Tips dan Trik Membeli Alat Musik di Toko Online

Toko musik seolah menjadi tempat favorit bagi para musisi, terlebih lagi dalam mencari peralatan musik berkualitas. Membeli peralatan musik seolah menjadi penunjang hobi musik mereka. Bahkan tidak jarang ada yang sampai membentuk grup musik amatiran untuk mengekspresikan kecintaannya kepada musik.

toko alat musik

Namun, di era digital seperti sekarang ini toko musik sudah mulai berkembang dengan hadirnya toko musik online. Tidak sulit menemukan toko online terpercaya yang menjual ​alat musikhttps://www.bukalapak.com/c/hobi-koleksi/musik​. Layaknya membeli instrument musik di toko konvensional, berbelanja instrument secara online juga bisa memungkinkan Anda mendapat harga yang lebih terjangkau. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli instrument musik via online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Cermat dalam memilih toko online

Poin utama yang penting untuk diperhatikan saat ingin membeli instrumen musik via online adalah memastikan bahwa toko online tersebut benar-benar professional dan terpercaya. Untuk memastikan apakah toko tersebut terpercaya atau tidak ada beberapa trik sederhananya, seperti mencari rekomendasi penjual yang profesional kepada seseorang yang berpengalaman dalam membeli instrument musik via internet. Umumnya toko musik online menghadirkan beberapa foto dengan kualitas terbaik. Hal ini tentu saja memudahkan para calon pembeli dalam memperkirakan kondisi dan kualitas instrument yang dicarinya. Namun, alangkah bijaksananya jika Anda tidak membeli instrument musik bekas alias second via second, mengingat kualitasnya yang tidak terjamin.

  1. Jangan mudah tergiur dengan harga murah

Biasanya toko musik online kerap memberikan promo berupa potongan harga. Namun, dalam hal membeli ​alat musik via online, sebaiknya Anda tidak mudah tergiur dengan rayuan penjual yang menawarkan harga murah, bahkan harga yang ditawarkan terbilang tidak wajar. ​Misalnya Anda mencari ​gitar akustik elektrik https://www.bukalapak.com/c/hobi-koleksi/musik/gitar tipe Y​amaha APX 500II yang harga normalnya sekitar Rp 2 jutaan dan kebetulan Anda mendapati penjual yang menawarkan gitar tersebut dengan harga setengah dari harga normal atau bahkan lebih murah lagi. Jika demikian, maka Anda patut waspada. Pasalnya jika bukan barang tersebut palsu alias custom, bisa jadi itu hanya modus yang ingin menipu Anda. Di mana setelah Anda mentransfer sejumlah uang tertentu, barang yang didambakan justru tidak kunjung datang.

  1. Pastikan barang dikirim dengan jasa pengiriman yang tepat

Yang perlu Anda tahu bahwa membeli ​alat musik secara online dengan harga yang tidak murah, membuat Anda harus ekstra hati-hati. Untuk itu, Anda perlu mempercayakan barang Anda pada jasa pengiriman yang tepat. Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada pihak toko musik online tentang jaminan keamanan yang ditawarkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir karena instrument musik yang Anda idam-idamkan tersebut bisa sampai dalam keadaan bagus dan tanpa kerusakan. Pastikan juga pada pihak penjual untuk mengemas instrumen musik dengan aman.

  1. Pastikan mendapat garansi alat musik

Agar instrument musik yang Anda peroleh dari toko musik online tetap dalam kondisi mulus, maka ada baiknya Anda menanyakan garansi ataupun asuransi yang ditawarkan oleh jasa pengiriman barang yang digunakan toko tersebut. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih tenang dalam menanti ​alat musik yang telah Anda beli secara online.

  1. Jangan membuang resi pengiriman sebelum produk tiba di tempat

Saat Anda membeli instrument musik dengan harga terjangkau dan menerima resi pengiriman, maka pastikan untuk menyimpan resi tersebut. Setidaknya hingga pesanan Anda tiba dengan aman. Nantinya resi ini bisa Anda gunakan untuk melakukan klaim saat barang Anda belum tiba pada waktu yang telah ditentukan. Resi ini juga bisa Anda pakai ketika barang yang Anda dapat mengalami kerusakan.

Dengan cermat saat membeli instrumen di toko musik online, dapat memberikan jaminan kepada Anda dalam memperoleh barang berkualitas. Untuk mendapatkan instrument musik terbaik secara online, Anda bisa mengunjungi marketplace online seperti Bukalapak. Selain kualitasnya yang terjamin, di Bukalapak Anda juga bisa menemukan instrumen musik dengan harga yang lebih murah dibanding toko-toko konvensional lainnya.

Leave a Reply