Cara Membuat Daftar Isi Manual dan Otomatis dengan Mudah dan Cepat

Meskipun kita kerap kali menjumpai dokumen atau file yang terdapat halaman daftar isi namun masih banyak sekali masyarakat luas yang belum tahu bagaimana cara membuatnya supaya nampak rapi dan mudah dipahami pembaca. Tenang saja tak perlu risau sebab banyak sekali cara membuat daftar isi menggunakan Microsoft Word yang bisa Anda pelajari tatkala membuat sebuah halaman daftar isi.

Akan tetapi sebelum kami menjelaskan bagaimana tutorialnya dengan detail tak ada salahnya jika Anda ketahui terlebih dahulu apa itu halaman daftar isi serta kegunaannya dalam sebuah dokumen atau file. 

Halaman daftar isi merupakan sebuah komponen vital dan wajib ada pada setiap dokumen atau file. Pasalnya dengan keberadaan halaman atau bagian ini tentunya akan memudahkan pembaca untuk mengetahui informasi apa saja yang Anda sajikan dalam dokumen tersebut. Penerapan halaman daftar isi ini bukan hanya diperuntukan bagi para penulis buku saja, namun bagi Anda yang sedang menulis suatu karya tulis atau karya ilmiah juga harus menyertakannya.

Kegunaan Halaman Daftar Isi

Lantas apa saja kegunaan halaman daftar isi ini pada setiap dokumen atau file? Apakah sangat penting sekali sehingga banyak orang yang mencari tips membuat daftar isi dengan mudah dan praktis. Tak perlu berlama-lama lagi inilah beberapa manfaat menerapkan halaman daftar isi pada sebuah dokumen. 

Manfaat pertama penerapan halaman daftar isi pada sebuah dokumen atau karya ilmiah adalah memberitahukan kepada pembaca terkait informasi awal yang dibahas pada suatu karya. Meskipun beberapa buku memberikan rangkuman berupa sinopsis di akhir halaman terkait garis besar informasi yang dibahasnya. Namun dengan adanya halaman daftar isi ini tentunya membantu untuk menggali informasi lebih rinci lagi terkait topik-topik bahasan per bab dan sub babnya. 

Selain itu keuntungan kedua yang bisa didapatkan ketika menerapkan halaman daftar isi pada sebuah buku adalah mempermudah pembaca untuk menemukan informasi yang telah disajikan dalam karya tersebut. Umumnya daftar isi akan tersaji berdasarkan bab dan sub babnya, dengan begitu pembaca akan mudah mencari bab atau subbab yang dicarinya dengan cepat. 

Sebenarnya banyak sekali trik membuat daftar isi dengan menggunakan aplikasi office di komputer yang bisa Anda terapkan tatkala bingung membuat sebuah halaman daftar isi pada karya tulis atau buku. Diantaranya cara manual, semi manual bahkan otomatis. Namun kebanyakan orang yang belum tahu bagaimana tata cara membuat daftar isi dengan mudah lebih cenderung memilih cara manual untuk menerapkannya. 

Bahkan bagi mereka yang tak pernah sama sekali membuat daftar isi pada office di komputer belum tahu bagaimana langkah-langkah membuat daftar isi secara manual. Maka dari itu untuk menjawab rasa kebingungan Anda, simaklah tutorial terkait cara membuat sebuah halaman daftar isi secara manual berikut ini.

