40+ Kumpulan Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Film perang adalah genre film yang paling digemari, terutama oleh kalangan kaum pria. Film perang terbaik yang menayangkan aksi peperangan dan dilengkapi dengan senjata ini membuat orang yang menontonnya merasa takjub dan terpesona.

Bicara tentang film perang, terdapat banyak sekali bagian yang dapat kita nikmati. Mulai dari rasa tegang, kagum, aksi heroik, drama penuh konflik, atau sampai tragedi yang menyedihkan. Meskipun perang merupakan hal yang buruk, terkadang ada sisi terbaik manusia bisa datang dari situ. Oleh sebab itu ada banyak film perang berkualitas. Bahkan terkadang penghargaan film level wahid seperti Oscar memilih film tersebut sebagai film perang terbaik (atau minimal nominasi). Bisa saja sebagai penggemarnya, Anda sudah menonton film di bawah ini. Namun untuk yang baru menggemari genre film ini, silahkan cek pilihan film perang terbaik versi kami.

1. Wings (1927)

Film ini digembar-gemborkan menjadi film sunyi terbaik, bintang film Wings sekaligus gadis kesayangan Paramount Pictures, Clara Bow, menjadikan film drama perang ini larut ke cerita bromance, condong di melodrama, dan kaya akan unsur komedinya.

Akan tetapi, aksi terbang dan pertarungannya juga akan tetap membuat mata Anda fokus ke arah layar!

 

2. Casablanca (1942)

Film ini merupakan cerita film romantis paling ikonis yang menjadikan Perang Dunia II sebagai latar belakangnya. Saksikan juga film ini yang dibintangi oleh Humphrey Bogart dan Ingrid Bergman.

 

3. The Great Escape (1963)

Pada Perang Dunia II, segerombolan tentara yang menjadi tahanan di kamp Jerman yang berkeinginan untuk kabur. Namun, mereka tidak hanya sekedar ingin kabur, tetapi juga melancarkan misi untuk membantu pasukan koalisi dalam merebut pertahanan musuh.

Akan tetapi, untuk melaksanakan misi tersebut, taruhannya sangat berbahaya. Hal inilah yang membuat film ini makin seru untuk ditonton.

Quotes Terbaik: “We have reason to believe this prisoner is the mastermind behind numerous criminal escape attempts.” – Herr Kuhn.

 

4. The Deer Hunter (1978)

The Deer Hunter adalah film karya Michael Cimino. Film ini menceritakan tentang tiga sahabat yakni Michael (Robert DeNiro), Steven (John Savage), dan Nick (Christopher Walken). Yang mendapat pengalaman buruk di perang Vietnam. Film The Deer Hunter memiliki nuansa drama yang kental. Meski begitu, adegan Russian Roulette di film ini sangat ikonik.

Film ini lulus di mata kritikus film, dan memperoleh 5 penghargaan Oscar, termasuk Film terbaik dan Sutradara terbaik.

 

5. Apocalypse Now (1979)

Film Apocalypse Now berlatar belakang perang Vietnam, film ini mengutip cerita tentang Kapten Willard (Martin Sheen) yang memburu Kolonel Kurtz (Marlon Brando), seorang perwira yang memberontak. Apocalypse Now merupakan termasuk salah satu film perang legendaris.

Film ini menyabet gelar penghargaan Palme d’Or di Festival Film Cannes, memenangkan Golden Globe, dan memperoleh qpnominasi Film Terbaik di Oscar. Sebagai bonus, Anda dapat mendengarkan lagu The End dari The Doors di awal dan akhir film tersebut.

 

6. Das Boot (1981)

Masuk, duduk, diam, fokus, dan berpegangan. Itulah saran terbaik yang dapat kami berikan saat Anda menonton karya Wolfgang Petersen tentang film kapal Jerman ini. Petualangan di area perang di atas Benua Atlantis ini akan membuat Anda terjebak pada pelarian di dalam kapal selam sepanjang film.

 

7. Stripes (1981)

Kehormatan, persahabatan, kewajiban, patriotisme merupakan dalih untuk mengikuti wajib militer. Akan tetapi, Bill Murray dan Harold Ramis berkoalisi menjadi tentara di film komedi arahan Ivan Reitman, untuk tujuan pemasarannya : bersenang-senang.

