.

Bioinformatika : penggunaan teknologi informasi guna meneliti, menyimpan, serta mengumpulkan data genomik atau biologis yang lainnya.

Biokimia : mengulas tentang reaksi kimia yang dibutuhkan bagi kehidupan supaya dapat tetap berfungsi, biasanya pada tingkatan seluler.

Biologi bangunan : mempelajari dan meneliti tentang lingkungan hidup pada dalam ruangan.

Biologi evolusioner : mempelajari tentang asal mula serta nenek moyang suatu spesies.

Biologi integratif : mengulas tentang semua organisme di dunia.

Biologi kelautan (oseanografi biologis) : mempelajari tentang, flora, fauna,  serta kehidupan samudra yang lainnya.

Biologi konservasi : mempelajari tentang pemulihan, perlindungan, dan pelestarian lingkungan alam, margasatwa, vegetasi, ekosistem alam.

Biologi lingkungan : mengulas tentang semua dunia alam secara keseluruhan, terutama mempelajari tentang dampak manusia terhadap alam tersebut.

Biomatematika : mempelajari dan meneliti tentang proses biologis secara kuantitatif atau secara matematis, serta juga lebih menekankan terhadap pemodelan.

Biomekanika : tidak jarang juga dianggap sebagai cabang kedokteran, biomekanika mengulas tentang mekanika kehidupan yang menekankan pada penerapan melalui ortotik atau prostetik.

Biomusikologi : mempelajari tentang musik dari sudut pandang secara biologis.

Bioteknologi : merupakan salah satu cabang biologi baru, mempelajari manipulasi materi hidup.

Botani : mempelajari atau meneliti tentang tumbuhan.

Ekologi : mengulas tentang interaksi antara organisme terhadap lingkungannya.

Embriologi : mempelajari tentang perkembangan embrio.

Entomologi : mengulas tentang berbagai jenis serangga.

Epidemiologi : adalah komponen penting dalam penelitian mengenai kesehatan, hal ini karena epidemiologi mempelajari atau meneliti faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan suatu populasi.

Epigenetik : mengulas tentang berbagai perubahan ekspresi gen yang disebabkan karena mekanisme selain dari perubahan rangkaian ADN.

Etologi : mempelajari berbagai tingkah perilaku hewan.

Farmakologi : mempelajari penggunaan, pengaruh, dan persiapan berbagai jenis obat-obatan.

Fisiologi : mempelajari bagaimana cara kerja organisme hidup dan juga bagiannya.

Fitopatologi : fitopatologi atau patologi tumbuhan mempelajari tentang macam-macam penyakit pada tumbuhan.

Genetika : mempelajari tentang pewarisan serta gen.

Hematologi : mempelajari tentang darah serta organ-organ pembentuk darah tersebut.

Herpetologi : mempelajari tentang berbagai jenis reptil serta amfibi.

Histologi : mempelajari mengenai sel serta jaringan, cabang mikroskopik anatomi.

Iktiologi :  Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang ikan.Kriobiologi – mempelajari tentang bagaimana pengaruh suhu yang rendah pada kehidupan.

Limnologi : mempelajari tentang perairan pada daratan.

Mamalogi : mempelajari tentang mamalia.

Mikrologi : mempelajari dan meneliti organisme yang berukuran mikroskopik (mikroorganisme) serta interaksinya dengan kehidupan yang lainnya.

Mikologi : mempelajari tentang fungi.

Neurobiologi : mempelajari tentang sistem saraf.

Onkologi : mempelajari tentang bagaimana proses kanker.

Ornitologi : mempelajari berbagai jenis burung.

Paleontologi : mempelajari tentang fosil serta berbagai bukti geografis pada kehidupan prasejarah.

Patobiologi : meneliti berbagai penyakit, seperti ciri, penyebab, perkembangannya, dan proses.

Parasitologi : mempelajari tentang parasit.

Penelitian biomedis : meneliti tubuh manusia pada yang sehat dan juga yang sakit.

Psikobiologi : mempelajari tentang dasar psikologi dengan cara biologis.

