10+ Cara Mudah Belajar Kunci Gitar Dasar Untuk Pemula

Berbicara mengenai alat musik gitar, tentunya sudah sangat populer bagi kalangan anak muda jaman sekarang. Alat musik ini dapat menghasilkan berbagai musik populer yang tentunya sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita dengan kunci gitar yang bervariatif.

Hampir semua genre musik kerap kali menggunakan alat musik ini untuk menambahkan keindahannya, mulai dari musik pop, dangdut, rock, jazz, indie, metal, dan yang lainnya tidak pernah lepas dari pengaruh gitar.

Selain daripada itu, gitar juga dapat memberi kesan keren bagi orang yang memegangnya (tentu saja memainkannya). Lihat musisi yang sedang memegang gitar pada saat berada di sebuah panggung konser, ia akan terlihat lebih keren dengan memainkan alat musik ini. Tidak hanya para musisi, namun orang biasa yang dapat memainkan alat musik ini juga akan terlihat keren. Terlebih ketika sedang nongkrong bersama teman, kita dapat menghangatkan suasana dengan bernyanyi dan diiringi suara musik dari gitar.

Apakah kamu ingin belajar gitar? Kamu juga bisa belajar sendiri menggunakan alat musik ini. Kamu tidak perlu les atau kursus untuk bisa memainkannya. Untuk kamu yang ingin belajar, kami akan memberikan beberapa paparan terkait cara bermain gitar, khususnya untuk pemula.

 

Kunci Dasar Gitar untuk Pemula

Pada umumnya gitar memiliki 6 senar, dimulai dari senar paling bawah yang paling kecil, hingga paling atas yang paling besar. 2 macam jenis gitar yang paling sering digunakan, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Pada dasarnya dari kedua jenis gitar tersebut mempunyai nada yang mirip pada setiap senarnya. Namun, yang membedakan keduanya adalah pada tuning senar gitarnya. Berikut senar gitar yang menghasilkan nada

  • Senar 1 (paling bawah) menghasilkan nada E’ ↠ 1 : E’
  • Senar 2 (atasnya senar 1) menghasilkan nada B ↠ 2 : B
  • Senar 3 (atasnya senar 2) menghasilkan nada G ↠ 3 : G
  • Senar 4 (atasnya senar 3) menghasilkan nada D ↠ 4 : D
  • Senar 5 (atasnya senar 4) menghasilkan nada A ↠ 5 : A
  • Senar 6 (paling atas) menghasilkan nada E ↠ 6 : E

Kunci dasar gitar terbagi menjadi 2, yakni kunci dasar mayor dan kunci dasar gitar minor. Kunci utama pada gitar yang paling sering digunakan adalah C mayor, G mayor, A mayor, E mayor, dan D mayor. Setiap kunci memiliki penempatan jari pada senar yang berbeda. Agar lebih mempermudahkan, kamu dapat melihat tutorial gambar dibawah ini.



Kunci Gitar Dasar C

Pada gambar diatas adalah Kunci dasar gitar C, pastinya kamu bisa mempraktikannya secara otodidak di rumah. Adapun cara memposisikan atau menempatkan posisi jari, anda bisa lihat gambar dibawah ini.

 

Kunci Gitar Dasar D

Pada Gambar diatas adalah kunci gitar D, kamu mampu untuk mempraktikannya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

 

Kunci Gitar Dasar E


Kunci gitar E seperti pada gambar diatas, kamu pasti mampu untuk mempraktikannya dengan otodidak di rumah, Berikut cara memposisikan atau menempatkan atau posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

 

Kunci Gitar Dasar F

Pada Gambar diatas adalah kunci gitar F, kamu mampu untuk mempraktikannya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

 

Kunci Dasar G

Pada Gambar diatas adalah kunci gitar G, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Kunci Gitar Dasar A

Pada Gambar diatas adalah kunci gitar A, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

 

Kunci Gitar Dasar D MINOR

Pada Gambar diatas adalah kunci gitar D Minor, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Kunci Gitar Dasar E MINOR

Pada Gambar diatas adalah kunci gitar E Minor, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Kunci Gitar Dasar A MINOR

Pada Gambar diatas adalah kunci gitar A Minor, kamu mampu untuk mempraktikannnya dengan otodidak di rumah, Adapun untuk bagaimana cara menempatkan atau memposisikan posisi jari bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Masing masing senar mempunyai nada nada yang tidak sama, tergantung fret mana yang hendak kamu tekan. Adapun fret itu bisa dikatakan ialah kolom kolom yang ada di gitar dan terpisahkan dengan besi pada lengan gitar.

Agar lebih jelas lagi mengenai cara mengetahui posisi jari saat menekan senar, kamu dapat melihat video di bawah ini.

Yang paling penting dari semua ini ialah manakala kamu kepingin cepat menguasai cara bermain gitar, berarti kamu wajib latihan dengan tekun dan bersungguh-sungguh. Dikarenakan latihan adalah hal yang bisa kamu lakukan pada saat ada waktu luang.

