20+ Contoh Slip Gaji Karyawan Yang Bisa Di Edit Word

Setiap karyawan perusahaan atau instansi berhak mendapatkan imbalan atas hasil kerjanya. Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan menyebutkan, setiap pengusaha wajib memberikan slip (bukti) gaji kepada karyawannya. Oleh sebab itu, perusahaan harus tahu bagaimana membuat slip gaji sebagai bukti resmi pembayaran gaji kepada karyawan.
contoh slip gaji

Berikut ini beberapa contoh slip gaji yang dapat anda gunakan sebagai referensi. Apabila anda mencari format slip gaji yang baik dan benar kami juga akan memberikan beberapa contohnya. Agar anda lebih paham terkait slip gaji, maka dari itu kami juga akan memberikan beberapa urain, seperti pengertian slip gaji, format slip gaji, Aplikasi slip gaji, komponen slip gaji, dan cara membuat slip gaji.

 

Pengertian Slip Gaji

Pengertian Slip GajiSlip gaji adalah selembar kertas yang diisi dengan catatan atau rincian gaji yang akan diperoleh pegawai setelah bekerja dalam kurun waktu tertentu, pada umumnya setiap bulan. Rincian nominal pada slip gaji terdiri dari komponen pembentuk upah, yaitu gaji bersih seperti gaji pokok, tambahan gaji, dan pengurang gaji, termasuk nilai pinjaman jika ada.

Slip gaji bagi perusahaan merupakan bukti resmi atau otentik bahwa perusahaan sudah melakukan kewajibannya terhadap karyawan dan dokumentasi pengeluaran dana perusahaan. Sedangkan bagi karyawan, slip gaji berfungsi sebagai bukti kejelasan dari perusahaan, bukti sah informasi pemotongan dan penyetoran pajak, serta rujukan saat akan mengajukan pinjaman kredit.

 

Contoh Laporan Slip Gaji

Contoh laporan slip gajiFormat slip gaji setiap perusahaan tidak sama. Namun, slip gaji setidaknya memuat komponen nama perusahaan, pernyataan kerahasiaan dokumen, tanggal pembayaran, data karyawan, besarnya gaji dan potongan, serta keterangan lengkap mengenai pembayaran gaji seperti keterangan pajak, total uang yang diperoleh, dan nama bank pembayar.

 

Contoh Slip Gaji Dosen Swasta

 

Contoh Slip Gaji Dosen SwastaSetiap universitas swasta membuat perhitungan gaji yang berbeda. Ada yang menetapkan besaran gaji sebelum dipotong pajak (before tax), dan ada pula yang dihitung setelah dipotong pajak (after tax) atau pajak dibayarkan oleh pihak universitas.

Pada slip gaji dosen swasta biasanya mencantumkan komponen gaji yang terdiri dari:

  1. Honorarium per SKS; dibedakan berdasarkan strata pendidikan, lamanya mengajar, dan jabatan seperti asisten, lektor, lektor kepala, guru besar, dan yang sederajat.
  2. Gaji Honorer pembimbing dan penguji skripsi; pembimbing skripsi dihitung per skripsi, sedangkan penguji skripsi dihitung per peserta ujian skripsi.
  3. Uang transportasi.


Contoh Slip Gaji Excel

Dengan menggunakan program excel, slip gaji dapat dibuat dalam bentuk format sederhana. Langkah-langkah untuk membuat slip gaji dengan program excel adalah sebagai berikut :

  1. Buatlah dua sheet, yang pertama diberi nama  “Data Karyawan”, dan yang kedua “Slip Gaji”.
  2. Pada sheet 1 buat tabel dengan judul kolom: Nomor, NIK, Nama Karyawan, Jabatan, Gaji Pokok, Lembur, Tunjangan, dan lain-lain.
  3. Sheet 2 digunakan untuk mencetak slip gaji berdasarkan data-data yang diambil dari sheet 1.
  4. Slip gaji dibuat dengan menggunakan rumus excel vlookup.
  5. Saat NIK dimasukkan, secara otomatis akan muncul data-data gaji dari sheet pertama namun tampilannya diubah ke dalam format yang siap dicetak.

