Logo NU Lengkap dan Asli Beserta dengan Maknanya

Nahdlatul Ulama atau disingkat menjadi NU merupakan sebuah organisasi islam paling besar yang ada di negara Republik Indonesia. Organisasi yang berdiri pada tahun 1926 tepatnya tanggal 31 Januari ini bergerak di banyak bidang aspek kehidupan. Diantaranya bidang keagamaan, bidang pendidikan, bahkan juga bergerak di bidang sosial maupun ekonomi. Sama seperti organisasi-organisasi masyarakat lainnya yang berdiri di Indonesia, organisasi NU ini juga berkembang dan lahir di masa penjajahan yang mana kegiatan melembagakan wawasan tradisi keagamaan juga didasari dengan adanya perlawanan terhadap penjajah.

Tak jauh berbeda dengan sederet organisasi keagamaan lainnya yang berdiri di Indonesia, sebagai pelopor organisasi islam terbesar, Nahdlatul Ulama juga memiliki simbol dan lambang yang menjadi ciri khasnya. Selain itu simbol NU juga menggambarkan asas dasar, tujuan serta cita-citanya sebagai organisasi keagamaan dan kemasyarakatan di segala aspek kehidupan manusia. Perlu Anda ketahui pula bahwasannya keberadaan logo NU ini juga dapat menjadi pembeda antara organisasi-organisasi lain yang bergulat di bidang yang serupa.

Bagi yang belum mengetahui lambang Nahdlatul Ulama, bentuk fisik simbol ini terdiri dari sebuah bumi yang dikelilingi oleh untaian tampar yang jumlahnya 99 buah. Lalu diatas gambar bumi terdapat lima buah bintang yang mana satu bintang yang berada di tengah berukuran paling besar. Selain itu terdapat pula empat buah bintang yang posisinya berada di bawah gambar bumi. Untuk menunjukkan organisasi ini ke khalayak ramai, simbol NU ini juga dilengkapi dengan tulisan arab melintang di tengah bumi yang bertuliskan Nahdlatul Ulama serta dilengkapi pula tulisan latin NU dibagian bawah bumi.

Seluruh gambar yang terdapat pada simbol Nahdlatul Ulama tersebut memiliki arti dan makna yang syarat kemuliaan. Namun sebelum mengulas makna Nahdlatul Ulama secara lebih mendalam lagi, ketahui terlebih dahulu sejarah lambang NU dan asal muasal terbentuknya lambang ini seperti di bawah ini.

Sejarah Adanya Logo NU

Logo Nahdlatul Ulama pertama kali diciptakan oleh seorang kiai bernama KH. Ridlwan Abdullah. Beliau merupakan seorang kyai yang memiliki kepribadian lembut dan alim, namun siapa sangka dibalik kepribadiannya yang terpuji tersebut beliau memiliki sebuah kemampuan dan kelebihan di bidang seni melukis. Meskipun beliau sudah lihai betul dalam menggambar dan melukis, namun untuk perkara ini KH. Ridlwan Abdullah merasa kesulitan untuk mengerjakannya.

Pasalnya ia hanya diberikan waktu setengah bulan saja untuk menyelesaikan tugasnya tersebut dengan baik. Akhirnya dengan waktu yang singkat tersebut beliau belum mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik sebab beliau tak mendapatkan inspirasi yang sesuai dengan keyakinan hatinya.

Hingga pada akhirnya beliau merenung dan diikuti dengan sholat istikharah, sehingga terciptalah logo NU seperti sekarang ini. Oleh karenanya tak heran jika banyak anggota organisasi Nahdlatul Ulama selalu menjunjung tinggi simbol ini tatkala melakukan perjalanan keagamaan. Pasalnya sebelum tercetus logo seperti sekarang ini, ada perenungan dan perjuangan panjang seorang KH. Ridlwan Abdullah dalam mencari sebuah inspirasi.

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, bahwa simbol Nahdlatul Ulama ini sarat akan makna dan arti yang mendalam pada setiap gambar yang tersaji. Meskipun sudah menjadi organisasi keagamaan terbesar di Indonesia, namun masih banyak beberapa kalangan yang belum tahu menahu akan makna lambang NU yang tersaji pada logonya. Maka dari itu pada kesempatan ini kami hendak berbagi informasi seputar arti lambang Nahdlatul Ulama seperti dibawah ini.