Tutorial Membuat Daftar Isi Secara Manual

  1. Sebelum membuat daftar isi secara manual pada Microsoft Word, pastikan bahwa sebelumnya Anda sudah membuat tulisan berupa bab dan subbab yang sesuai dengan buku atau karya ilmiah yang disusun. Barulah kemudian blok seluruh tulisan pada Microsoft Word tersebut untuk diberi titik-titik.
  2. Setelah selesai, arahkan kursor pada menu Home. Pilih opsi Group Paragraph kemudian lanjutkan perintah dengan menekan panah kecil yang berada di pojok kanan bawah pada tampilan Group Paragraph.
  3. Nantinya Anda akan dihadapkan pada tampilan baru, kemudian tekan tombol Tabs yang berada di pojok kiri bawah. Tunggu beberapa saat hingga tampilan kotak dialog tabs muncul
  4. Nah setelah jendela tabs muncul, lanjutkan langkah dengan mengisi angka 15 pada kolom Tab Stop Position guna mengukur panjang titik yang diinginkan. Jangan lupa untuk memilih opsi Right pada kolom Alignment, sedangkan untuk kolom Leader Anda bisa memilih opsi nomor 2. Lalu lanjutkan dengan menekan tombol Set dan OK
  5. Selesai, Anda tinggal meletakkan kursor pada ujung bab dan subbab yang telah tertuliskan kemudian tekan tombol Tab. Secara otomatis titik-titik akan muncul dengan sendirinya. 

Trik membuat daftar isi secara manual ini terbilang kurang efektif untuk membuat daftar isi. Pasalnya jika di kemudian ada perubahan nomor halaman karena adanya penambahan kalimat atau perubahan format tulisan Anda harus memperbaikinya satu persatu. Barangkali tutorial membuat daftar isi otomatis dibawah ini mampu menjadi solusi terbaik untuk Anda ketika membuat daftar isi. 

Tutorial Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

  1. Langkah pertama Anda bisa mengarahkan kursor dan menekannya pada tempat peletakan daftar isi yang kosong
  2. Setelah itu lanjutkan perintah dengan mengarahkan panah kursor pada menu Insert kemudian tekan tombol Reference lalu pilih opsi Indeks and Table untuk membuka tampilan jendela Table of Contents pada Microsoft Word 2002 dan 2003.
  3. Kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan menekan tombol tab pada jendela Table of Contents lalu teruskan perintah dengan menekan tombol OK. Nah nantinya secara otomatis titik-titik pada halaman daftar isi akan terbentuk dan tampil dengan sendirinya. 

Langkah membuat daftar isi ini akan berbeda tatkala Anda menggunakan komputer atau PC dengan tipe Microsoft Word tahun 2007, 2010 serta 2013. Meskipun tujuannya sama namun terdapat beberapa perbedaan yang harus Anda perhatikan supaya titik-titik pada daftar isi nantinya bisa terbentuk dengan sempurna. Lantas bagaimanakah kiat-kiatnya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda simak dengan seksama.

Langkah-Langkah Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word 2007. 2010 serta 2013 Dengan Mudah

  1. Pastikan bahwa tulisan yang memuat bab dan subbab pada halaman daftar isi sudah Anda tulis sebelumnya. 
  2. Setelah itu Anda bisa melanjutkan perintah dengan membuka menu Reference serta mengarahkan kursor pada opsi Table of Contents yang berada di pojok kiri atas. Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan jendela baru pada opsi Table of Contents
  3. Nah pada tampilan jendela Table of Contents ini Anda bisa memilih langkah-langkah yang nantinya bisa Anda terapkan untuk membuat sebuah daftar isi pada dokumen yang telah dibuat. Jika Anda hendak membuat daftar isi secara manual dengan menggunakan tipe Microsoft Word tahun 2007, 2010 serta 2013 ini Anda bisa memilih opsi nomor 3. Meskipun bisa, namun sebaiknya jangan menggunakan langkah membuat daftar isi secara manual ini, sebab selain ribet penggunaan trik ini juga memakan waktu lama yang mana akan membuat dokumen atau file Anda akan selesai lebih lama. 
  4. Selain tersebut diatas, Anda juga bisa menggunakan opsi Custom Table of Contents yang terletak di bawahnya untuk membuat daftar isi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan buku atau karya ilmiah Anda. 
  5. Setelah langkah tersebut diatas Anda terapkan secara seksama, biasanya secara otomatis tampilan titik-titik pada halaman daftar isi Anda akan muncul. Nantinya daftar isi yang akan tampil akan memuat tulisan bab dan subbab yang telah Anda cantumkan sebelumnya. Namun jikalau dikemudian hari ada kekurangan tampilan atau bentuk, Anda bisa mengubahnya sesuai dengan tutorial membuat daftar isi pada Microsoft Word tahun 2007, 2010 serta 2013 seperti tersebut diatas. 

