Sejarah Singkat Terjadinya Perang Dunia II [Versi Lengkap]

Perang Dunia 2 atau disingkat (PD 2) merupakan kelanjutan dari Perang Dunia 1 yang terjadi dan berakhir beberapa tahun setelahnya.

Perang ini mengakibatkan pengaruh yang sangat besar, sebab perang ini juga mengakhiri konflik berkepanjangan yang terjadi antar negara di Eropa yang juga berpengaruh luas pada hubungan internasional negara-negara di dunia pada masa sekarang.

perang dunia


Pada hakikatnya, Perang Dunia II membawa begitu banyak perubahan pada dinamika politik internasional dan menimbulkan berbagai macam pemikiran Hubungan Internasional, Organisasi Internasional, hingga cara berpolitik.

Perang dunia kedua juga membawa kehancuran yang begitu luar biasa, kerugian material yang sangat besar, hingga jumlah korban tewas yang banyak sekali.

Berikut sejarah terjadinya Perang Dunia II yang perlu Anda ketahui.

 

Penyebab Umum Perang Dunia 2

Penyebab Perang Dunia 2

Secara resmi, Perang Dunia II dimulai pada tanggal 1 September 1939. Namun pernyataan lain menganggap bahwa perang ini terjadi lebih awal pada saat Jepang berhasil menduduki wilayah Manchuria sekitar tahun 1937.

Pada umumnya, Perang Dunia I membuahkan upaya perdamaian saat negara-negara membentuk organisasi internasional Liga Bangsa-Bangsa (LBB).

Ketakutan, kengerian, kesulitan, hingga penderitaan atas perang yang disadari oleh pelaku maupun korban perang. Maka dari itu hadirnya LBB sebagai produk dari Perang Dunia I menjadi jalan bagi terwujudnya perdamaian.

LBB pada saat itu tidak memiliki peran supranasional yang seharusnya mereka miliki agar dapat memerintah atas negara-negara anggotanya.

Tidak adanya peran supranasional tersebut dapat dilihat dari serangan Italia terhadap Ethiopia di tahun 1935.

Hal tersebut menunjukkan kesewenangan negara besar di dalam tubuh LBB untuk berbuat sesuka hati, dan LBB tidak memiliki peran yang kuat untuk menghentikan, menghukum, atau pun memerintah bagaimana seharusnya negara anggota itu bertindak. LBB menjadi tidak lagi dipercayai sebagai badan yang mampu mewujudkan perdamaian.

Para negara-negara aliansi hasil dari Perang Dunia I memiliki kecurigaan khusus terhadap oposisinya. Jerman dan Italia yang berpaham ultranasionalisme (Nasional-Sosialis Jerman dan Fasisme Italia) mencurigai komunis Uni Soviet.

Kecurigaan tersebut membuat patahnya keyakinan perdamaian yang dibimbing oleh LBB, sehingga timbullah persaingan untuk mempertahankan diri dan memperkuatnya di bidang militer.

Inggris, Prancis, dan Amerika Serikat kemudian terlibat dengan kecurigaan paham tersebut karena mereka mengusung paham demokrasi.

Persaingan bidang militer tersebut menghasilkan berbagai persenjataan baru dari berbagai negara. Senjata-senjata modern dari transportasi laut, udara, darat hingga senjata pemusnah massal sudah dimiliki oleh masing-masing negara.

Perang di era ini kemudian menjadi bentuk evolusi perang besar-besaran dengan korban yang juga sangat massive.

Negara-negara Eropa (ditambah Amerika Serikat) terbagi atas 3 paham, yaitu demokrasi (Prancis, Inggris, ditambah dengan Amerika Serikat), fasisme (Jerman dan Italia), dan komunisme (Uni Soviet).

 

Politik Balas Dendam (Revanche Idea)

Politik Balas Dendam (revanche idea)Adanya politik balas dendam bagi pihak yang kalah pada Perang Dunia I yaitu Revanche Idea sebagai sebab lahirnya rasa terhina oleh Jerman atas Perjanjian Versailles yang membuatnya harus bertekuk lutut pada keinginan Perancis dan Sekutu.

Wujud Modernisasi Militer Cina
Selain itu, dorongan terwujudnya perang juga disebabkan oleh politik ekspansi dari Jerman yang mengusung semboyan Lebensraum  (Jerman Raya), Italia dengan semboyan Italia Irredenta (Italia Raya), dan Jepang dengan semboyan Hakko Ichiu.

Jerman dan Italia bersekutu yang ditandai dengan persahabatan Adolf Hitler dan fasisme Benito Mussolini.

 

Sebab Khusus Perang Dunia 2 di Eropa

sebab khusus perang dunia 2

Jerman dengan Nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler mulai berusaha menduduki pelabuhan Danzig di Polandia pada awal September 1939 yang dianggap sebagai milik mereka sebelum terjadinya Perang Dunia I.

Mereka juga menyerang Austria dan daerah Cekoslovakia (Sudeten). Agresi militer yang dilancarkan oleh pihak Jerman ini dianggap sebagai langkah awal terjadinya Perang Dunia II di Eropa.

Beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 3 September 1939, Inggris dan Perancis menyatakan perang terhadap Jerman.

Dengan segera peperangan di Eropa tidak lagi terhindarkan. Eropa berkecamuk diikuti dengan pergerakan jumlah militer yang masif melewati batasan-batasan negara guna menyerang wilayah musuh-musuhnya.

Ikut campur tangannya Inggris dan Prancis dalam menyerang Jerman tidak membuat Italia yang sebagai sekutu setia Jerman tinggal diam. Pada Bulan Juni 1940, Italia menyatakan perang terhadap Inggris dan Prancis.

Dengan segera perang tersebar menyeluruh di kawasan Eropa. Segera setelah Italia turut campur, pasukan gabungan Italia dan Jerman mampu menaklukkan pasukan Perancis pada tanggal 22 Juni 1940.

Kekuatan Jerman  tampaknya semakin besar ketika bekerjasama dengan pasukan militer Italia. Pada Bulan April 1941, Jerman berhasil menguasai Yugoslavia, Yunani, hingga meluas sampai ke Afrika tepatnya di Mesir.

Beberapa bulan setelah Jerman berhasil menduduki wilayah ketiga negara tersebut, Jerman juga berhasil menduduki Ukraina dan Rusia di wilayah Uni Soviet.

 

Rangkuman Sejarah Perang Dunia 2

sejarah perang dunia 2Konflik besar di dunia hampir 70 tahun yang telah lalu atau yang biasa dikenal dengan Perang Dunia II mempengaruhi perubahan pada hubungan internasional hingga di masa sekarang.

Hubungan internasional di geopolitik pada saat ini berdasar pada aliansi yang dibentuk oleh sekutu-sekutu yang ada, yang kemudian membuat pihak yang kalah wajib mengikuti keinginan pihak yang menang di era setelahnya.

Perang Dunia II juga mengakibatkan konflik antara dua negara Superpower di era Perang Dingin yang terjadi setelah  PD II, dimana konflik ini juga menjadi alur perubahan geopolitik hubungan internasional.

Perang Dunia II yang maha dahsyat tersebut dikenal sebagai perang terbesar yang pernah terjadi di muka bumi, yang menghancurkan berbagai wilayah di Eropa, Asia, Amerika, dan Afrika serta menghabisi sekitar 50 juta nyawa manusia.

 

Leave a Comment