Setelah kamu tahu mengenai kunci dasar gitar, saatnya juga kamu harus tahu bagaimana cara menyetem kunci gitar. Bagaimanakah caranya ? ikuti penjelasan-penjelasan di bawah ini :



Cara Belajar Menyetem Chord Gitar

Menyetem kunci gitar merupakan hal yang bisa dan pastinya kita mampu melakukannya dengan beberapa cara yakni cara menyetem gitar dengan tuning standar dan menyetem gitar dengan menggunakan tuner (efek gitar ataupun aplikasi dari Android) dan yang paling akhir ialah menyesuaikan dengan berbagai instrumen yang lain dan pula dapat memakai teknik harmonik

Semua cara menyetem gitar di atas kamu dapat memakai instrumen gitar elektrik, gitar akustik, atau juga kamu  dapat memakai pada instrumen yang lain misalnya ukulele kentrung ataupun gitar bass.

 

Cara menyetem gitar manual

Sebenarnya cara ini sangatlah mudah jika kita melakukannya, Namun pada saat mempraktekkannya seringkali menimbulkan para pemula kebingungan. Mengapa dapat demikian ?

Sebab kita harus melakukan pelatihan dengan menggunakan pendengar kita serta kepekaan terkait nada-nadanya

  1. pada fret ke-5, Tekanlah senar 6 , lantas tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan.
  2. pada fret ke-5, Tekanlah senar 5 , lalu tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan.
  3. pada fret ke-5, Tekanlah senar 4  selanjutnya tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan.
  4. pada fret ke-4, Tekanlah senar 3 , lantas tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan.
  5. pada fret ke-5, Tekanlah senar 2 , kemudian tanpa menekan fret manapun kamu sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan.

Bagaimana ? sangat mudahkan menyetem gitar dengan cara manual. Kamu hanya ikuti saja tahapan-tahapan diatas, namun begitu hal yang paling penting ialah telinga kamu harus senantiasa mendengarkan nada yang keluar dengan amat cermat.



Cara menyetem gitar dengan tuning standar

Mengapa kita harus menggunakan tuning standar? sebab tuning sesungguhnya banyak sekali dipakai oleh para gitaris dan biasanya lagu-lagu yang terdapat di pasaran menggunakan setelan standar seperti ini

Bagaimanakah caranya menyetem agar kita lebih standar tanpa menggunakan alat bantu semacam Tunner? Tahapan menyetem gitar yang sangat mudah ialah dengan secara langsung lewat lagu yang sudah kita dengar

Dalam perihal semacam ini, temukan kemudian dengarkan lagu yang intro atau di permulaannya diawali dengan kunci gitar E.

Sebab dengan kunci gitar itu kita bisa mengerti nada E Meskipun tidak dipetik atau nada Open string
Band yang biasanya menggunakan kunci gitar E sebagai intro atau permulaan lagunya ialah Peterpan, salah satu lagunya yang judul Mimpi Yang Sempurna, Tak Bisakah, dan juga Bintang di Surga

Coba kamu amati beberapa lagu itu kemudian simak juga chord-nya yang pertama setelah mendengarkannya secara bersamaan sesuaikan nadanya dengan senar 6 pada gitar kamu.

Jika sudah sesuai, maka tahapan selanjutnya ialah dapat menggunakan cara seperti yang sudah dijelaskan dalam cara menyetem gitar manual di atas.



Cara menyetem gitar dengan instrumen lain

Menyesuaikan dengan instrumen lain ini pada umumnya dapat dilakukan pada saat kita mulai memasuki ke dalam Studio musik.

Terkadang setelan nada gitar kita terdapat perbedaan dengan instrumen yang lain, lantas bagaimana caranya supaya nadanya terdengar sinkron.

 

Kamu dapat menyesuaikan nada gitar kamu dengan suara instrumen yang lainnya contohnya ialah dengan keyboard.

Tidak hanya gitar saja saat kamu bermain gitar bass juga dapat menggunakan Teknik seperti ini saat kamu sedang latihan bersama-sama dengan grup band kamu

Demikianlah diantara cara dalam menyetem kunci gitar kamu dapat latihan dengan cara otodidak dengan mengikuti tahapan-tahapan yang telah kami paparkan diatas.

Sesudah kamu mengetahui dan Mengerti kunci dasar gitar dan bagaimana cara menyetem gitar maka Berikut ini adalah sejumlah tips supaya kamu lebih gampang lagi belajar bermain gitar berikut ini adalah tipsnya.



Tips dan Cara Belajar Gitar untuk Pemula

Dengan bermain gitar, tentunya kamu akan melibatkan perasaan dan jiwa seseorang. Maka dari itulah bilamana kamu ingin belajar gitar dengan mudah serta cepat kamu mesti dapat menjiwai panther senar yang kamu petik dengan diri kamu sendiri, oleh karena itu tentunya akan memudahkan kamu agar lebih paham lagi.