Makna Simbol-simbol dalam Logo Nahdlatul Ulama

  1. Gambar Bola Dunia

Adanya gambar bumi di tengah-tengah logo NU memang menyiratkan makna dan arti tersendiri untuk di kehidupan manusia terutama bagi mereka yang beragama muslim. Pasalnya bola dunia atau bumi ini melambangkan tempat manusia hidup, berjuang serta beramal. Tak lupa gambar ini juga senantiasa mengingat bahwasannya asal kejadian manusia bermula dari tanah dan akan kembali ke tanah.

  1. Terdapat Peta Negara Indonesia di dalam Peta Dunia

Keberadaan peta Negara Indonesia ini bermakna bahwasannya organisasi Nahdlatul Ulama berdiri di tanah Indonesia serta berjuang mencapai kejayaan di Negara Indonesia pula.

  1. Gambar Tali Simpul

Gambar tali simpul berjumlah 99 tersebut melambangkan persatuan yang kokoh serta Asmaul Husna. Sedangkan dua ikatan di bawahnya mengisyaratkan hubungan yang erat antara manusia dengan Tuhan serta hubungan manusia antar sesamanya.

  1. Gambar Bintang Paling Besar

Terdapat 9 buah bintang di lambang Nahdlatul Ulama yang memiliki arti wali songo sebagai tokoh penyebar Islam di Indonesia. Satu bintang besar dibagian atas bumi melambangkan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW sedangkan empat bintang lainnya melambangkan kepemimpinan Khulafaur Rasyidin. Nah untuk empat bintang dibagian bawah bumi juga memiliki arti yang melambangkan empat madzhab.

  1. Tulisan ‘Nahdlatul Ulama’

Tulisan Nahdlatul Ulama yang melintang di tengah gambar merupakan nama organisasi yang memiliki arti ‘Kebangkitan Ulama’

  1. Warna Dasar Hijau dan Putih

Tak hanya gambar-gambar yang tersaji dalam logo NU saja, namun warna putih dan hijau yang dipilih juga syarat akan arti dan makna yang mendalam. Warna hijau yang tersaji melambangkan kesuburan tanah air Indonesia, sedangkan warna putih yang tersaji pada tulisan ‘Nahdlatul Ulama’ melambnagkan kesucian niat dalam perjuangan.

Di era dewasa ini rasanya tak sulit untuk menemukan lambang NU di berbagai website dan media sosial. Namun tahukah sebelum seperti sekarang ini, dulunya NU sempat mengalami perubahan atas lambang yang menjadi identitas organisasinya. Logo Nahdlatul Ulama lama hanya terdiri dari gambar bola dunia yang dilingkari dengan tali simpul berjumlah 9 dan 5 bintang yang mengitari seputar garis khatulistiwa di bagian atas.

Ada pula 4 tambahan bintang yang berada di bawah garis khatulistiwa dengan tulisan Nahdlatul Ulama yang melintang dari sebelah kanan. Semua gambar tersebut terlukis dengan warna putih dan berdasar di alas berwarna hijau. Hingga pada akhirnya lambang NU Lawas tersebut diubah atas hasil perenungan dan sholat istikharah menjadi seperti sekarang yang banyak dijumpai. Tak ada perbedaan yang cukup berarti, hanya saja untuk logo NU terbaru bumi dilingkari oleh 99 tali yang bermakna Asmaul Husna.

Selain NU ada organisasi-organisasi lain yang juga bergerak dibidang yang serupa diantaranya adalah Majelis Nurul Musthofa, IPPNU, serta YPMNU, Ketiga organisasi keagamaan dan kemasyarakatan ini juga memiliki lambang yang berbeda-beda untuk menunjukkan identitas organisasinya ke khalayak ramai. Lalu bagaimana sajakah lambang dari ketiga organisasi keagamaan dan kemasyarakatan tersebut? Berikut adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda simak dengan seksama:

Logo Majelis Nurul Musthofa

Lambang Nurul Musthofa ini identik dengan huruf qaf serta angka 135. Meski simpel dan sederhana ternyata huruf qaf tersebut memiliki lima makna yang berbeda. Diantaranya adalah berasal dari kata Qurbah yang berarti kedekatan, Qawl yang bermakna ucapan, Qur’an yang melambangkan Al-Quran , Quwaam yang memiliki makna lurus dan yang terakhir Qudrah yang bermakna kekuasaan. Lalu angka 135 tersebut melambangkan ayat-ayat Al-Quran yang berjumlah 8 diantaranya adalah Al-Baqarah, Al-Imron, An-Nissa, Al-An’am, AL-A’raf, Ta Ha, Asy-Syura serta As-Safaat.