Sosiobiologi : mempelajari tentang dasar sosiologi dengan cara biologis.

Virologi : mempelajari virus.

 

Manfaat Ilmu Biologi

manfaat biologi

slideplayer.info

Pada era yang sudah maju seperti sekarang ini, biologi tidak hanya sekedar mempelajari sesuatu makhluk hidup saja. Berbagai macam penelitian dan percobaan sudah pernah dilakukan serta diperoleh berbagai penemuan yang dapat mengangkat kualitas kehidupan manusia untuk menjadi yang lebih baik dari sebelumnya. Seperti persoalan dalam hal makanan, kesehatan, energi, bahkan keamanan dunia juga bergantung pada biologi. Biologi telah dikembangkan ke cabang ilmu biologi guna mencapai kesejahteraan manusia.

Beragam manfaat biologi sudah dirasakan hasilnya sekarang ini. Baik itu biologi sebagai ilmu dasar atau ilmu terapan yang terikat dengan ilmu yang lainnya. Berikut manfaat biologi bagi kehidupan:

 

Ilmu Murni

Pada saat ini biologi sudah dikembangkan menjadi ilmu dasar murni guna keperluan dalam bidang-bidang terkait. Biologi sebagai dasar daripada ilmu pertanian dalam mengembangkan bibit unggul, ilmu hewan, dan lain sebagainya. Biologi juga dapat digunakan sebagai analisa sel.


Pertanian

Perkembangan dalam dunia pertanian tidak bisa dilepaskan dari adanya ilmu biologi. Dewasa ini dunia berada pada situasi krisis kerawanan pangan dikarenakan detonasi penduduk serta berkurangnya lahan pertanian. Teknik hibridisasi misalnya, yang sudah dikembangkan untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan serealia dan kacang-kacangan, supaya tahan terhadap penyakit, mendapatkan varietas unggul.

 

Proteksi Tanaman Pertanian

Ada juga manfaat biologi yang lainnya di bidang pertanian yaitu guna mendeteksi serta melindungi tanaman dari serangan hama dan berbagai macam penyakit. Pengendalian dilakukan secara biologis merupakan pilihan lain, selain menggunakan pestisida yang lebih banyak merugikannya, hal ini karena dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Cabang ilmu biologi yaitu Entomologi, dapat digunakan guna mengetahui sifat serta macam-macam karakter serangga yang berkaitan dengan pertanian.


Kesehatan

Ilmu biologi amat bermanfaat dalam dunia kesehatan semacam anatomi tubuh, jaringan, dan lain sebagainya. Telah banyak penelitian serta berbagai macam penemuan salah satunya penemuan antibiotik dan vaksin untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit.


Kedokteran

Adanya transplantasi organ tubuh manusia sudah mulai berkembang semenjak abad ke 20. Teknologi keberhasilan dalam implantasi bayi tabung dapat memudahkan kelanjutan keturunan yang dilalui dengan cara in vitro atau dalam tabung. Dan masih banyak lagi berbagai penangan penyakit yang sebelumnya susah untuk diatasi seperti diabetes, kanker, dan lain sebagainya. Dan sekarang penyakit tersebut dapat terbantu dengan adanya teknologi pada bidang kedokteran dan farmasi.


Farmasi

Biologi membantu ditemukannya berbagai macam obat-obatan yang sangat dibutuhkan. Farmasi dapat mendukung dalam memahami reaksi manusia terhadap suatu bahan kimia tertentu yang terdapat pada obat. Kemajuan farmasi sangat membantu dalam mempelajari dan meneliti biological engineering guna produksi senyawa tertentu seperti antibiotik dan insulin.


Perikanan

Biologi sangat bermanfaat digunakan dalam upaya pelestarian hutan mangrove dan hutan bakau, agar Indonesia dapat bersiap sebagai negara maritim. Termasuk juga peran dari adanya ilmu biologi dalam pembuatan tambak, rumah ikan, dan lain sebagainya. Ilmu biologi sangat bermanfaat bagi dunia perikanan salah satunya untuk riset budidaya ikan yang memiliki nilai gizi yang tinggi serta ekonomis.


