5+ Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

 

Jerawat merupakan kondisi dimana kulit yang berminyak akibat aktivitas sehari-hari dan kurang memperhatikan kebersihan. Dengan begitu mudah sekali munculnya jerawat batu yang diawali dari komedo pada wajah.

jerawat

beritasehatku.com

Tahap awal yaitu komedo-komedo yang bermunculan, setelah itu akan muncul jerawat yang tumbuh dalam pori-pori karena kotoran yang tidak dibersihkan. Semakin hari semakin besar kemungkinannya dalam merubah kulit menjadi kusam sehingga terjadi banyaknya jerawat yang bermunculan pada wajah.

Jerawat biasanya terjadi pada anak remaja dan dewasa. Karena biasanya anak remaja dan dewasa masih aktif dalam melakukan kegiatan ataupun aktivitasnya sehari-hari dibandingkan lansia yang lebih berdiam diri dirumah.

Kulit akan menjadi kusam ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari karena debu dan keringat yang membasahi muka hingga menjadi pelembaban pada kulit yang berlebihan.

Kulit memang dibutuhkan pelembab, agar tidak kering, karena jika kulit wajah kita kering, itu pertanda tidak sehat atau mati seperti orang yang sedang sakit. Maka dari itu kita perlu membersihkan wajah dengan pelembab ketika selesai beraktivitas.

Banyak make up untuk membersihkan kulit, seperti tonner sebagai pembersih wajah yang mengandung pelembab agar tetap segar di permukaan wajah kita. Biasanya dilakukan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas sehari-hari.

Seperti ingin berangkat kerja dan sepulangnyapun kita tetap membersihkan wajah kita, agar terlihat tetap segar dan terhindar dari kemungkinan munculnya jerawat. Tipe kulit pada wajah seseorang memang berbeda-beda.

Seperti misalnya kulit pada wajah perempuan biasanya lebih lembut dibandingkan laki-laki yang pada umumnya kasar. Sehingga kulit permukaan wajah perempuan menggunakan make up atau pembersihnya berbeda dengan laki-laki.

Akan tetapi sesama perempuan pun biasanya memiliki perbedaan kulit tersendiri, maka dari itu jika kita sudah merasa maksimal dalam membersihkan permukaan wajah kita, tetapi masih saja banyak jerawat yang bermunculan, maka konsultasikanlah kepada dokter, agar bisa ditangani secara intensif.

Karena jika ada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif dan mudah iritasi terhadap kotoran debu dan make up tertentu, alhasil menjadi jerawat batu. Jika kita termasuk orang yang memiliki kulit tersebut, maka perlu memperhatikannya dalam membersihkan dan memakai make up tertentu.

Tidak bisa memakai make up sembarangan, karena kulit tersebut sangatlah sensitif terkena bahan kimia tertentu. Jika sudah terjadi seperti itu, maka berhentilah memakai make up atau pembersih muka, selain yang dianjurkan dokter.

Terjadinya jerawat batu memang banyak faktornya. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kemungkinan terjadinya jerawat batu ialah karena permukaan kulit pada wajah sangatlah sensitif dan iritasi.

Namun ada pula faktor lain yang terjadi dengan munculnya jerawat batu pada wajah tersebut, yang diantaranya ialah karena sering terkena sinar matahari saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Ketika kita lebih sering bekerja di lapangan, maka tentunya akan terkena sinar matahari dan debu atau kotoran yang berlebihan, maka perlu memperhatikannya dengan lebih rutin dalam membersihkan wajah kita setelah usai beraktivitas.

 

Pengertian Jerawat Batu

jerawat batu

tipsdiet1001.blogspot.com

Dalam sebuah teori mengatakan, jerawat batu ialah cystic acne, yang memiliki arti sebuah penyumbatan pada kulit mati yang terperangkap bakteri dalam pori-pori wajah. Dan menimbulkan benjolan dengan warna kemerah-merahan seperti memar.

Bahkan yang lebih parahnya lagi, jerawat batu bisa berbentuk benjolan yang besar seperti bisul. Bayangkan jika muka kita seperti bisulan yang meliputi semua wajah kita, tentunya terasa tidak enak dilihat.