 

8. Top Gun (1986)

 

Tanya saja, apa yang tidak dapat dilakukan negara untuk Anda, namun sebaliknya, Tom Cruise yang bukan siapa-siapa mengenakan kacamata aviator dan jaket bomber bersedia melakukannya untuk negara. Dalam waktu lebih dari 30 tahun, film arahan Tony Scott ini menjadi baik dari tahun ke tahun sesudah terus menerus menyaksikan adegan perkelahian antar pilot.

 

9. Platoon (1986)

Film yang diberi judul Platoon juga merupakan film perang yang ikonik dan sering disebut-sebut. Film garapan Oliver Stone ini bercerita tentang perjalanan prajurit Amerika Chris Taylor (Charlie Sheen) selama perang Vietnam. Selain konflik dengan musuh, Platoon juga menunjukkan konflik antar prajurit Amerika.

Film Platoon memboyong 4 penghargaan Oscar dari 7 nominasi, dan memperoleh 3 penghargaan Golden Globe dari 4 nominasi.

 

10. Full Metal Jacket (1987)

Full Metal Jacket merupakan sebuah film perang yang pahit. Memperlihatkan sisi gelap bahkan sebelum prajurit terjun ke medan perang. Film karya dari Stanley Kubrick ini mengikuti perjalanan beberapa orang prajurit Amerika, semenjak pelatihan sampai di medan perang. Meskipun memiliki latar belakang perang Vietnam, Full Metal Jacket lebih bercondong ke sisi lain, bukan medan tempur itu sendiri.

 

11. A Few Good Men (1992)

Sutradara Aaron Sorkin memang selalu memiliki dialog taktis yang ikonis, sebagian kutipannya secara praktikal sudah menjadi lagu kebangsaan Amerika Serikat. Sepertinya film yang dibintangi oleh Jack Nicholson dan Tom Cruise ini menjadi film perang terbaik Hollywood.

 

12. Schindler’s List (1993)

Schindler’s List merupakan salah satu film Perang terbaik berdasarkan kisah nyata yang memang diambil dengan latar pada masa tersebut. Film ini mengutip tentang kehidupan Oskar Schindler yang ingin mengambil keuntungan dari pecahnya peperangan.

Schindler’s ingin membuka sebuah pabrik, namun ia kekurangan tenaga kerja. Karena kebijakan politiknya, ia dapat mempekerjakan kaum Yahudi. Akan tetapi, pada saat Schutzstaffel mulai pemusnahan bangsa Yahudi, Schindler’s memutuskan menolong para pekerja.

Quotes Terbaik: “Kekuatan adalah disaat kita memiliki alasan dan kebenaran untuk membunuh, namun kita memutuskan untuk tidak melakukannya.”

 

13. Crimson Tide (1995)

Gene Hackman dan Denzel Washington berperan serta dalam perang nuklir yang mengambil lokasi di bawah laut. Sebenarnya mereka berdua memang seakan mendominasi film sehingga kita melupakan kehadiran Viggo Mortensen dan James Gandolfini.

 

14. Courage Under Fire (1996)

Courage Under Fire adalah cerita tentang kebenaran, kehormatan, dan kebohongan. Sutradara Edward Zwick membuat film misteri militer yang dibintangi oleh Denzel Washington sebagai letnan kolonel yang bertempur dengan sisi iblis Desert Storm, untuk menginvestigasi kematian kapten militer (Meg Ryan) yang terbunuh untuk mendapatkan medali kehormatan.

 

15. Saving Private Ryan (1998)

Sebaiknya pikir dua kali untuk melahap camilan sambil menyaksikan film Steven Spielberg yang berharga ini. Film ini dipenuhi dengan pertempuran berat di pesisir Pantai Ohama, disertai beberapa tentara yang muntah darah, potongan tubuh terburai, dan mengerikan.

 

16. Three Kings (1999)

Three Kings merupakan FIlm garapan David O. Russell yang menampilkan trio Mark Wahlberg, George Clooney, dan Ice Cube. Misi mereka adalah membuat Perang Teluk Persia menjadi komedi petualangan yang penuh dengan keserakahan, emas, dan bibit baik.