Industri

Banyak sekali pabrik yang didirikan di Indonesia sangat berpengaruh dalam ilmu biologi. Industri fermentasi seperti pembuatan tempe, kecap, roti, yoghurt, serta nata de coco. Termasuk makanan serta minuman probiotik dan prebiotik berupa serat tumbuh-tumbuhan dan mikroorganisme yang ada dalam tubuh.

 

Pengembangan Energi

Salah satu dari manfaat biologi adalah adanya biogas yang menggunakan kotoran hewan yang bisa menjadi energi alternatif. Biogas tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Penemuan biodiesel serta minyak jarak juga bermanfaat bagi kehidupan.


Pertahanan Negara

Pada zaman sekarang sudah banyak yang menggunakan senjata biologis patogen, contohnya seperti virus, bakteri, dan kuman. Bahkan dalam perkembangannya saat ini sudah tidak organisme pathogen, akan tetapi menggunakan toksin berbahaya. Senjata biologis tersebut sudah dilarang digunakan dalam pertempuran perang.

 

Tokoh -Tokoh Biologi

tokoh-tokoh biologi

melihatmisteri.com

Dibalik semakin berkembangnya ilmu biologi sampai zaman sekarang, pasti ada tokoh-tokoh yang berjasa dalam perkembangan ilmu biologi, berikut beberapa tokoh-tokoh terkenal biologi yang paling berjasa :

 

Ibnu al-Nafis

Ibn al Nafis

dataarchivehd.cf

Ibnu an-Nafis (lahir di Damaskus (saat ini wilayah Suriah) meninggal pada tahun 1210 di Kairo (saat ini wilayah Mesir), 17 Desember 1288 pada umur 77/78 tahun) merupakan orang pertama yang secara akurat mendeskripsikan peredaran darah dalam tubuh manusia (pada 1242). Penggambaran kontemporer proses ini telah bertahan. Khususnya, ia merupakan orang pertama yang diketahui telah mendokumentasikan sirkuit paru-paru. Ibnu an-Nafis merupakan orang yang pertama mengemukakan teori pembuluh darah kapiler. Secara besar-besaran karyanya tak tercatat sampai ditemukan di Berlin pada tahun  1924.

 

Antony van Leeuwenhoek

leeuwenhoek

vox.com

Antonie Philips van Leeuwenhoek (lahir di Delft, Belanda, 24 Oktober 1632 – meninggal di Delft, Belanda, 30 Agustus 1723 pada umur 90 tahun) merupakan ilmuwan Belanda yang berasal dari Delft. Ia disebut sebagai “Bapak Biologi”, dan dianggap sebagai mikrobiolog pertama. Ia terlahir sebagai putra pembuat keranjang. Ia terkenal atas pengembangan mikroskop dan kontribusinya terhadap didirikannya mikrobiologi. Ia adalah orang pertama yang mengamati dan mendeskripsikan organisme bersel satu.

 

Stephen Hales

Stephen Hales

kumc.edu

Stephen Hales lahir di Beakesbourne, Kent pada 17 September 1677 karya yang ditulis oleh Stephen Hales adalah Vegetable Staticks yang berbicara tentang psikologi tumbuh-tumbuhan. Gagasan yang dinyatakan oleh Hales adalah persamaan antara tumbuhan dan hewan yang memiliki sistem sirkulasi darah. Dia menyelidiki bagian-bagian tumbuh-tumbuhan dan menemukan sistem kehidupan didalamnya terkait seluruh bagian mulai dari akar, daun, batang, bunga, buah dsb.

Demikianlah pengertian biologi, cabang ilmu biologi, dan manfaat biologi. Berkembangnya ilmu biologi dalam berbagai bidang dapat membuktikan bahwa ilmu biologi sangat mutlak untuk diperhitungkan pada abad yang akan mendatang. Bahkan berbagai penemuan ilmu pengetahuan zaman dahulu yang mungkin sampai saat ini masih menjadi suatu referensi bagi kesejahteraan manusia.

Leave a Reply