30 Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

kumis kucing

Kumis kucing atau disebut dengan nama latin Orthosipon stamineus (dan dikenal dengan beberapa nama, seperti giri-giri merah, kidney tea palnts, java tea, mamang besar dan berbagai nama sesuai daerah masing-masing.

Meskipun dikenal dengan berbagai macam nama, kumis kucing biasanya diolah dengan cara yang sama secara tradisional, yaitu sebagai air rebusan daun kumis kucing yang menyehatkan dan sebagai obat herbal yang alami.

Keuntungan menggunakan obat herbal adalah selain harganya yang didapat lebih murah dan juga nyaris tidak ada efek samping yang ditimbulkan.

kumis kucing

Cara hidup sehat

Kandungan Senyawa Aktif Dalam Tanaman Kumis Kucing

Selain khasiatnya yang luar biasa, tanaman kumis kucing ini mengandung berbagai senyawa aktif yang sudah terbukti dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Kandungan senyawa aktif tersebut adalah:

  • Alkaloid
  • Flavonoid
  • Zat samak
  • Minyak atsiri
  • Saponin
  • Sapofonin
  • Sinensetin
  • Mioinositol, dan
  • Kalium

Senyawa tersebut dapat mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya:

  1. Mengobati Batu Ginjal (Kencing Batu)

batu ginjal

Obat Batu Ginjal Herbal Alami

Kebiasaan berlebihan mengkonsumsi makanan tinggi berpurin dan kurang minum air putih dapat terbentuknya endapan batu di organ ginjal. Batu tersebut dapat menghambat fungsi ginjal dan menimbulkan rasa sakit yang sangat luar biasa. Untuk dapat menghancurkan batu dan meluruhkannya bersama urin.

Gejala Batu Ginjal

  • Timbulnya rasa nyeri hebat yang hilang-timbul di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam.
  • Mual dan muntah
  • Perut menggelembung
  • Demam dan menggigil
  • Terjadi pendarahan di air kemih

Cara Mengobati Batu Ginjal:

sediakan 20 lembar daun kumis kucing dan 5 lembar daun keji beling, kemudian rebus dengan 2 gelas air. Diamkan dalam keadaan mendidih beberapa saat, dan biarkan sampai air rebusan tersebut mulai agak dingin. Minum ramuan tersebut dua kali sehari sampai rasa nyeri atau batu tersebut hilang

 

  1. Mengobati Masuk Angin

masuk angin

Halal LifeStyle

Jangan remehkan dengan yang namanya masuk angin, karena jika dibiarkan efeknya bisa sangat buruk bagi kesehatan. Gejala yang sering timbul biasanya seperti:

  • Perut kembung
  • Badan terasa mengigil
  • Mata merah ngantuk
  • Selera makan berkurang
  • Diare yang berkepanjangan

Jika anda sedang merasakan masuk angin, tidak ada salahnya mencoba kumis kucing sebagai penawarnya.

Cara Mengobati Masuk Angin

Siapkan beberapa lembar daun kumis kucing, rebus dengan segelas air dan biarkan hingga menyusut setengahnya. Minumlah air rebusan daun kucing tersebut sekali sehari.

 

  1. Menghilangkan Keputihan

menghilangkan keputihan

esencialnatura.com

Keputihan adalah masalah seputar organ kewanitaan yang sering terjadi. Biasanya keputihan disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur pada bagian kewanitaan, dan dapat bertambah fatal jika tidak segera diobati. Keputihan jika dibiarkan dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks. Untuk mengatasi keputihan, kita bisa memanfaatkan daun kumis kucing.

Cara Menghilangkan Keputihan

Siapkan daun kumis kucing, daun beluntas, 10 biji kemukus dan 1 sendok teh jintan hitam. Rebus semua bahan dalam 2 gelas air dan biarkan hingga menjadi satu gelas. Minum racikan tersebut sekali sehari.

 

  1. Mengatasi Penyakit Diabetes

mengatasi diabetes

Everyday Health


Penyakit diabetes ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut bisa disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis sehingga hormone insulin tidak mampu untuk menetralisir kelebihan gula yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu resistensi insulin dalam tubuh juga dapat menyebabkan seseorang menderita diabetes.

Gejala penyakit Diabetes

  • Sering buang air kecil yang banyak
  • Sering haus
  • Berat badan drastis menurun
  • Mudah lelah
  • Sering kesemutan
  • Kalau terluka, sulit sekali sembuh.

