6+ Tips dan Cara Cepat Menghafal Sandi Morse Pramuka

Sandi Morse dalam pramuka merupakan materi wajib yang harus dikuasai oleh setiap anggota pramuka. Morse pramuka ditemukan oleh Samuel F.B. Morse seorang berkebangsaan Amerika pada tahun 1844. Pengertian sandi morse adalah salah satu sandi yang digunakan untuk berkomunikasi. Sandi morse bukan hanya digunakan untuk pramuka saja. Sandi morse juga dapat digunakan untuk mengirim signal dalam keadaan darurat sekalipun dan biasa dihubungkan dengan garis pendek dan garis panjang.

Samuel Morse

learning-history.com

162 tahun kemudian, kode ini terkadang masih sering digunakan, terutama oleh para operator radio amatir. Kode ini dapat dikirim dengan cepat memakai telegraf, dan sangat bermanfaat untuk mengirimkan sinyal SOS dengan radio, cermin, atau senter, dan juga sarana komunikasi bagi orang cacat. Dalam mempelajari sandi morse, strategi pendekatannya harus seperti mempelajari bahasa baru.

Baca juga : Macam-macam Funngsi Simpul dan Ikatan Tali Temali Dalam Pramuka

Cara Mudah Belajar Sandi Morse

sandi morse

hasdukmerahputih.blogspot.com

Dengarkan rekaman sandi morse yang diperlambat secara cermat dan teliti. Anda akan mendengarkan kombinasi atau gabungan antara titik (dot) dan garis (dash, mengacu juga pada dit atau dah).

Dit adalah garis/bip pendek, kemudian dah adalah garis/bip panjang (tiga kali dit), dan setiap huruf dipisahkan jeda pendek, sedangkan setiap kata dipisahkan dengan jeda panjang (tiga kali dari jeda pendek).

Anda dapat mencari rekaman latihan sandi morse di toko-toko terdekat, atau menggunakan alat penerima gelombang pendek untuk mendengarkan sandi morse asli. Aplikasi sandi morse untuk berlatih secara murah ataupun gratis juga tersedia di internet dan pada lazimnya kualitas suara akan lebih baik daripada rekaman.

Kalimat yang dikodekan dapat diatur dengan acak sehingga edukasinya tidak jenuh dan membosankan serta dapat pula ditentukan sesuai dengan kehendak sendiri.

Dalam penulisan sandi morse anda tidak usah menghitung jumlah garis dan titik, pelajarilah suara dari huruf saja. Jika anda menggunakan Farnsworth, atur jeda antara huruf lebih lambat dari kecepatan huruf. Pilihlah kecepatan huruf sedikit di atas target dan jangan pernah menurunkannya. Anda hanya boleh menurunkan kecepatan jeda saja.

Inilah cara cepat menghafal sandi morse pramuka sebagai bahasa, 15-25 kata per menit atau lebih. Metode berikut paling baik digunakan jika anda tidak berniat memakai Kode Morse di atas 5 kata per menit. Anda akan diminta untuk meninggalkan kebiasaan lama yang negatif dan memulai kembali.


Daftar Alfabet Sandi Morse

alfabet sandi morse

sditalfahmi.wordpress.com

Anda Dapat menggunakan tabel kode dasar atau tabel tingkat lanjut yang melampirkan tanda baca, frasa singkatan, prosign dan kode Q. Sesuaikan kode yang anda dengar dengan huruf yang ada di tabel. Bagaimana? Apakah anda sudah berhasil mencocokkan semuanya?

Sebagian orang akan lebih mudah mempelajari kode morse dengan menuliskan huruf secara titik dan garis, kemudian disesuaikan dengan tabel kode. Sejumlah orang merasa hal ini akan menambah tahap penerjemahan kode sehingga memperlambat proses pembelajaran anda.

Pilihlah metode yang sesuai dengan anda. Bila anda ingin menjauhi metode penulisan titik dan garis, gunakan tabel pelafalan yang mendaftar semua suara sinyal sandi morse sehingga kode diterjemahkan sebagai suara, alih-alih simbol titik dan garis.

Baca Juga : Cara Mudah Memasang Atribut Pramuka Penggalang


Cara Melafalkan Sandi Morse

kata morse

ibnuasmara.com

Lakukan latihan penerjemahan kata-kata sederhana menjadi kode morse. Pertama-tama, Anda boleh menuliskan kode-kode ini, kemudian lafalkan. Sebagai contoh kata sandi “cat” ditulis sebagai:

-.-.   .- –

Selanjutnya suarakan kodenya (anda dapat menggunakan suara tombol ponsel atau melafalkan saja “bip” agar kode-kode dapat dipelajari dengan lebih mudah dan cepat). Dalam melafalkan sandi morse, dit diucapkan “di” dengan bunyi i pendek dan t diam. Dah  diucapkan dengan bunyi a pendek. Jadi, kata cat dilafalkan sebagai dah-di-dah-di di-dah dah.

Apabila anda sudah bisa, coba ambil buku dan terjemahkan isinya menjadi kode morse tanpa menulis apa pun. Rekam hasil terjemahan anda, dan putar kembali untuk menilai kesesuaiannya.

Perhatikan jeda anda. Tiap-tiap huruf dipisahkan oleh jeda pendek yang durasinya sama dengan dah (tiga kali dit). Setiap huruf dipisahkan oleh jeda panjang yang durasinya tujuh kali dit. Semakin baik jeda anda, kode akan semakin mudah dimengerti.



