6 Cara Screenshoot di Laptop dan PC dengan Mudah dan Cepat

Meskipun dijaman yang serba mutakhir ini kegiatan mengambil tangkapan layar pada laptop/PC yang umumnya disebut dengan screenshoot bukanlah aktivitas yang tabu. Namun nyatanya masih banyak sekali orang yang belum tahu bagaimana cara screenshot di laptop maupun di komputer dengan mudah. Secara umum cara mengambil tangkapan layar pada laptop atau komputer tidak ada perbedaan sama sekali. Hanya saja yang membedakannya adalah mobile serta bentuk fisiknya.

Jika ditelusuri secara mendalam sebenarnya banyak trik screenshoot di laptop yang bisa digunakan oleh setiap pengguna laptop/komputer. Diantaranya adalah menggunakan bantuan aplikasi Lightshot atau menggunakan trik praktis seperti Capture Webpage Screenshot serta tombol Prt Scr. Namun sayangnya diantara cara  tersebut ada kelemahan dan kelebihan yang bisa dipertimbangkan. 

Biasanya cara mengambil tangkapan layar pada setiap merek laptop akan berbeda-beda. Maka dari itu supaya aktivitas Anda mengambil gambar melalui Capture ini mudah, kami memiliki beberapa trik screenshoot di laptop pada beberapa jenis merek tertentu yang bisa Anda coba terapkan. Bagi Anda yang penasaran bagaimanakah cara praktis mengambil tangkapan layar pada beberapa merek laptop dengan mudah, simaklah penjelasan dibawah ini dengan seksama.

Tutorial Screenshoot di Laptop dengan Mudah

  1. Cara Screenshoot di Laptop Asus

Siapa yang belum mengetahui laptop bertajuk Asus? Ya merek komputer jinjing sejuta umat ini kerap kali dipilih para pelajar, mahasiswa hingga pekerja kantoran untuk menunjang aktivitasnya berkat ragam jenisnya yang bervariasi. 

Namun sayangnya meski merek laptop ini terbilang sangat populer, masih banyak sekali pengguna yang belum tahu bagaimana cara screenshoot di laptop Asus dengan praktis tanpa harus repot menginstal software terlebih dahulu. Salah satu cara mengambil tangkapan layar di laptop Asus ini bisa memanfaatkan tombol Print Screen dan Win yang berada di sisi kiri keyboard. Berikut langkahnya.

Langkah pertama tentunya Anda harus memilih area-area yang hendak di screenshoot terlebih dahulu pada layar laptop Asus.

Setelah itu tekan tombol print screen atau prt scr yang berada di keyboard laptop Asus mu secara bersama-sama. 

Nah biasanya secara otomatis tangkapan layar yang Anda ambil akan tersimpan dengan sendirinya pada folder C:/Users/Pictures/Screenshots. 

  1. Cara Screenshots di Laptop Dell

Sama layaknya langkah mengambil tangkapan gambar di laptop pada umumnya, sebenarnya cara screenshots di laptop Dell sangat mudah dan praktis sekali dilakukan. Hanya saja masih banyak orang atau pengguna yang belum tahu bagaimana cara menerapkannya. 

Menurut beberapa sumber memang setidaknya terdapat 4 langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar pada laptop Dell. Namun pada kesempatan kali ini kami hendak berbagi cara mengambil tangkapan layar di laptop Dell menggunakan tombol ‘Print Screen’ pada keyboard seperti dibawah.

Sebelum menerapkan tata cara mengambil tangkapan layar pada komputer jinjing bermerek Dell ini pastikan bahwa komputer yang Anda gunakan telah sesuai.

Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol ‘Print Screen’ yang umumnya terletak di pojok kanan atas pada keyboard laptop Anda. 

Setelah itu pilihlah area-area yang hendak Anda screenshots

Lalu tekan tombol Ctrl+V tau paste secara bersamaan. Nah biasanya secara otomatis gambar yang Anda inginkan sudah tertangkap dengan sendirinya. 

