Kumpulan Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar Sesuai Kaidah

Sebagian orang merasa kesulitan tatkala menuliskan sebuah kata pengantar pada karya ilmiah yang dikerjakannya. Pasalnya meski sepele namun ada beberapa aspek yang harus dimuat di dalamnya supaya menjadi susunan kalimat kata pengantar yang benar dan enak untuk dibaca. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini kami hendak berbagi mengenai kiat-kiat menulis kata pengantar yang baik dan benar sekaligus menyajikan contoh kata pengantar yang bisa Anda jadikan pedoman tatkala bingung memilih kata untuk menyusun sebuah kalimat.

 

Apa itu Kata Pengantar?

Sebelum mengetahui contoh kalimat pengantar yang baik dan benar sesuai dengan kaidah ketatabahasaan, wajib bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kata pengantar. Kata pengantar adalah salah satu bagian atau halaman yang berisikan kalimat ucapan terima kasih serta rasa puji syukur kepada Tuhan yang diutarakan oleh seorang penulis dalam karya ilmiah atau makalah yang disusunnya. Biasanya halaman atau bagian kata pengantar ini disajikan pada bagian awal sebuah karya ilmiah atau makalah.

Peletakan halaman kata pengantar pada bagian awal ini bukanlah tanpa maksud dan tujuan. Selain sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada pihak-pihak yang terkait, keberadaan kata pengantar di halaman depan ini dimaksudkan supaya pembaca makalah atau karya ilmiah yang Anda susun mengetahui bahwa ada banyak hal yang telah dilalui serta banyak instansi dan pihak tertentu yang membantu dalam upaya penyusunan makalah atau karya ilmiah tersebut. 

Pada contoh kata pengantar yang hendak kami sajikan di bawah ini selain sesuai dengan kaidah ketatabahasaan yang baik dan benar juga disusun dengan struktur kata pengantar yang terbagi menjadi tiga bagian. Diantaranya adalah bagian pembuka atau pendahuluan, bagian isi serta bagian penutup yang mana ketiganya hadir dengan fungsi serta ciri khas masing-masing. Langsung saja simak berikut.

Halaman Pendahuluan 

Meskipun mengetahui struktur penyusun kata pengantar serta diperkuat dengan kemampuan perbendaharaan kosa kata yang banyak untuk menyusun sebuah kalimat menjadi paragraf. Namun bagi beberapa orang yang belum terbiasa membuat kata pengantar dalam sebuah makalah atau karya ilmiah kegiatan mengawali kalimat saat membuat kata pengantar adalah perkara yang cukup membingungkan. Pembukaan pada halaman kata pengantar sangat penting sekali keberadaannya. 

Contoh pengantar yang baik pada suatu makalah atau karya ilmiah biasanya berada di paragraf pertama hingga kedua pada halaman kata pengantar. Pada tahapan ini biasanya penulis menghaturkan ucapan terima kasih serta rasa syukur atas keberhasilan dalam penyusunan karya ilmiah atau makalah yang disusun. 

Jikalau menilik kaidah sistematika penulisan kata pengantar di Indonesia, umumnya pada tahapan ini akan diawali dengan ucapan terima kasih dan rasa puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Namun tak jarang beberapa kelompok atau golongan menyesuaikan dengan agama yang dianutnya masing-masing dalam hal penyampaian puji syukur kepada Sang Pencipta. Tanpa disadari kebiasaan ini juga telah diterapkan kedalam beberapa contoh kata pengantar yang hendak kami ulas nanti.

Nah setelah mengawali kalimat kata pengantar dengan mengucapkan rasa puji syukur terhadap Tuhan, maka biasanya dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dan turut serta membantu dalam penyelesaian makalah atau karya ilmiah yang sedang digarap. Nah untuk mengurutkan penyebutan pihak-pihak yang terlibat biasanya disesuaikan dengan seberapa besar pengaruhnya terhadap penyusunan makalah dan karya ilmiah tersebut. 