Film ini tidak disangka menjadi film perang terbaik di dunia pada tahun 90-an.

 

17. Tigerland (2000)

Anda mesti mengeksplorasi film karya Joel Schumacher yang mengutip tema drama boot camp, yang juga merupakan penanda karier tinggi untuk Colin Farrell.

 

18. Pearl Harbour (2001)

Masyarakat Indonesia tentu tidak akan pernah melupakan momen pengeboman kota Nagasaki dan Hiroshima di Jepang. Peristiwa tersebut yang membuat negeri Samurai itu perlahan angkat kaki dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Konflik ini kemudian dibuat ke dalam movie, dan kemudian menjadi salah satu film Perang terbaik sepanjang masa hingga saat ini.

Sebelum Amerika Serikat (AS) mengambil keputusan untuk melepas dua buah bom atom ke daratan Jepang, pihak Negara Matahari Terbit ini lah yang terlebih dahulu menggempur pangkalan militer AS di Hawaii yang bernama Pearl Harbour. Peristiwa yang membinasakan banyak tentara dan warga sipil dari pihak AS dinobatkan menjadi salah satu film Perang Dunia II terbaik oleh sutradara Michael Bay.

Quotes Terbaik: “I have nothing to offer but blood, toil, tears and sweat.” – Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill.

19. Black Hawk Down (2001)

100 prajurit Delta Force AS melaksanakan operasi militer di Mogadishu, Somalia dengan kode misi ‘Operation Gothic Serpent,‘ untuk menangkap kepala pemberontak di wilayah tersebut. Operasi militer ini dibahas secara lengkap oleh seorang reporter yang disajikan menjadi buku. Dari buku tersebut, sutradara Ridley Scott mengubahnya menjadi film perang modern terbaik dengan berbagai adegan peperangan yang apik dan nyata.

Quotes Terbaik: “Three hundred thousand dead and counting. That’s not a war, Mr. Atto. That’s genocide.” – William F. Garrison.

 

20. We Were Soldiers (2002)

Nah.. Satu lagi film perang terbaik sepanjang masa yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu We Were Soldiers. Film ini menceritakan tentang kisah nyata peperangan di Vietnam, yang pada saat itu terpecah menjadi dua bagian, yakni Utara dan Selatan. Vietnam Utara dibantu oleh Uni Soviet (sekarang Rusia), dan Vietnam Selatan didukung oleh Amerika Serikat.

Film perang We Were Soldiers ini layak dianugerahi sebagai salah satu film perang modern terbaik sepanjang masa, karena mempertunjukkan hubungan antar setiap prajurit yang begitu setia dan loyal kepada sesama.

Quotes Terbaik: “Dead or alive, we will all come home together. So help me, God.” – Letnan Kolonel (Letkol) Hal Moore.

 

21. Jarhead (2005)

Banyak keistimewaan dari sutradara Sam Mendes selain film American Beauty dan beberapa film yang dibintangi istrinya, Kate Winslet. Film masa perang Jarhead ini bercerita tentang Jake Gyllenhaal yang berperan sebagai marinir penembak jitu yang mempunyai kekurangan saat pertarungan tembakan, sehingga ia merasa gagal.

Jamie foxx, kembang api, dan topi santa claus juga menjadi bintang pendukung pada film ini.

 

22. Rescue Dawn (2006)

Seorang pilot pejuang Amerika Serikat yang melakukan misi rahasia kemudian jatuh di Laos, dan dijadikan tawanan, kemudian menceritakan pelariannya. Terdengar seperti plot yang familiar, namun apa yang dibuat tentang pertahanan hidup ini patut ditonton apalagi film ini dibintangi oleh Christian Bale dan diarahkan oleh Werner Herzog.

 

23. The Hurt Locker (2008)

Tidak boleh ada stereotype, oleh karena itu sutradara Kathryn Bigelow membawa Perang Irak lewat latihan menegangkan yang mempertaruhkan kebebasan lewat sudut pandang sersan non-kompromi, ia harus memimpin pasukan bom di area penyanderaan.

Jeremy Renner adalah sersan itu, dan perpecahan perang di Baghdad adalah teritori itu.