  1. Cara Screenshots di Laptop Acer

Selain Asus, merek komputer jinjing bertajuk Acer juga menjadi perangkat paling populer di banyak kalangan masyarakat untuk membantu aktivitasnya. Meskipun secara umum keberadaan laptop tersebut memiliki kegunaan yang sama, namun langkah mengambil gambar pada laptop bermerek Acer sangatlah berbeda dengan merk-merk laptop populer lainnya.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin mengambil tangkapan layar pada area-area tertentu, barangkali cara screenshoot di laptop Acer menggunakan bantuan tombol print screen dan windows di  bawah ini bisa menjadi solusi bagi Anda.

Pastikan terlebih dahulu bahwasannya laptop yang Anda gunakan telah sesuai dengan tutorial yang hendak Anda terapkan. 

Tata cara mengambil tangkapan layar pada laptop Acer ini kemudian bisa Anda lanjutkan dengan menekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan pada keyboard laptop Anda. 

Biasanya jika langkah tersebut diatas telah sesuai, gambar atau area yang Anda inginkan untuk diambil gambarnya sudah secara otomatis tersimpan dengan sendirinya di sebuah folder.

Nah jika Anda ingin membuka hasil tangkapan layar yang baru saja dilakukan tersebut, Anda cukup membuka windows eksplorer saja kemudian lanjutkan dengan mengarahkan kursor pada opsi this pc klik picture. Nantinya pada halaman tersebut terdapat banyak folder, tinggal Anda pilih dan tekan folder screenshots saja. 

  1. Cara Screenshoot di Laptop Windows 10

Bagi para pengguna komputer jinjing windows 10 kegiatan mengambil tangkapan gambar atau screenshoot merupakan aktivitas yang sangat esensial. Maka tak heran jika kegiatan screen capture ini menjadi suatu fitur yang sangat krusial. 

Meskipun demikian terkadang beberapa kondisi mengharuskan seseorang untuk melakukan pengambilan porsi atau gambar di area-area tertentu guna dikirimkan kepada seseorang atau atasan. Namun tenang saja, sebab hanya dengan berbekal beberapa shortcut saja Anda sudah bisa melakukan screenshoots di laptop windows 10 seperti tutorialnya berikut ini.

Langkah pertama adalah menentukan jendela atau area yang hendak Anda tangkap layarnya. Pastikan bahwa halaman yang Anda pilih sedang berjalan di bagian paling depan dan bukan berjalan dibelakang aplikasi-aplikasi lainnya yang lainnya.

Klik tombol kombinasi alt + Print Screen secara bersama-sama pada keyboard laptop yang Anda miliki

Kemudian lanjutkan langkah dengan membuka Microsoft Paint

Lalu tekan tombol ctrl+V secara bersamaan untuk memindahkan hasil tangkapan layar tersebut ke atas kanvas Microsoft Paint

Nah langkah terakhir Anda bisa melakukan penyimpanan atau penyuntingan terhadap hasil screenshoot yang telah Anda terapkan tersebut.

  1. Cara Screenshoot di Laptop Windows 8

Trik screenshoots di laptop windows 8 menggunakan Alt + Prt Scr atau PrtScr saja umumnya sudah banyak diketahui oleh para pengguna dan beberapa khalayak ramai. Namun tahukah Anda ada cara praktis dan mudah lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar pada laptop windows 8 yang Anda miliki. Menurut beberapa pengguna tips ini terbilang teknik baru dalam upaya Sreen Capture porsi atau halaman tertentu pada laptop. 