Halaman Abstrak

Untuk beberapa golongan yang sedang atau hendak membuat suatu karya ilmiah dan makalah memang dianjurkan untuk menambahkan halaman abstrak setelah pembuatan bagian pendahuluan selesai. Hal ini dimaksudkan supaya pembaca dapat dengan mudah mengetahui isi makalah atau karya ilmiah yang dibuat tanpa harus bersusah payah membacanya lembar demi lembar. 

Lantas, apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan abstrak yang ada di dalam karya ilmiah atau makalah? Nah bagi Anda yang belum tahu benar apa itu abstrak bisa menyimak ulasan di bawah ini. 

Secara umum abstrak merupakan ringkasan atau rangkuman terkait isi karya ilmiah atau makalah yang dibuat guna memudahkan pembaca memahami isi serta maksud penulisan makalah serta karya ilmiah yang dibuat. Halaman abstrak ini kerap kali diterapkan pada lembaga pendidikan yang biasanya tersaji pada skripsi, tesis, jurnal serta beberapa karya ilmiah lainnya. 

Terkait struktur penyusunan halaman abstrak memang setiap lembaga pendidikan dan instansi tertentu memiliki kriteria dan ketentuan tersendiri dalam menyusun sebuah halaman abstrak. Tetapi secara umum halaman abstrak pada contoh bagian kata pengantar kali ini akan memuat nama pengarang beserta timnya, tahun diterbitkan, judul buku, rangkuman isi secara detail serta hasil pengamatan dari karya ilmiah yang telah dibuat tersebut. 

Halaman Isi 

Terlepas dari halaman pembukaan dan halaman abstrak Lantas bagaimana struktur penyusunan menulis isi pada kata pengantar yang baik dan benar? Apakah ada kriteria dan tata cara tersendiri tatkala hendak menulis isi pada saat membuat sebuah kata pengantar pada karya ilmiah atau makalah? Nah perlu Anda ketahui bahwasannya pada tahapan menuliskan isi pastikan di dalamnya harus memuat sedikit gambaran terkait isi makalah yang dibuat tersebut. 

Untuk memulainya Anda bisa menuliskan judul makalah atau karya ilmiah yang diusung, kemudian bisa menambahkan beberapa narasi dan pembahasan mengenai isi makalah tersebut secara singkat. Tak perlu detail dan panjang lebar, pasalnya hal tersebut akan membuat halaman kata pengantar Anda akan menjadi terlalu panjang. Sebaiknya jelaskan sedikit demi sedikit terkait isi makalah atau karya ilmiah yang dibuat guna memberikan gambaran serta memperluas pandangan pembaca terkait isi karya ilmiah yang disajikan. 

Halaman Penutup

Sama layaknya ketika menulis sebuah surat, penulisan kata pengantar juga harus diakhiri dengan penutup di akhir paragrafnya. Biasanya kalimat penutup pada kata pengantar ini berisikan permohonan maaf kepada pihak-pihak terkait apabila ada hal yang keliru terkait penyusunan beserta harapan penulis terhadap makalah yang dibuatnya. Tak hanya ucapan terima kasih setidaknya ucapan permohonan maaf juga harus disertakan pada sebuah halaman kata pengantar. Pasalnya Anda sebagai penulis tak bisa langsung bertatap muka secara langsung tatkala ditemukan suatu kekeliruan saat melakukan penyusunan sebuah karya ilmiah. 

Sedangkan pada aspek harapan, bisa mengutarakan beberapa pandangan serta potensi lebih lanjut mengenai topik karya ilmiah yang diangkat. Sebab setiap topik yang diangkat pada makalah atau karya Ilmiah umumnya memiliki sisi menarik yang layak dan bisa diangkat kembali dalam sebuah makalah atau karya ilmiah. Dengan begitu, nantinya topik yang diangkat mampu dikembangkan dan diolah lagi oleh penulis lain dengan kemasan kalimat dan cara pandang yang berbeda. 