 

24. Defiance (2008)

Film ini mengutip tentang kisah nyata dari Bielski Brigade, film yang berjudul Defiance ini merupakan cerita ketika tentara Nazi membantai orang Yahudi Eropa pada tahun 1941. Tiga bersaudara, Asael, Zus, dan Tuvia, berhasil melarikan diri dan berlindung di hutan untuk kemudian mempersiapkan pembalasan dengan bergabung dengan para pengungsi lain yang selamat.

Quotes Terbaik: “Everyday of freedom is an act of faith.” – Tuvia Bielski.



25. Valkyrie (2008)

Film ini mengutip dari kisah nyata rencana membunuh pemimpin Nazi, Adolf Hitler pada 1944, yang bertajuk operasi Valkyrie. Seorang kolonel yang bernama Claus Von Stauffenberg, mulanya setia terhadap negaranya, akan tetapi khawatir Hitler akan mendatangkan bencana. Pada akhirnya, ia bekerjasama dengan kelompok yang mempunyai pemikiran sama untuk meruntuhkan rezim Nazi dari dalam.

Quotes Terbaik: “You may hand us over to the executioner, but in three months time, the disgusted and harried people will bring you to book and drag you alive through the dirt in the streets.” – Erwin von Witzleben.

 

26. The Messenger (2009)

Sutradara Oren Moverman sukses membuat emosi grafis lewat film Indie  yang bercerita tentang tentara yang bertugas untuk menyampaikan berita gugurnya tentara-tentara yang sedang menjalankan kewajibannya.

Film ini dibintangi oleh Ben Foster dan Woody Harrelson.

 

27. District 9 (2009)

Neill Blomkamp membuat film sejarah sci-fi yang ia bayangkan di masa depan ada tempat yang habis di invasi alien yakni di Afrika Selatan, bersama juga adegan paling kreatif tentang pasukan meriam.

 

28. Inglourious Basterds (2009)

Inglourious Basterds merupakan film asik. Meskipun berdasar pada Perang Dunia 2, film karya Quentin Tarantino ini menyuguhkan sejarah versi alternatif. Inglourious Basterds menceritakan tentang dua usaha pembunuhan pimpinan Nazi. Yang satu oleh Shosanna Dreyfus (Mélanie Laurent), dan pihak lain oleh kelompok pimpinan Aldo Raine (Brad Pitt).

Film ini sukses secara box office dan dari opini kritik. Inglourious Basterds memperoleh satu penghargaan Oscar dari 8 nominasi,dan  juga beberapa penghargaan lain, termasuk dari Festival Film Cannes.

 

29. Return (2011)

Anda tahu peran Linda Cardellini menjadi Lindsay Weir yang sinting atau menjadi Meg Rayburn di serial Bloodline, namun Anda harus menyaksikan aktingnya di film ini. Karena ia mempunyai peran besar dalam film kecil arahan Liza Johnson tersebut.

Ia harus berjuang kembali menata hidupnya setelah kembali bertugas militer dari Timur Tengah.

 

30. Zero Dark Thirty (2012)

Banyak diperlukan pertarungan untuk memenangkan perang. Pertarungan yang dibuat sutradara Kathryn Bigelow dan produser Mark Boal ini adalah operasi gelap untuk mencari buronan paling dicari Osama bin Laden, setelah serangan teroris 11 September.

Jessica Chastain mengambil porsi besar di dalam operasi tersebut dan memiliki tanggung jawab penting untuk mencari lokasi target.

 

31. Lincoln (2012)

Film ini tak hanya bercerita mengenai salah satu presiden terkenal Amerika Serikat (AS), Abraham Lincoln. Tapi juga tentang sejarah kelam bangsa mereka saat terjadi Perang Sipil dan isu perbudakan. Berkat kecerdasan Lincoln dalam berpolitik dan semangatnya, Lincoln bisa mengakhiri perang tersebut dan menghapus perbudakan.

Quotes Terbaik: “The fate of human decency is in our hands!” – Abraham Lincoln.



32. Red Tails (2012)

Terrence Howard dan Cuba Gooding Jr. berperan dalam pertempuran yang berlatar Perang Dunia II. Pada 1944, Pentagon AS tak memberi kesempatan bagi musuh untuk memenangkan perang dan melakukan berbagai cara untuk menang pertempuran udara melawan Nazi. Pertempuran dipimpin oleh mereka yang menyebut dirinya dengan nama Red Tail yang memiliki keberanian dalam memperjuangkan negara dan hak kebebasan.