Maka harus dibersihkan dengan air hangat ketika mau tidur dan setelah bangun tidur dipagi hari. Karena dengan begitu bisa mematikan bakteri-bakteri pada kulit wajah dan menghidupkan kembali kulit yang mati.

Jerawat batu memang sangatlah susah dalam praktek penyembuhannya, karena jerawat batu ini bukanlah jerawat biasa. Jerawat batu seringkali terasa sakit ketika tersentuh tangan atau benda apapun.

Karena jika kita sedang mengalami jerawat batu pada wajah kita, maka hindari pemakaian make up atau pembersih wajah lainnya selain anjuran dokter. Karena jika kita sembarangan dalam memakai pembersih wajah, maka akan memperburuk wajah.

Menjaga permukaan kulit pada wajah ialah satu hal yang penting dalam sebuah penampilan, karena wajah menjadi pandangan pertamakali dalam bertatap muka. Dengan begitu perlu membersihkannya secara rutin.

Apalagi bagi kita yang sudah sering mengalami jerawat batu. Sangatlah penting dalam membersihkannya dengan air hangat sebelum dan sesudah tidur. Agar jerawat tersebut kempes karena bakteri pada kulit menghilang dan menjadi bersih.

Salah satu ciri atau tanda jerawat batu ialah, adanya sebuah benjolan yang kemerah-merahan dengan bentuk seperti bisul. Dan sangat sensitif terhadap sentuhan tangan atau benda, karena mengalami iritasi kulit.

 

Penyebab Munculnya Jerawat Batu

Penyebab Munculnya Jerawat Batu

Skin.co.id

Munculnya jerawat batu ialah dikarenakan hormon yang tidak seimbang. Hal ini sering terjadi pada perempuan yang sedang mengalami haid. Selain itu juga, jerawat batu bisa tumbuh pada perempuan yang sedang hamil.

Area yang sering terjadi munculnya jerawat ialah di seluruh bagian wajah hingga leher. Karena area tersebut lebih sering terkena kotoran seperti debu ataupun sinar matahari sehingga timbulnya jerawat.

Meski perempuan yang sedang hamil atau haid tidak melakukan aktivitas berat seperti bekerja dengan kotor-kotoran dan terkena sinar matahari, akan tetapi mereka tetap berjerawat, apa sebab?. Karena mengalami ketidak seimbangan pada hormon. Hal ini sangat wajar dan sering terjadi oleh semua orang pada umumnya. Jika dalam melakukan aktivitasnya lebih sering di jalanan, maka itu juga menjadi salah satu penyebab jerawat yang akan mudah muncul.

Bukan saja perempuan yang mengalami terjadinya pertumbuhan jerawat. Akan tetapi anak laki-laki pun bisa mengalami hal yang sama. Seperti yang kita ketahui, peningkatan hormon pada anak laki-laki menjadi akibat munculnya jerawat.

Hormon tersebut disebut androgen, yang juga bisa membantu fisik dalam pertumbuhannya. Yang akan terjadinya sebuah perubahan pada wajah laki-laki tersebut ialah adanya penyumbatan pada pori-pori.

 

Ciri-ciri Munculnya Jerawat Batu

ciri-ciri jerawat batu

jerawatbatu-yuli.blogspot.com

Terjadinya jerawat ialah disebabkan adanya penyumbatan pada pori-pori pada permukaan wajah. Selain itu kulit mudah iritasi, karena sedang mengalami peningkatan hormon yang tidak stabil.

Area jerawat yang akan muncul pada laki-laki ialah punggung, muka, dada dan leher. Sesungguh ini menjadi hal yang wajar ketika kita sedang mengalami masa puber. Namun jika jerawat tak kunjung sembuh dengan waktu yang lama, maka perlu konsultasikan pada dokter ahli dibidangnya.

  1. Bentuk dari jerawat batu ialah benjolan berwarna merah dan terasa sakit
  2. Muncul nanah diujung benjolan tersebut dan memar pada area sekitarnya
  3. Menghasilkan nodul sehingga bisa sangat jelas jika berasa pada permukaan wajah.
  4. Terasa sakit meski tidak disentuh, karena mengalami sedikit pembengkakan diarea jerawat tersebut.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

cara-menghilangkan-jerawat-batu

fitslimherbal.com

Jika anda sedang mengalami jerawat yang kunjung sembuh, maka perlu dengan cara alami dan aman, yaitu membersihkannya menggunakan air hangat dengan kain yang lembut untuk membersihkan seluruh permukaan wajah.

