Sejarah Singkat Terjadinya Perang Dunia I Versi Lengkap

Sejarah Singkat Terjadinya Perang Dunia I Versi Lengkap

Perang Dunia I atau Perang Dunia Pertama, disingkat PD I, dan dalam istilah-istilah bahasa Inggris lainnya seperti : “Great War“, “War of the Nations“, dan “War to End All Wars” (Perang untuk Mengakhiri Semua Perang) adalah sebuah konflik dunia, perang global yang terpusat di Eropa.

Perang tersebut berlangsung dari 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918, berawal dari Semenanjung Balkan yang merupakan sebuah perang paling besar dan paling meluluhlantakkan dalam sejarah umat manusia. Pertempuran yang melibatkan 25 negara ini terbagi menjadi dua kekuatan, yakni kekuatan sentral dan kekuatan sekutu.

Perang tersebut tidak hanya mengikutsertakan pasukan terlatih, akan tetapi warga sipil juga ikut serta di dalamnya, tidak mengherankan perang ini memperoleh predikat sebagai “Total War”. Pada pembahasan kali akan mengulas latar belakang perang dunia 1, penyebab perang, jalannya perang, dan dampak dari perang tersebut.

 

Sejarah Singkat Perang Dunia I

sejarah perang dunia 1

Perang Besar ini mengikutsertakan semua kekuatan besar yang ada di dunia, yang terbagi menjadi dua aliansi berlawanan, yaitu Sekutu (berdasarkan Entente Tiga yang terdiri dari Perancis, Inggris, dan Rusia) dan Kekuatan Sentral (berpusat pada Aliansi Tiga negara yang terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia.

Namun, ketika Austria-Hongaria melakukan serangan sementara persekutuan ini bersifat defensif, Italia tidak ikut berperang). Kedua Aliansi ini melakukan reorganisasi (Italia berada di pihak Sekutu) dan memperluas diri ketika banyak negara yang terlibat dalam perang.

Lebih dari 70 juta pasukan tentara, termasuk 60 juta orang Eropa, dimobilisasi dalam salah satu perang terbesar dalam sejarah ini. Lebih dari 9 juta prajurit militer gugur, terutama akibat kemajuan teknologi yang meningkatkan tingkat mematikannya suatu senjata tanpa mempertimbangkan perbaikan perlindungan atau mobilitas.

 

Penyebab Perang Dunia 1

penyebab perang dunia 1

Perang dunia 1 dipicu oleh beberapa sebab, salah satu yang menjadi faktor dasar adalah  pembentukan Aliansi negara-negara Eropa. Konflik antara negara-negara Eropa memaksa mereka untuk membuat suatu sistem aliansi diantara mereka.

Penyusunan Aliansi ini diprakarsai oleh seorang negarawan Jerman Otto von Bismarck yang mempelopori membentuk aliansi pada tahun 1870. Pada tahun 1914, Eropa mempunyai dua aliansi, yakni aliansi sentral dan aliansi sekutu.

 

Sebab Umum Terjadinya Perang Dunia 1

Pertentangan Antara Negara Di Eropa

sebab umum perang dunia 1

  1. Pertentangan Inggris-Perancis karena keinginan Perancis membalas kekalahannya dalam perang di tahun 1871.
  2. Rivalitas Jerman dan Inggris memperebutkan daerah jajahan, armada laut, dan tempat pemasaran industri.
  3. Pertikaian Jerman dan Rusia karena Rusia menganggap Jerman telah menjadi penghambat dalam menguasai pelabuhan-pelabuhan di Laut Tengah.
  4. Pertentangan Austria-Hongaria dengan Rusia memperebutkan daerah Balkan.
  5. Pertentangan Austria-Hongaria dan Serbia memperebutkan wilayah Bosnia Herzegovina.
  6. Konflik Rusia dan Turki adalah berebut pelabuhan-pelabuhan yang ada di Balkan. Politik Air Hangat Rusia yang bertujuan memperoleh pelabuhan-pelabuhan laut yang pada musim dingin tidak beku selalu dihalangi Turki.
  7. Pertikaian Bulgaria dengan Serbia yang diawali tuntutan Bulgaria agar Serbia mengembalikan daerah yang direbut dalam perang tahun 1913.


Politik Mencari Kawan (Aliance Politic)

a. Tahun 1882 didirikan Triple Alliantie yang terdiri dari Jerman dan Austria, Hongaria dan Italia.
b. Tahun 1907 didirikan Triple Entente  yang terdiri dari Perancis, Rusia dan Inggris.


Terjadinya Perlombaan Senjata

Berbagai negara yang ada di wilayah eropa dan sekitarnya berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas persenjataan tempur karena rasa kecurigaan terhadap negara lain akan adanya serangan dari luar. Peningkatan persenjataan pada umumnya berupa senapan, pistol, tank, artileri, pesawat tempur dan gas kimia.



Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia 1

sebab khusus perang dunia 1

  • Dikarenakan Insiden Sarajevo, yaitu terbunuhnya putra mahkota Austria Frans Ferdinand dan istrinya di Sarajevo (Ibukota Bosnia) oleh Gavrilo Principe yang merupakan anggota kelompok nasionalis Serbia pada Tanggal 28 Juni 1914.
    Kemudian Austria mengeluarkan ultimatum yang dikenal dengan nama Ultimatum Habsburg kepada Serbia agar menyerahkan pembunuhnya dalam waktu dekat, namun ultimatum itu tidak digubris oleh Serbia. Akhirnya Austria menyatakan perang terhadap Serbia pada tanggal 28 Juli 1914.
  • Pada tanggal 1 Agustus 1914 Sekutu Austria yakni Jerman menyatakan perang kepada Rusia.
  • Lantas pada tanggal 4 Agustus 1914 Jerman menyatakan perang terhadap Inggris dan Perancis, dan dalam waktu singkat perang menyebar luas ke seluruh Eropa.

 

Negara Yang Terlibat Perang Dunia 1

negara yang terlibat perang dunia 1

Hampir seluruh negara yang ada di Eropa terlibat Perang Dunia I. Pihak-pihak yang terlibat dalam Perang Dunia I adalah:
Pihak Sentral (blok Jerman) yang terdiri atas 4 negara, yaitu Jerman, Bulgaria, Turki, Austria-Hongaria.
Pihak Sekutu (blok Perancis) yang terdiri atas 23 negara yang diantaranya: Perancis, Inggris, Rusia, Amerika Serikat, Italia, Serbia, Belgia, Rumania, Yunani, Portugal, Jepang.

Pada awalnya Italia bersikap netral, akan tetapi pada tahun 1915 menyatakan perang terhadap Austria. Begitu juga Amerika Serikat pada awalnya bersikap netral, tetapi pada tahun 1917 menyatakan perang kepada Jerman, dikarenakan Jerman melakukan perang laut tak terbatas, yang menyebabkan kapal dagang AS ikut tenggelam.

 

Tokoh Perang dunia 1

tokoh perang dunia 1

Tokoh-tokoh yang terlibat dalam Perang dunia 1 adalah sebagai berikut: Vladimir Ilyich Ulyanov Lenin,Prince Max von Baden,Constantine I,Franz Ferdinand,Winston Churchill.

 

Jalannya Perang Dunia 1

jalannya perang dunia 1

Kesalahpahaman kekuatan sentral antara Jerman dan Austria-Hungaria menyebabkan situasi keduanya semakin panas. Jerman berjanji akan menolong Austria-Hungaria untuk melancarkan misi invasi ke Serbia. Penyerangan tentara Austria-Hungaria mengakibatkan kawasan Serbia memanas, Oleh sebab itu perang semakin
menegang dan berkelanjutan sehingga dimenangkan oleh Serbia dan mengakibatkan kekecewaan besar bagi Astro-Hungaria.

Astro-Hungaria hanya memiliki kekuatan yang kecil, terbagi, dan tidak mendapat bantuan dari Jerman sehingga Astro-Hungaria tumbang.

 

Dampak Perang Dunia 1

dampak perang dunia 1

Perang Dunia I memberikan pengaruh bagi dunia internasional dan hubungan antar Negara di dunia.

Terbagi dalam beberapa bidang, yaitu:


Dalam Bidang Politik

  • Tenggelamnya 4 kekaisaran besar di Eropa menjadi negara-negara republik, yaitu Jerman, Austria-Hongaria, Rusia, dan Turki.
  • Munculnya negara-negara baru, seperti Italia, Rumania, Polandia, Cekoslovakia, Kroasia, Yugoslavia, Hongaria, Irak, Iran, Yordania, Mesir, Arab Saudi, Syria (Suriah), Estonia, Latvia, dan Lithuania.
  • Lahirnya Liga Bangsa-Bangsa (atau disebut juga LBB) yang diprakarsai oleh Presiden Amerika Serikat, Woodrow Wilson.
  • Munculnya paham fasis di Italia, Nazi di Jerman, nasionalisme di Turki, militer di Jepang, dan komunis di Rusia.
  • Austria-Hongaria terbagi menjadi beberapa negara pengganti, termasuk Austria, Hongaria, Cekoslovakia, dan Yugoslavia.

 

Dalam Bidang Ekonomi

  • Hancurnya sarana fisik dan nonfisik.
  • Hancurnya pusat-pusat industri di Eropa.
  • Rusaknya wilayah pertanian yang menyebabkan kelaparan yang hebat di Rusia.
  • Terjadinya krisis Malaise pada tahun 1929, yakni krisis ekonomi dunia yang diawali hancurnya sektor-sektor ekonomi Amerika Serikat.
  • Hutang akibat peminjaman biaya perang, baik kepada rakyat maupun negara lain.
  • Terjadi pengangguran massal di Eropa.

 

Dalam Bidang Sosial

  • Perang Dunia 1 yang terjadi selama 4 tahun, telah menelan banyak korban, baik yang luka-luka, tewas, ditahan, bahkan hilang.
  • Negara-negara Eropa banyak kehilangan pemuda.
  • Peranan perempuan meningkat menggantikan generasi muda yang gugur dalam perang.
  • Perang Dunia I membutuhkan perlengkapan sehingga mendorong produktivitas industri yang semakin besar.
  • Banyaknya korban meninggal terutama laki-laki telah menurunkan angka kelahiran dan populasi Prancis.
  • Dibentuknya League of Nations atau Liga Bangsa-Bangsa pada 1919.
  • Terjadinya peleburan kelas sosial menuju pemerintahan yang lebih demokratis.

Leave a Comment