Quotes Terbaik: “To be absolutely politically correct African Americans won the Battle of Britain and saved the World.” – Colonel A. J. Bullard.

 

33. Lone Survivor (2013)

Tidak ada rumah kebebasan tanpa aksi pemberani. Peter Berg mengisahkan kembali riwayat hidup Marcus Luttrell lewat sentimental yang jelas. Faktanya, pada produksi Peter ini Anda akan melihat 3 hal: 1. Akan ada aksi. 2. Akan ada emosi. Dan 3. Akan ada peran untuk Taylor Kitsch.

 

34. The Guest (2014)

Film thriller tentang seorang tentara yang datang ke satu keluarga, dan mengaku sebagai teman baik anak laki-laki mereka yang meninggal dalam perang. Namun, ternyata orang itu adalah seorang psikopat dan telah berbohong.

 

35. Edge of Tomorrow (2014)

Emily Blunt dan Tom Cruise berpasangan untuk film militer bertema time-travel  yang berjuang melawan alien di masa depan. Doug Liman mengarahkan skenario Christopher McQuarrie secara jenius, terkadang alien pajangan, lawakan, dan hal konyol seolah menjadi ide baru yang mampu memunculkan sekuel film tersebut.

 

36. Fury (2014)

Kalau Das Boot adalah film kapal selam terbaik, Fury mungkin merupakan film tank terbaik. Film ini bercerita tentang seorang prajurit baru yang bergabung dengan kru sebuah tank dengan julukan “Fury” pimpinan Don “Wardaddy” Collier (Brad Pitt). Mereka bertugas menembus pertahanan musuh dan membuka jalan pasukan lainnya.

Walau tidak mendapat nominasi atau penghargaan di Oscar (dan yang setara), film ini sukses di Box Office dan mendapat tanggapan bagus dari kritikus.

 

37. Beasts of No Nation (2015)

Tentara anak-anak merupakan hal yang sering kita dengar, namun tak pernah serius menanggapi isu tersebut. Dan, ini benar-benar terjadi di Afrika. Film berjudul Beasts of No Nation mengisahkan cerita nyata bagaimana para bocah menjadi tentara dalam perang saudara di sana.

Quotes Terbaik: “I just want to be happy in this life.” – Agu.

 

38. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge merupakan film arahan Mel Gibson. Sepanjang karirnya, Mel Gibson hanya menyutradarai 5 film. Tapi 4 di antaranya mendapat pujian, termasuk film ini.

Hacksaw Ridge  menceritakan tentang seorang prajurit bernama Desmond Doss (Andrew Garfield). Ia terjun ke Perang Dunia II sebagai tenaga medis dan menolak membawa senjata. Film ini berdasarkan kisah nyata.

Hacksaw Ridge mendapat 2 penghargaan Oscar dari 6 nominasi. Film ini juga memenangkan beberapa penghargaan lain.

 

39. Megan Leavey (Film Perang Terbaik 2017)

Hubungan pertarungan dapat terjadi di atas hubungan brotherhood atau sisterhood, yakni hubungan dengan hewan berkaki empat. Film ini diambil dari kisah nyata dan disutradarai oleh Gabriela Cowperthwaite, ia berhasil menggambarkan ikatan kuat antara kopral marinir (diperankan oleh Kate Mara) dan anjing K-9 yang sudah menyelamatkan hidupnya beberapa kali.

 

40. Dunkirk (2017)

Siapa yang menyangka operasi militer di Dunkirk, Prancis, menjadi tren sinematik di tahun 2017? Film tentang Perang Dunia II besutan Christopher Nolan tersebut sukses bergabung dengan film komedi romantis Inggris, Their Finest, dan film Gary Oldman, Darkest Hour.

Demikian kumpulan film perang terbaik Hollywood sepanjang masa yang wajib Anda saksikan, Toppers! Selain karena ceritanya yang seru, film ini juga mengajak Anda untuk belajar sejarah, terutama mengenai Perang Dunia II. Jadi, yuk saksikan dan tonton semua film perang modern terbaik di atas dan ambil hikmahnya.

Leave a Comment