Format slip gaji terdiri dari:

Bagian atas:

  • Sebelah kiri: nama perusahan termasuk logo dan alamat kantor.
  • Sebelah kanan: nama dan data karyawan.

Bagian tengah:

  • Sebelah kiri: rincian “PENERIMAAN” yang berisi besarnya gaji pokok, gaji lembur, tunjangan, uang makan, uang transport, bonus, dan lain sebagainya.
  • Sebelah kanan: rincian “POTONGAN” yang berisi besarnya pinjaman, iuran, pajak, dan lain-lain.

Bagian bawah:

  • Jumlah gaji bersih.
  • Tanggal dikeluarkannya gaji, tanda tangan pembuat slip gaji dan penerima slip gaji.

 

Contoh Slip Gaji Guru

Contoh Slip Gaji GuruPenerimaan untuk slip gaji guru terdiri dari tunjangan mengajar, tunjangan kesejahteraan, dan tunjangan jabatan seperti kepala sekolah, wali kelas, pembina ekstra kurikuler, dan lainnya. Sedangkan potongan gaji biasanya hanya terdiri dari kasbon dan biaya sertifikasi.

Dikarenakan data komponennya tidak terlalu banyak, slip gaji guru dibuat dengan format sederhana, yaitu:

  1. Bagian atas berisi data nama dan logo sekolah, nama guru, dan bulan pembayaran.
  2. Tabel yang terdiri dari dua bagian, yaitu penerimaan gaji di sebelah kiri dan potongan gaji di sebelah kanan.
  3. Bagian bawah tertera jumlah gaji bersih yang diterima, tanggal penyerahan gaji, nama yang menyerahkan dan menerima slip gaji.

Contoh Slip Gaji Guru Honor

Contoh Slip Gaji GuruKomponen slip gaji guru honorer tidak jauh berbeda dengan slip gaji guru tetap, hanya sedikit berbeda pada rinciannya. Slip gaji guru honorer biasanya dibuat lebih sederhana dengan menuliskan seluruh rincian, baik penerimaan maupun potongan, dalam satu kolom.

Contoh slip gaji guru honorer adalah sebagai berikut:

  1. Bagian atas: logo dan nama sekolah, bulan pembayaran honor, dan nama guru.
  2. Bagian tengah: susunan tabel yang terdiri dari 3 kolom, yaitu: nomor, deskripsi, dan nominal.
  3. Pada bagian atas tabel diisi rincian honor pokok dan tunjangan, seperti masa kerja, wali kelas, KJM, dan lain-lain, serta jumlah total honor.
  4. Bagian bawah tabel diisi dengan rincian potongan, seperti BKK, bon, koperasi, update NUPTK, dan lain-lain, serta total jumlah potongan.
  5. Bagian paling bawah tabel adalah honorer yang diterimakan, yaitu total jumlah honor dikurangi total jumlah potongan.
  6. Di bagian bawah tabel berisi keterangan tanggal penyerahan honor, pihak yang membuat dan yang menerima slip gaji.

 

Contoh Slip Gaji Karyawan Yang Bisa Di Edit

Contoh Slip Gaji KaryawanRincian pada slip gaji karyawan pada umumnya cukup banyak, termasuk keterangan tentang jumlah hari masuk kerja.

Contoh format slip gaji karyawan adalah sebagai berikut:

  1. Bagian atas: logo dan nama perusahaan, data karyawan semacam nama, jabatan atau posisi, bulan pembayaran, dan tanggal cetak slip gaji.
  2. Susunan tabel terdiri dari: Kolom data absensi (jumlah hari masuk, lembur, izin, sakit dan cuti).
  3. Kolom pendapatan (gaji pokok, tunjangan jabatan, lembur, uang makan, insentif, dan lain-lain, beserta totalnya).
  4. Kolom potongan (cicilan pinjaman, potongan jamsostek, potongan absen dan terlambat, pajak, beserta totalnya).
  5. Bagian tabel paling bawah (jumlah gaji, yaitu pendapatan setelah dikurangi potongan).