Cara Mengatasi Diabetes

Rebuslah daun kumis kucing kurang lebih 15 lembar dalam 2 gelas air. Didihkan hingga menjadi satu gelas, dan minum rebusan air daun kucing tersebut sekali sehari.

 

  1. Mengatasi Edema atau Pembengkakan

mengatasi edema

Gejala Pantangan dan Penyebab


Jika terjadi peradangan atau infeksi, pada umumnya disertai dengan pembengkakan. Pembengkakan atau edema tersebut terjadi disertai rasa sakit dan nyeri yang dapat membuat kita menjadi terganggu. Dan untuk membantu menghilangkan nyeri dan mengecilkan pembengkakan tersebut kita bisa menggunakan daun kumis kucing.

Cara Mengatasi Edema

Sediakan beberapa lembar daun kumis kucing dan daun meniran, rebus hingga mendidih, minumlah air rebusan tersebut sekali sehari hingga bengkak menghilang.

 

  1. Mengobati Hipertensi

mengobati hipertensi

QnC Jelly Gamat


Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya diakibatkan makanan dan beban pikiran yang terlalu berat. Penyempitan pembuluh darah juga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Untuk menormalkan tekanan darah, kita bisa menggunakan duan kumis kucing sebagai obatnya.

Cara Mengobati Hipertensi

Rebuslah beberapa lembar daun kumis kucing dalam dua gelas air. Biarkan hingga air rebusan daun kumis kucing menyusut menjadi satu gelas dan minumlah ramuan tersebut sekali sehari hingga tekanan darah menjadi menurun.

 

  1. Mengatasi Sembelit (sulit BAB)

susah bab

Susah Bab


Sembelit disebabkan tinja mengeras sehingga kesulitan untuk buang air besar. Sembelit terjadi karena adanya gangguan pencernaan, yang disebabkan kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh dan serat dari sayur-sayuran dan buah. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama sembelit dapat mengakibatkan masalah lainnya pada organ pencernaan. Untuk mengatasinya dapat menggunakan dengan daun kumis kucing.

Cara Mengatasi Sembelit

Rebus lah beberapa lembar daun kumis kucing dengan segelas air. Setelah mendidih dan ditiriskan, minumlah air rebusan tersebut satu kali sehari.

 

  1. Melancarkan Pengeluaran Air Kemih

melancarkan pengeluaran air kemih

anggieningtyas.wordpress.com


Terkadang kita merasakan sakit saat berkemih atau buang air kecil dan air yang keluar seperti tersendat-sendat. Mungkin hal tersebut disebabkan kurangnya minum air putih atau terjadinya infeksi pada saluran kemih sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.  Tentu saja ini harus segera diatasi agar tidak bertambah parah.

Cara Melancarkan Buang Air Kecil

Sediakan daun kumis kucing sebanyak 25 gram, rebus lah dalam 2 gelas air. Kemudian masak selama 15 menit dan minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari sebanyak ½ gelas sekali minum.

 

  1. Mengobati Asam Urat

mengobati asam urat

Nitips.com

Anda menderita penyakit asam urat atau nyeri sendi? Penyakit asam urat sendiri disebabkan oleh berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, maka ginjal kita tidak akan mampu mengeluarkan zat asam tersebut, sehingga kristal asam urat menumpuk pada persendian. Hal ini membuat sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang. Penderita asam urat akan kesulitan berjalan dan dapat mengakibatkan kelumpuhan sementara.

Gejala Asam Urat

Timbulnya rasa sakit atau nyeri pada bagian persendian, sendi terasa ngilu, kemerahan pada bagian sendi

Cara Mengobati Asam Urat

Sediakan 4 sampai 5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran yang masih segar, rebuslah dalam 1 gelas air putih hingga menyusut setengahnya. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari.

 

  1. Mengobati Rasa Gatal Akibat Alergi

mengobati alergi

mymedicalportal.net


Alergi dapat terjadi disebabkan organ tubuh yang sensitif pada beberapa alergen seperti makanan, bulu hewan, debu, serbuk bunga dan lain sebagainya. Alergi ditandai dengan gatal-gatal pada kulit dan hidung terasa gatal sehingga terjadi bersin berkali-kali. Alergi bisa diatasi salah satunya dengan menggunkan daun kumis kucing.

Cara Mengobati Alergi

Rebuslah beberapa lembar daun kumis kucing, daun sambiloto dan daun meniran serta 2 jari temulawak dalam 4 gelas air bersih. Didihkan sampai menyusut menjadi 2 gelas. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari dengan takaran 1 gelas sekali minum.