  • Pilihlah instruksi dari internet maupun buku

    Internet adalah sumbernya ilmu. Segala hal yang kamu perlukan pastinya akan ada di internet khususnya di Mbah Google. Kamu dapat menggunakannya untuk belajar gitar secara otodidak Sama halnya pada artikel ini kita juga mencoba membahas mengenai bagaimana cara belajar gitar yang mudah untuk pemula.

    Disamping itu supaya kamu tetap konsisten belajar serta latihan coba kamu susun agenda harian di samping itu kamu dapat bikin suatu target yang khusus hal tersebut dipraktekan dijalankan, supaya kamu bisa menguasai cara bermain gitar dengan waktu yang singkat.

    Segalanya tergantung pada niat serta semangat yang kamu punya, setidaknya dalam waktu 1 bulan kamu tentu harus mampu membawakan suatu lagu agar bisa dimainkan.

  • Cari musisi yang profesional

    Seusai kamu memiliki kemampuan mengasah chord gitar dasar, tambahkan lagi kemampuan yang kamu punya diantara cara yang bisa menambah kalian itu ialah dengan membiasakan menonton musisi favoritmu yang lagi pentas.
    Dengan begitu akan muncul motivasi sendiri agar senantiasa berlatih supaya kamu dapat seperti dia demikian Salah satu cara Bagaimana kamu bisa Mahir dalam bermain gitar dengan cepat.

  • Pelajari bagian-bagian pada gitar

  • Dalam perihal seperti ini tentunya juga salah satu hal yang sangat utama kamu wajib melatih dan mempelajari komponen-komponen yang ada pada gitar.

         Hal ini kedepannya akan meningkatkan wawasan kamu mengenai bagaimana menghasilkan suatu nada yang enak untuk didengar.

 

  • Latihan secara rutin

    Hanya teori saja belumlah memadai jika kamu ingin Mahir dalam bermain gitar Oleh sebab itu kamu pula mesti berlatih dengan teratur dan rutin setiap hari supaya tangan-tangan kamu menjadi terbiasa ketika menekan senar berdasarkan chord gitar dasar

    Yang awalnya belum terbiasa disaat kamu senantiasa latihan secara berulang-ulang tentunya kamu akan terbiasa dan pada akhirnya akan lebih ahli.

    Kamu dapat memanfaatkan waktu senggang buat latihan belajar gitar Jika mendapati kesusahan belajar otodidak kamu dapat meminta teman atau keluargamu yang sudah ahli dalam bermain gitar untuk mendampingi.

  • Melatih memori otot tangan

    Saat kamu telah dapat membiasakan jari kamu dengan chord dasar gitar maka latihan berikutnya ialah berlatih memainkan gitar dengan tidak melihat senar gitar sama sekali.

    Bagaimana caranya ?ya seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya kamu tentunya harus membiasakan latihan supaya tangan kamu selalu terbiasa dengan letak senar dan fretnya.

    Cobalah untuk berkonsentrasi pada sebuah lagu Hingga pada ujungnya kamu dapat memainkan lagu itu tanpa melihat senarnya. Belajar terus dan terus.

  • Kelola kepalan pada ujung jari kamu

    Lantas bagaimana jika tangan saya berukuran kecil? Begitu kecil sehingga tidak dapat memainkan gitar dengan penuh.

    Kamu tinggal membuang istilah tidak bisa tersebut dalam cara belajar bermain gitar. Gantilah menjadi saya pasti bisa nantinya mudah-mudahan kamu akan mampu dan biasa dalam memegang gitar dengan sempurna

    Bangun kekuatan fret tangan kamu

    Kamu boleh melatih kekuatan fret tangan kamu dengan meremas-remas suatu objek yang serupa misalnya bola paling tidak 5 menit lah. Hal tersebut ada maksudnya supaya tangan kamu tidak menjadi kaku ketika bermain gitar.

    Apabila tidak ada objek misalnya pula kamu pula dapat memakai squishy atau spons agar melatih kekuatan free tangan kamu.

  • Awalilah dengan memainkan Suatu lagu

    Sudah melewati langkah-langkah yang begitu panjang tentunya kamu sekarang telah mulai terbiasa dalam memainkan gitar bukan ? Nah waktunya sekarang ialah kamu berlatih untuk memainkan sebuah lagu sesuai favorit kamu.

    Simpelnya ialah kamu belum mampu menguasai sebuah lagu kamu tidak janganlah janganlah terlebih dahulu aku yang lain fokus saja dengan satu lagu Nanti kalau sudah telah ahli cara belajar bermain gitar bisa udah pindah yang lain.

    Demikianlah tutorial singkat mengenai bagaimana cara belajar gitar yang mudah khusus untuk kamu yang masih newbie. Mudah-mudahan bisa menambah wawasan kamu ?

Leave a Reply