 

Contoh Slip Gaji Karyawan Alfamart

Contoh Slip Gaji Karyawan AlfamartKaryawan Alfamart terdiri dari berbagai posisi, yaitu kasir, crew, management trainee, koordinator,  IT support, kepala toko, asisten kepala toko, store assistant, manager, helper, picker, dan head.

Untuk karyawan toko, slip gaji karyawan Alfamart dibuat dalam bentuk susunan menerus dari atas ke bawah tanpa tabel, dengan urutannya adalah sebagai berikut:

  1. Nama PT. Sumber Alfaria Trijaya.
  2. Pernyataan kerahasiaan.
  3. Bulan pembayaran dan data karyawan Alfamart meliputi: NIK, nama, status, bagian, jabatan atau posisi, lokasi, NPWP.
  4. Rincian gaji, terdiri dari gaji pokok, upah lembur, tunjangan makan, gaji bruto, PPh, THT, potongan lain, gaji yang diterima.

Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

Contoh Slip Gaji Karyawan SwastaSetiap perusahaan swasta mempunyai kebijakan yang berbeda dalam hal sistem pembayaran gaji karyawan karena tidak terikat ketentuan standar dari pemerintah. Slip gaji bisa dibuat mingguan, dua mingguan atau bulanan.

Slip gaji karyawan swasta yang benar yaitu harus berisi rincian gaji, mulai dari rincian pendapatan termasuk tunjangan, potongan-potongan, dan take home pay yang diterima oleh karyawan. Pada bagian atas dicantumkan pada kop surat perusahaan sebagai tanda bahwa slip gaji tersebut resmi.

Contoh Slip Gaji Karyawan Toko
Contoh Slip Gaji Karyawan Toko

Rincian gaji karyawan toko, biasanya terdiri dari penerimaan (gaji pokok, tunjangan seperti tunjangan transportasi, pulsa, konsumsi, bonus target, potongan (pajak, pinjaman, dan lain sebagainya), dan gaji bersih.

Slip gaji karyawan toko dibuat dengan format sederhana, yaitu:

  1. Bagian paling atas: nama, alamat, dan logo toko.
  2. Di bawahnya dicantumkan nama karyawan dan jabatan.
  3. Tabel rincian gaji, bisa dibuat tersusun dari atas ke bawah ataupun dibagi dalam dua bagian. Bagian kiri untuk rincian penerimaan dan bagian kanan untuk rincian potongan. Pada bagian bawah tabel diisi dengan gaji bersih karyawan.
  4. Pada bagian bawah tabel dicantumkan tanggal serta nama karyawan dan nama pemilik toko.

 

Contoh Slip Gaji Sederhana

Contoh Slip Gaji SederhanaRincian pada slip gaji sederhana yaitu tabel hanya terdiri dari satu kolom saja karena tidak banyak rincian yang harus dicantumkan.

Contoh slip gaji sederhana adalah sebagai berikut:

  1. Bagian atas: nama toko, nama dan jabatan karyawan.
  2. Tabel hanya berisi rincian gaji pokok sekaligus potongan pajak, pinjaman, dan lainnya jika ada, serta gaji bersih.
  3. Bagian bawah tabel: diisi dengan tanggal cetak serta nama dan tanda tangan pemilik toko dan karyawan.

Contoh Slip Gaji Wiraswasta

Contoh Slip Gaji WiraswastaKarena merupakan hasil usaha sendiri, slip gaji wiraswasta dibuat dalam bentuk surat keterangan penghasilan. Surat ini dibuat oleh wiraswastawan sendiri dan biasanya digunakan sebagai salah satu syarat pengajuan pinjaman atau keperluan lainnya.