Setelah mengetahui unsur-unsur penyusunnya, ada baiknya untuk Anda langsung mengetahui bagaimana contoh pengantar yang baik dan benar. Tak hanya sempurna dalam struktur pembuatannya saja namun juga pemilihan kata yang sesuai kaidah ketatabahasaan. Tak perlu berlama lagi inilah beberapa contoh kata pengantar karya ilmiah yang bisa Anda jadikan pedoman dan pandangan. 

Contoh Kata Pengantar Makalah

Puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang mana telah melimpahkan inayah serta rahmat-Nya kepada penulis berupa kesempatan dan kelancaran serta pengetahuan untuk menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. 

Pertama-tama kami ucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan sekalian yang mana telah memberikan kontribusi berupa ide-ide yang menarik dalam pembuatan makalah ini, sehingga membuat makalah ini tersaji dengan baik dan rapi. 

Dengan adanya makalah ini kami berharap semoga kedepannya mampu memberikan ilmu pengetahuan baru kepada seluruh pembaca yang budiman. Namun, kami menyadari bahwasannya makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun, supaya kedepannya makalah ini bisa lebih baik lagi. 

Contoh Kata Pengantar Laporan

Puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, yang mana telah berkenan memberikan rahmat, hidayah serta inayah-Nya yang teramat besar kepada kami untuk menyelesiakan laporan Praktikum Kimia ini dengan baik dan tepat waktu. 

Tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih teruntuk Guru Pembimbing yang telah berkenan memberikan dukungan serta tanpa pamrih membimbing kami, sehingga Laporan Praktikum Kimia ini dapat tersusun dengan baik dan rapi. 

Besar harapan kami kedepannya semoga Laporan Praktikum Kimia ini telah disusun ini kedepannya mampu memperkaya khazanah ilmu Kimia sekaligus memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan baru bagi seluruh pembaca yang budiman. 

Terlepas akan hal itu, kami menyadari bahwasannya Laporan Praktikum Kimia yang kami susun ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karenanya kami mengharapkan kritik serta saran kepada pembaca yang budiman demi penyusunan Laporan Praktikum Kimia yang lebih baik lagi kedepannya. 

Contoh Kata Pengantar Proposal

Segala Puji bagi Allah SWT sang maha Pencipta yang telah melimpahkan rahmat dan inayah-Nya kepada penulis sehingga kami berhasil menyusun Proposal Penelitian yang berjudul “Analisis Pengelolaan Bencana di Kecamatan Rejosari Kabupaten Pati Jawa Tengah” dengan baik dan benar.

Tujuan dibuatnya proposal ini adalah untuk memperbaharui informasi mengenai daerah rawan bencana banjir yang ada di Kecamatan Rejosari Kabupaten Pati Jawa Tengah, sebagai salah satu upaya Early Warning guna mengurangi jatuhnya korban jiwa di daerah penelitian. 

Meskipun kami memiliki harapan yang sangat besar supaya proposal ini tidak memiliki suatu kekurangan apapun. Namun kami menyadari bahwasannya pengetahuan kami terkait informasi ini masih sangat terbatas, maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran yang mampu membangun dari para pembaca proposal agar kegiatan penelitian ini dapat berjalan dengan lancar dan baik sehingga tujuan diadakannya penelitian ini juga bisa tercapai dengan maksimal.

Bagaimana mudah sekali bukan cara menulis kata pengantar pada sebuah makalah atau karya ilmiah? Meskipun tersaji dengan kalimat dan kaidah ketatabahasaan yang berbeda, namun setiap aspek yang disampaikan memiliki struktur penyusun yang sama. 

Jika Anda masih bingung tatkala menuliskan kata pengantar pada karya ilmiah atau makalah yang dibuat, Anda bisa menilik contoh kata pengantar yang telah kami sajikan tersebut diatas. Nah itulah tadi informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini dan terima kasih. 

 

Leave a Comment