Logo IPPNU

Lambang IPPNU ini berbentuk bulat atau lingkaran dengan warna dasar hijau dan dilingkali oleh tepi yang berwarna kuning serta diapit oleh garis lingkaran berwarna putih. Nah pada bagian atas logo IPPNU ini terdapat huruf IPNU dengan titik diantaranya dan diapit pula oleh tiga garis lurus spandek berwarna putih yang mana satu dibagian tengahnya lebih panjang.

Sama layaknya lambang Nahdlatul Ulama yang memiliki 9 bintang, logo IPPNU ini juga dilengkapi dengan bintang yang berjumlah 9 yang mana satu diantaranya berukuran paling besar. Sedangkan lima bintang terletak sejajar dan bintang lainnya mengapit membentuk sudut segitiga. Semua warna bintang tersebut didominasi warna kuning. Belum berakhir sampai disitu sebab terdapat dua buah kitab serta bulu angsa betrilangan yang berwarna putih diantara bintang tersebut.

Logo YPMNU

YPMNU merupakan Yayasan Pendidikan Muslimat NU Bina Bakti Wanita yang tentunya sangat didominasi oleh para wanita. Sama layaknya organisasi-organisasi lainnya yang bergerak dibawah naungan Nahdlatul Ulama, organisasi ini memiliki lambang yang menjadi identitas organisasinya. Sebenarnya logo YPMNU ini tak jauh berbeda dengan logo-logo organisasi tersebut diatas, hanya saja yang membedakan adalah desain serta nama organisasi yang dicantumkannya.

Nah untuk lambang YPMNU sendiri berbentuk persegi dengan ujung bawahnya menyatu membentuk sebuah sudut yang diapit oleh garis putih. Pada bagian atas logo ini terdapat tulisan YPMNU yang ditulis dengan warna putih. Kemudian dibagian tengahnya terdapat bola dunia lengkap dengan peta Indonesia di dalamnya dengan warna hitam putih.

Tak jauh berbeda dengan lambang NU, simbol YPMNU ini juga dililit oleh untaian tali yang menyimpul dibagian bawahnya dengan 9 bintang yang mengelilinginya. Tiga bintang tampil sejajar dibagian kanan dan kiri garis khatulistiwa, sedangkan dua bintang berukuran kecil berada tepat di bawah garis simpul. Terdapat pula bintang yang berukuran lebih besar yang terletak diatas bola dunia. Nah untuk bagian ujung bawahnya yang membentuk sudut terdapat tulisan ‘BINA BAKTI WANITA’ yang terlukis dengan dasar putih.

Logo NU kerap menghiasi acara-acara keagamaan yang sering diadakan oleh beberapa komunitas, seperti misalnya Tabligh Akbar, pengajian rutin serta berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan digital printing. Pada umumnya lambang NU memang memiliki format JPG atau PNG yang mana format tersebut dapat digunakan dalam proses desain menggunakan photoshop ataupun dimasukkan kedalam surat, dokumen, proposal serta berkas lainnya yang serupa.

Namun bagi Anda yang membutuhkan logo NU ini untuk kepentingan dan keperluan lainnya alangkah lebih baiknya jikalau menerapkan format vektor saja. Pasalnya format ini terbilang lebih mudah dan memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan format-format gambar lainnya. Format vektor ini misalnya Logo NU CDR (CorelDraw) yang nantinya gambar bisa tersimpan dalam berbagai format gambar lainnya sehingga dapat memudahkan Anda.

Bagaimana apakah Anda sudah mampu memahami serta mengerti lambang Nahdlatul Ulama yang kerap dijumpai pada acara-acara keagamaan tertentu? Sebelum menjadi sebuah simbol identitas NU yang dibanggakan terdapat perjuangan panjang dan keras untuk menciptakan simbol kebanggan majelis keagamaan terbesar di Indonesia tersebut. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Leave a Comment