Isi surat keterangan penghasilan terdiri dari:

  1. Identitas pembuat surat, yaitu nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, nomor identitas (KTP/SIM?Paspor), pekerjaan, dan agama.
  2. Keterangan penghasilan, yaitu besarnya nominal penghasilan per bulan dan berupa jumlah totalnya saja tanpa rincian.
    Keterangan untuk keperluan apa surat tersebut dibuat.
  3. Pernyataan tentang kebenaran informasi yang dituliskan dalam surat.
  4. Tanggal pembuatan surat.
  5. Nama dan tanda tangan pembuat surat.

 

Contoh Slip Gaji Word
Contoh Slip Gaji Word

Slip gaji dalam format word dibuat dengan menggunakan program Mail Merge. Cara membuat slip gaji dengan program word adalah sebagai berikut:

  1. Membuat data source berisi nama, jabatan, besarnya gaji, tunjangan, potongan, dan data lain lalu simpan dengan nama file “Data Daftar Gaji Pegawai”.
  2. Membuat dokumen master berupa format blangko slip gaji, simpan dengan nama “Daftar Penerimaan Gaji”.
  3. Menggabungkan data source  dengan dokumen master dengan program Mail Merge.
  4. Menyimpan dan mencetak slip gaji.

 

Slip Gaji SDM

Contoh Slip Gaji SDM DirekturDalam sebuah perusahaan, ada beberapa level atau tingkatan pegawai yang menentukan komponen dan besarnya gaji yang diterima, yaitu:

  1. Top Manajemen (Dewan Direksi), gajinya ditentukan berdasar pada perjanjian antara Dewan Komisaris dengan para pemegang saham.
  2. Manajer, komponen gajinya terdiri dari gaji pokok, tunjangan operasional, tunjangan jabatan, uang makan, tunjangan transport, serta bonus.
  3. Kepala Bagian, Supervisor, sama dengan level manajer dengan penambahan komponen jenis tunjangan seperti biaya pengobatan, tunjangan kesehatan, dan sebagainya.
  4. Pelaksana Teknis, tidak mendapatkan tunjangan jabatan, namun berhak mendapatkan uang lembur.

Penempatan karyawan SDM dalam sebuah perusahaan tidak sama, bisa di level top manajemen, manajer, atau bahkan kepala bagian. Karena itu, slip gajinya pun berbeda dan dibuat sesuai komponen gaji seperti di atas.

 

Slip Gaji Online

Slip Gaji OnlineAplikasi slip gaji online dibuat untuk memudahkan pekerjaan membuat slip gaji, terutama bagi perusahaan atau instansi besar. Divisi payroll atau SDM bisa dengan mudah memasukkan data gaji dan potongannya, perhitungan PPh 21, membuat slip gaji, kemudian mengirimkannya ke email karyawan secara otomatis tanpa harus mencetaknya satu per satu.

Aplikasi slip gaji online yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Terintegrasi atau memiliki fitur “all in one”, termasuk untuk hitung, setor, dan lapor pajak secara online.
  2. Resmi dan sudah mendapat persetujuan dari pemerintah.
  3. Aman dan terjaga kerahasiaannya.
  4. Memiliki layanan pelanggan yang responsive.

 

Format Slip Gaji

Format Slip GajiSlip gaji dapat dibuat dalam berbagai format sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau instansi. Format slip gaji biasanya dipengaruhi oleh banyaknya rincian komponen gaji dan potongannya. Jika komponen gaji dan potongan sedikit, format dapat dibuat dengan sederhana, dan sebaliknya.