Cara Cepat Menghafal Sandi Morse

smaphore morse

sijai.com

“T” merupakan satu dah dan “E” adalah satu dit. Berikutnya, “M” adalah dah-dah dan “I: adalah dit-dit. Hafalkan huruf yang terdiri dari tiga atau empat dit dan dah yang berturut-turut. Kalau sudah, kemudian lanjutkan ke kombinasi berikut: dit-dah, dit-dah-dah, dit-dah-dah-dah, dan seterusnya. Hafalkan kombinasi-kombinasi sulit belakangan. Untungnya, beberapa kombinasi sulit hurufnya jarang dipakai, misalnya Q, Y, X, dan V. Oleh karena itu hafalkan kombinasi huruf-huruf yang sering dipakai terlebih dahulu. Perhatikan bahwa E dan T memiliki simbol terpendek dan K, Z, Q, serta X memiliki simbol panjang.

Baca Juga : Yel Yel Pramuka Dengan Lagu Yang Lagi Ngehits

Membuat Asosiasi Untuk Setiap Huruf

kode morse

belajarpramuka.wordpress.com

Coba pikirkan kata atau frasa yang suaranya mirip. Sebagai contoh soal sandi morse pramuka, huruf “C” lafalnya adalah dah-dit-dah-dit (panjang pendek panjang pendek). Carilah kata yang suaranya mirip pelafalan tadi, misalnya cantik cantik, frasa tadi dimulai huruf “C”, dan pelafalannya mirip. Bagaimana dengan “N” yang lafalnya dah-dit? Coba asosiasikan dengan nanti. Cara ini semakin sulit dipakai untuk huruf yang kombinasinya rumit. Ada kumpulan mnemonic kode morse untuk bahasa Inggris yang bisa anda beli atau cari di internet.

Nah.. Jika anda penggemar musik, cobalah mengasosiasikan lafal kode dengan nada atau melodi yang anda kenal. Sebagai contoh, sandi morse lagu  nada permulaan 5th Symphony karya Beethoven adalah pendek-pendek-pendek-panjang, atau dit-dit-dit-dah, yang merupakan pelafalan huruf “V”, angka romawi dari 5 (5th Symphony Beethoven). Sangat cocok, bukan?

Ajaklah teman-teman anda untuk ikut belajar menghafal sandi morse, dan terapkan kode ini pada hal-hal seru! Misalnya, kedipkan kode SOS pada teman jika kencan anda berjalan kacau. Operkan pesan rahasia dalam kode morse, atau tulis dari dalam kode morse, atau buat lelucon dalam kode morse sehingga hanya anda dan teman-teman yang mengerti kunci sandi morse tersebut. Kemudian berikan kartu ucapan dalam kode morse, atau ucapkan “aku sayang kamu” dalam gambar kode morse (romantisnya!). Jika anda memiliki teman belajar dan diterapkan pada hal yang menyenangkan, proses pembelajaran akan berlangsung cepat dan tidak membosankan.



Tips Menghafal Sandi Morse

Pohon Morse

xudoanthanhtam.net

Manfaatkan aplikasi sandi morse pada ponsel anda atau cari perangkat lunak latihan morse di internet. Keduanya akan sangat membantu!
Berlatihlah! jika ada waktu senggang, minta teman atau keluarga untuk duduk bersama dan mendengarkan kode yang anda lafalkan.

Sediakan tabel kode, dan minta mereka untuk menerjemahkan sandi yang anda ucapkan. Selain menambah wawasan teman atau keluarga anda terhadap kode morse, anda juga akan mengetahui kesalahan atau kebiasaan buruk yang muncul sehingga bisa diperbaiki sebelum anda terbiasa.

Untuk mengisyaratkan bahwa anda salah dalam melafalkan selagi kata terakhir dilafalkan, ucapkan delapan titik. Penerima pesan akan tahu bahwa Anda telah melakukan kesalahan dan kata terakhir akan dicoret.
Dengar dengan seksama. Saat belajar lakukan dengan pelan sampai Anda sudah terbiasa.
Jangan menyerah! Belajar Kode Morse tidaklah mudah. Hal ini layaknya mempelajari bahasa baru. Morse memiliki huruf-huruf baru, singkatan, tata bahasa dan hal-hal lain untuk dipelajari. Jangan patah semangat jika Anda banyak membuat kesalahan. Ala bisa karena biasa.

Dengan alat yang tepat, belajar kode morse bisa dilakukan dengan mudah.  Salin dan laminating tabel di bawah dan simpan di dompet. Anda akan mengingat kode-kode dan letaknya dengan lebih cepat. Baca tabel ini dari atas ke bawah. Putih artinya dit dan warna artinya dah. Mulai dari E dan T, alias dit dan dah. Baca ke bawah pada tiap baris, dengan demikian V adalah dit dit dit dah.
Jangan pakai tabel visual karena yang ingin dilatih adalah telinga, bukan mata. Jangan gunakan metode yang akan menghambat proses pembelajaran anda. Tujuan anda adalah mengenali huruf-huruf dalam kata secara instan, dan bukan menghitung dit dan dah. Gunakan metode program komputer Koch dan Farnsworth.

Leave a Reply