Bagi penulis atau pengguna komputer yang kerap mengupgrade office wordnya kedalam versi terbaru juga kerap kali mengalami beberapa kendala tatkala harus membuat sebuah daftar isi pada dokumen atau filenya. Pasalnya setiap versi office word biasanya akan menerapkan tata cara yang berbeda tatkala membuat sebuah daftar isi. Meskipun semua itu bisa dilakukan secara manual, namun cara tersebut kurang efektif sebab akan membuat perataan teks kurang sempurna. Maka dari itu bagi Anda yang hendak membuat daftar isi dengan menggunakan office word versi 2016 simaklah ulasannya dibawah ini dengan seksama. 

Tata Cara Membuat Daftar Isi Dengan Microsoft Word 2016 Secara Cepat dan Mudah

  1. Sebelum menerapkan cara membuat daftar isi di Word 2016 ini, pastikan bahwasannya Anda sudah mengetikkan daftar bab dan subbab yang sesuai dengan dokumen atau karya ilmiah terlebih dahulu. 
  2. Nah setelah selesai menuliskan list daftar isi, blok seluruh teks kecuali judul ‘Daftar Isi’, lalu tekan tekan tombol kanan pada mouse dan arahkan kursor pada opsi ‘Paragraph. Untuk melanjutkan perintah selanjutnya tekan tombol Tabs pada kotak dialog yang muncul pada jendela. 
  3. Nantinya di kotak dialog tabs ini Anda harus mengisi tab stop posisition: 2 cm, Aligment: Left, Leader: None, kemudian tekan tombol ‘Set’ untuk mengaturnya. 
  4. Belum berhenti sampai disini, Anda harus membuat teks atau perataan kembali yang kedua kalinya dengan mengisikan opsi Tab Stop Posisition: 15, 5 cm, Alignment: Left, Leader: None, lalu tekan tombol ‘Set’. Kemudian ulangi lagi dengan masuk ke opsi Leader dan tekan nomor 2 lalu lanjutkan dengan menekan kembali tombol ‘OK
  5. Setelah langkah tersebut diatas selesai dilakukan, Anda bisa melanjutkannya dengan meletakkan kursor di awal baris bab dan subbab yang telah dibuat sebelumnya kemudian tekan tombol ‘Tab’. Biasanya setelah itu akan muncul tanda titik-titik secara otomatis pada draft daftar isi yang telah dibuat. Anda bisa mengulangi cara ini pada bab dan subbab yang lainnya. 
  6. Setelah tutorial membuat daftar isi di word 2016 selesai dilakukan, langkah selanjutnya Anda bisa menyimpan dokumen daftar isi tersebut dengan nama folder sesuai dengan keinginan. 

Meskipun menggunakan jenis komputer atau perangkat dengan versi Office Word yang berbeda-beda. Namun secara umum terkait tata cara membuat daftar isi pada versi office word apapun tak ada perbedaan yang cukup berarti. 

Hanya saja bagi beberapa kalangan yang belum terbiasa menggunakan Word dengan berbagai versi kegiatan ini cukup membingungkan dan menguras pikiran. Maka dari itu, kami hadir untuk membantu dan memberi solusi paling efektif kepada seluruh pembaca yang budiman. 

Nah itulah penjelasan yang lengkap dan menarik terkait cara membuat daftar isi pada versi office word yang bisa kami informasikan untuk seluruh pembaca yang budiman. Semoga artikel ini mampu membantu Anda tatkala kebingungan membuat sebuah halaman daftar isi pada dokumen atau karya ilmiah tertentu. Selamat mencoba dan jangan lupa share ke temanmu yang mungkin sedang juga mencarinya ya. Terima kasih. 

Leave a Comment