Bahkan penerapan trik tangkapan layar di Laptop windows 8 ini juga mampu menyimpan hasil screenshoot dengan sendirinya di suatu folder tertentu. Nah bagi Anda yang ingin menerapkan sekaligus mencoba kiat ini, berikut adalah penjelasan lengkapnya yang bisa Anda coba simak dengan seksama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih halaman atau jendela yang hendak Anda screenshoot pada laptop. Pastikan bahwa area-area yang telah Anda pilih berjalan pada aplikasi paling depan. Nah untuk memindahkan posisi aplikasi ini Anda bisa menekan halaman yang dikehendaki

Kemudian lanjutkan langkah dengan menekan tombol Windows + Prt Scr pada keyboard laptop windows 8 yang Anda miliki. Nah pada tahapan ini biasanya secara otomatis hasil tangkapan layar akan tersimpan ke dalam sebuah folder C:/Users//My Pictures/ Screenshots.

Belum berhenti sampai di sini, Anda harus melanjutkan perintah dengan membuka halaman Microsoft Paint.

Setelah itu barulah hasil tangkapan layar tersebut Anda paste di kanvas yang tersedia pada Microsoft Paint. 

Nantinya pada tahap ini Anda bisa langsung menyimpannya atau menyuntingnya dan kemudian dikirim ke orang-orang yang berkepentingan terhadap hasil screenshots yang telah Anda lakukan tersebut. 

  1. Cara Screenshoots di Laptop Windows 2007

Kegiatan mengambil tangkapan layar pada suatu halaman komputer atau laptop, web, desktop, foto atau halaman lainnya yang dikehendaki bukan hanya sekedar untuk berbagi informasi kepada seseorang akan suatu hal yang sedang terjadi saja. Namun bagi beberapa kalangan hasil tangkapan layar dari aktivitas ini juga kerap digunakan sebagai pelengkap sebuah berkas atau dokumen tertentu dalam suatu kegiatan. 

Secara umum cara screenshoots di laptop windows 2007 ini sangat mudah bahkan tanpa bantuan aplikasi atau shortcut tertentu Anda bisa melakukannya dengan mudah dan praktis. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tombol ‘Prt Scr’ yang tersedia di keyboard laptop Anda. 

Biasanya posisi tombol ini berada di pojok kanan atas. Namun keadaan ini bisa berubah mengingat setiap merek laptop memiliki desain keyboard yang berbeda-beda. Bagi Anda yang penasaran bagaimanakah caranya, inilah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menekan tombol ‘Prt Scr’ di keyboard. Nah tindakan ini secara otomatis Anda sudah mengcopy tampilan atau gambar yang sudah dikehendaki sebelumnya. Nantinya hasil copyan gambar tersebut sudah langsung tersimpan pada RAM laptop Anda. 

Nah langkah selanjutnya Anda cukup membuka halaman Microsoft Paint yang tersedia di Windows .

Setelah itu paste gambar yang sudah Anda copy sebelumnya pada kanvas yang tersedia di Microsoft Paints. Atau dengan menekan kombinasi tombol ctrl+V secara bersama-sama.

Nah nantinya pada halaman Microsoft Paint ini Anda bebas untuk mengeditnya serta menyimpannya kembali atau mungkin mengirim langsung kepada orang-orang yang bersangkutan.

Meskipun bagi banyak orang yang belum tahu aktivitas ini cukup membingungkan sekali, namun nyatanya screenshots di laptop pada beberapa merek tersebut diatas sangat mudah dan praktis sekali untuk dilakukan. Nah bagi Anda yang hendak mencoba menerapkan cara screenshoot di laptop atau notebook ini silahkan memilih salah satu cara yang menurut Anda mudah untuk dilakukan dan diingat. Namun jangan lupa untuk memastikan bahwa tutorial yang diterapkan sudah sesuai atau belum dengan merek laptop yang dimiliki. Sebab beberapa merek laptop memiliki tata cara menangkap layar yang cukup berbeda. 

Nah itulah informasi lengkap yang bisa kami sampaikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bukan hanya memberikan manfaat kepada seluruh pembaca yang budiman. Namun juga memberikan wawasan serta ilmu pengetahuan baru dan menjadi solusi bagi Anda yang belum tahu terkait bagaimana cara mudah mengambil tangkapan layar di laptop. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya. 

 

Leave a Comment