Namun, seperti apapun formatnya, slip gaji setidaknya harus mencantumkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Nama perusahaan atau instansi, bisa juga dilengkapi alamat dan logo.
  2. Pernyataan kerahasiaan dokumen slip gaji.
    Data karyawan penerima slip gaji yang meliputi nama, nomor kepegawaian, NPWP, jabatan atau posisi, dan lainnya.
  3. Tabel rincian gaji. Rincian penerimaan dan potongan bisa disatukan dalam satu kolom yang sama maupun dipisah. Jika kolom dipisah, rincian penerimaan ditempatkan di sebelah kiri dan potongan di sebelah kanan. Penerimaan meliputi gaji pokok, tunjangan, bonus, dan insentif lain, sedangkan potongan meliputi pajak, utang, iuran atau simpanan, dan lain-lain.
  4. Total jumlah gaji bersih yang diterima atau take home pay.
  5. Tanggal slip dicetak, nama dan tanda tangan wakil perusahaan dan karyawan yang menerima gaji.

Di luar poin-poin di atas, perusahaan atau instansi dapat memodifikasinya dengan menambahkan keterangan lain yang diperlukan sesuai kebutuhan perusahaan.

 

Cara Membuat Slip Gaji

Cara Membuat Slip GajiSlip gaji bisa dibuat dengan banyak cara, baik cara manual ataupun menggunakan aplikasi atau software. Akan tetapi, cara membuat slip gaji pada dasarnya terdiri dari:

  1. Menyiapkan database karyawan.
  2. Mendata komponen gaji yang berlaku pada perusahaan.
  3. Membuat format slip gaji standar perusahaan.
  4. Menginstall software ke dalam komputer atau mendaftar dan membeli fitur aplikasi online.
  5. Membuat slip gaji baik dengan cara manual ataupun menggunakan aplikasi dan software.
  6. Memberikan slip gaji kepada karyawan, dengan cara manual atau melalui email.

Aplikasi Slip Gaji
Aplikasi Slip Gaji

Membuat slip gaji secara manual sangat menyita waktu, terutama jika jumlah karyawan cukup banyak dan berbeda tingkatannya. Belum lagi kemungkinan terjadi kesalahan pada saat menginput data karyawan atau salah memasukkan rumus perhitungan.

Untuk menghindari hal semacam itu, slip gaji dapat dibuat dengan memanfaatkan software  atau aplikasi online. Ribuan slip gaji bisa dibuat secara otomatis tanpa harus mencetaknya satu per satu.

Aplikasi online atau software untuk membuat slip gaji terdiri dari dua jenis, antara lain:

Software slip gaji yang diinstal

Software slip gaji yang diinstalSoftware jenis ini perlu di-install terlebih dulu. Meskipun stabil, cara ini punya beberapa kelemahan. Untuk meng-install dibutuhkan teknisi khusus dan biaya cukup mahal, data berisiko hilang, dan perlu waktu lama untuk meng-upgrade sesuai dengan peraturan pemerintah terbaru.

Aplikasi slip gaji online
Aplikasi slip gaji online

Untuk menggunakan aplikasi online, lakukan registrasi atau pendaftaran secara online dan membeli fitur yang disediakan. Aplikasi bisa diperbarui atau di update secara otomatis dan gratis jika ada penyesuaian dengan peraturan pemerintah terbaru. Semua data tersimpan di cloud, sehingga data akan tetap aman meskipun komputer rusak atau hilang.

Gambar Slip Gaji
Gambar Slip Gaji

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa slip gaji dapat dibuat dalam banyak format. Akan tetapi, semuanya memuat hal-hal pokok yang wajib dicantumkan, yaitu nama perusahaan, data karyawan, rincian gaji, tanggal serta tanda tangan kedua pihak, yaitu perusahaan dan karyawan.

Pada dasarnya, seluruh slip gaji dibuat dengan fungsi dan tujuan yang sama. Akan tetapi, tidak ada aturan yang mengikat mengenai format slip gaji. Maka dari itu, setiap perusahaan atau instansi bisa membuatnya sesuai kebutuhan, asalkan memuat setiap unsur yang harus ada dalam sebuah slip gaji.

Leave a Comment