 

  1. Mengobati Penyakit Sipilis

    mengobati sipilis

    Obat Sipilis Dan Gonore

    Daun kumis kucing juga dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit sipilis yang merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri spirochaeta pallida atau treponema pallidum. Penyakit ini bisa menular melalui hubungan seksual, baik vaginal, rektum, anal, ataupun oral.

    Beberapa gejala penyakit sipilis, diantaranya adalah:

  • Pembengkakan pada getah bening
  • Benjolan seperti kutil di daerah sekitar ketiak dan anus
  • Munculnya sakit / chancre (kadang muncul beberapa luka)
  • Bintil-bintil merah pada telapak tangan dan telapak kaki
  • Munculnya gejala flu seperti demam, nyeri otot, sakit tenggorokan, kelelahan,pusing dan meriang
  • Mati rasa meliputi kesulitan menggerakkan otot, lumpuh, bahkan kebutaan

Cara Mengobati Sipilis

Rebus lah beberapa lembar daun kumis kucing dan tambahkan dua gelas air besih hingga air tersebut menyusut separuhnya. Minum ramuan tersebut selagi hangat. Dan lakukan lah secara rutin agar dapat menyembuhkan penyakit sipilis sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh

 

  1. Mengobati Sakit Pinggang

mengobati sakit pinggang

jianxin.greenworldnutritions.com


Sakit pinggang biasanya lebih sering diderita oleh orang yang sudah menginjak usia lanjut. Dikarenakan faktor kekurangan mineral tulang hingga aktivitas berat dapat menjadi salah satu penyebabnya. Untuk membantu mengatasi rasa sakit tersebut, manfaatkanlah daun kumis kucing.

Cara Mengobati Sakit Pinggang

Sediakan lah daun kumis kucing, kemudian rebuslah daun kumis kucing sebanyak 7 lembar dan akar dari 2 tanaman kumis kucing. Didihkan dalam 2 gelas air bersih dan biarkan hingga menyusut menjadi 1 gelas. Minumlah air tersebut selagi hangat 2 kali sehari.

 

  1. Khasiat Daun Kumis Kucing untuk Albuminuria

    mengobati albuminuria

    National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases – NIH

    Penyakit ini sepertinya masih terdengar asing bagi masyarakat kita, penyakit ini adalah jenis penyakit yang ditandai dengan ditemukannya albumin di dalam urine. Semua jenis penyakit yang ditandai kerusakan saringan ginjal seperti nefritis, sindrom nefrotik, hipertensi, dan gagal jantung dapat mengakibatkan albuminuria. Termasuk melakukan kegiatan olah raga berat yang terlalu sering, infeksi saluran kemih dan bila mana demam tinggi dapat juga mengakibatkan penyakit seperti ini.

Cara Mengobatinya

Minum lah air rebusan daun kumis kucing secara rutin setiap hari. Daun kumis kucing membantu untuk mengobati penyakit ini dari akarnya.

 

  1. Mengobati Batuk

mengobati batuk

batukflu.com

Batuk dapat melanda siapa saja dan penyakit ini datang tidak mengenal waktu. Ada banyak faktor yang mengakibatkan batuk seperti debu, udara dingin, radang tenggorokan, dan adanya penyakit di sekitar saluran pernapasan. Pada umumnya batuk terdapat 2 jenis, yaitu batuk kering dan batuk berdahak.

Cara Mengatasi batuk

Untuk mengatasinya, rebuslah daun kumis kucing sebanyak 15-20 lembar dalam segelas air bersih. Minumlah ramuan tersebut sehari 3 kali dalam takaran 1 gelas.

Selain khasiat untuk jenis penyakit di atas, masih banyak lagi khasiat lainnya dari tanaman kumis kucing, diantaranya:

  1. Menurunkan panas akibat demam
  2. Mengurangi gejala asma
  3. Mengatasi penyakit sipilis
  4. Mengobati penyakit albuminaria
  5. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
  6. Membantu meredakan nyeri otot
  7. Memperlancar menstruasi pada wanita
  8. Gangguan pencernaan pencernaan
  9. Membantu mengurangi nyeri sendi
  10. Melancarkan buang air kecil
  11. Mengontrol kadar gula darah
  12. Mengatasi radang ginjal
  13. Mengobati reumatik dan nyeri persendian
  14. Mengatasi gusi bengkak
  15. Menetralisir detoksifikasi hati
  16. Menurunkan berat badan

 

Leave a Reply