Namun jika masih saja belum sembuh, maka konsultasikanlah kepada dokter yang ahli dibidangnya. Karena dengan begitu dokter bisa mendiagnosis apa penyebab dari munculnya jerawat pada permukaan wajah anda.

Setelah itu, dokter akan mengetahui dan menyarankan agar tidak melakukan hal yang menjadi timbulnya jerawat. Dan membersihkan wajah dengan air hangat juga salah satu anjuran dokter yang alami dalam membunuh bakteri pada jerawat.

Perbanyak makan sayur-sayuran dan istirahat yang cukup, agar sel pada kulit wajah tidak mati. Selain itu bisa kalian gunakan dengan masker, ketika akan bepergian atau melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Karena jika sedang dalam proses pengobatan tidak dijaga, maka akan memperburuk wajah anda. Sehingga bisa menjalar kebagian area lainnya. Selain itu penyebab jerawat ini juga bisa dikarenakan riwayat dari orang tua atau keluarga kita.

 

Tips dan cara menghilangkan jerawat batu secara alami

Tips dan cara menghilangkan jerawat batu secara alami

fitslimherbal.com

1. Kentang

Cara alami untuk menyembuhkan jerawat batu ialah dengan mengkonsumsi kentang. Bisa dimakan secara dimasak ataupun di potong-potong untuk ditempelkan pada wajah tersebut. Karena dalam sebuah kentang terdapat kandungan baik untuk menyembuhkan jerawat batu.

2. Kunyit, jeruk nipis dan madu

Cara lainnya ialah dengan menggunakan jeruk nipis, kunyit dan sedikit campuran madu untuk dijadikan obat yang sangat ampuh. Setelah diaduk rata, maka bisa anda jadikan pasta yang akan digunakan sebagai masker untuk wajah.

Oleskan hingga merata pada seluruh bagian wajah anda, dan diamkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Cara ini bisa anda lakukan sebelum tidur dan sesudah melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Putih telur

Adapun cara lain yang alami serta aman ialah dengan menggunakan putih telur. Karena putih telur ini mengandung enzim lusozim yang dapat menghidupkan kembali sel kulit mati pada wajah anda, serta membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Cara pembuatannya ialah sebagai berikut:

  1. Ambillah telur secukupnya, lalu pecahkan kedalam wadah
  2. Pisahkan kuning telur tersebut dan ambillah putih telurnya
  3. Aduk putih telur tersebut hingga merata
  4. Oleskan pada bagian wajah hingga merata
  5. Diamkan 10 menit hingga mengering
  6. Jika sudah mengering, maka bilas dengan air bersih

Lakukanlah cara ini setiap hari, agar kulit anda tetap sehat dan terlihat segar. Cara ini menjadi salah satu masker alami yang menjaga kestabilan kulit anda menjadi normal kembali.

4. Lidah Buaya

Yang terakhir ialah menggunakan tanaman lidah buaya untuk membersihkan dan mengobati muka yang berjerawat. Cara ini sangat ampuh untuk yang sedang mengalami jerawat batu.

Cara pembuatannya ialah sebagai berikut:

  1. Potonglah daun lidah buaya secukupnya, lalu kupas dan ambil bagian tengahnya saja
  2. Haluskan bagian tengah lidah buaya tersebut dengan cara ditumbuk hingga menyerupai gel
  3. Oleskan pada bagian wajah hingga menyeluruhi muka anda
  4. Diamkan hingga 10 menit sampai terlihat mengering
  5. Setelah mengering, maka bilas lah wajah anda dengan air bersih lalu keringkan dengan kain yang lembut
  6. Lakukanlah secara rutin dua hari sekali agar kulit wajah anda kembali segar

Cara ini memang sangatlah mudah aman dan tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Maka selain aman dan baik untuk kulit wajah, lidah buaya ini sangat cepat untuk mengobati wajah yang sedang mengalami jerawat batu.

 

Leave a Reply