Ukuran Kartu Nama dalam Inci, Pixel, Cm, Corel, Word dan Sebagainya

Anda ingin membuat sebuah kartu nama sebagai identitas namun tak tahu berapa ukuran kartu nama yang standar digunakan oleh masyarakat umum Indonesia? Meskipun menjadi pertanyaan umum yang sering kali ditanyakan oleh pembuat kartu nama dan para desain grafis, nyatanya banyak khalayak ramai yang belum mengetahui ukuran standar yang digunakan untuk membuat kartu nama. Hal ini tentunya wajib diketahui bagi para pembuat kartu nama, supaya kartu nama yang Anda inginkan tampil dengan ukuran standar yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. 

Pengetahuan akan hal ini bukan hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak membuat kartu nama saja, namun seorang desain grafis hendaknya juga harus mengetahui standar ukuran kartu nama di setiap negara. Pasalnya setiap negara umumnya memiliki standar dengan ketentuan ukuran kartu nama yang berbeda-beda. Jangan sampai kelak jika Anda menjadi seorang desainer grafis salah menerapkan ukuran tatkala mendapatkan client dari luar negeri. 

Di Indonesia sendiri keberadaan kartu nama bagi para pebisnis dan di dunia bisnis bukanlah sesuatu hal yang baru. Bahkan kini beberapa kalangan sengaja menggunakan kartu nama untuk mencari rekan kerja guna melancarkan bisnis dan usahanya. Pasalnya keberadaan kartu nama ini bukan hanya digunakan sebagai tanda pengenal saja, melainkan juga memudahkan para pebisnis untuk menjalin beberapa kerjasama dengan para relasinya. Secara umum kartu nama akan berisi identitas pemilik yang meliputi nama lengkap , kontak atau nomor telepon yang bisa dihubungi lengkap dengan bisnis yang digelutinya. 

Sama layaknya tanda pengenal yang lainnya, kartu nama juga memiliki standar ukuran dan besaran tersendiri. Meskipun ukuran kartu nama tersebut tidak mengikat karena umumnya setiap negara memiliki standar ukuran dan besaran yang berbeda-beda. Namun di negara Republik Indonesia sendiri ada standar ukuran kartu nama yang menjadi patokan para pemesan kartu nama dan desainer grafis ketika membuatnya. Nah bagi Anda yang ingin tahu berapa sajakah ukuran standar yang menjadi ketentuan di Indonesia, simaklah berikut ini.

Ukuran Kartu Nama di Indonesia

Sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya bahwa setiap negara memiliki ketentuan dan standar yang berbeda-beda ketika menentukan sebuah ukuran ID name yang hendak menjadi tanda pengenalnya. Tak menutup kemungkinan jika Anda kelak menjadi desainer grafis pengetahuan akan hal ini amat sangat perlu.

Mengenai ukuran standar sebuah kartu nama di Indonesia terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan besaran dan satuannya yang bisa dijadikan pedoman serta patokan bagi para pembuat kartu nama atau desainer grafis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Ukuran Kartu Nama Dalam Inchi

Ada dua ukuran kartu nama dalam inchi yang sering diterapkan di Indonesia oleh para desainer grafis dalam pembuatan sebuah identitas. Ukuran pertama yakni berkisar 90 mm x 55 mm, sedangkan untuk ukuran yang kedua berkisar 80 mm x 5 mm. Selain diterapkan oleh negara Indonesia ukuran dan besaran pembuatan kartu nama ini juga diterapkan oleh beberapa negara besar lainnya.

Diantaranya adalah Australia, Denmark, New Zealand, Norwegia, Taiwan, Swedia, Vietnam, India serta kolombia. Meskipun berbeda di setiap negara namun secara umum ukuran kartu nama dalam inchi hanya memiliki perbedaan rasio antara 1,42 hingga 1,8 saja.

  1. Ukuran Kartu Nama Dalam Centimeter

Tak ada perbedaan yang berarti terkait ukuran kartu nama dalam bentuk inchi dan centimeter yang diterapkan oleh para desainer grafis. Hanya saja yang membedakannya adalah satuannya saja yang berubah menjadi centimeter. Umumnya jika dilihat dari satuan centimeter ukuran kartu nama di Indonesia akan berubah menjadi 9 cm x 5,5 cm dengan dua ukuran yang menjadi patokan tatkala membuat sebuah identitas berupa kartu nama. 

  1. Ukuran Kartu Nama Dalam Pixel

Sebenarnya di Indonesia sendiri hanya memiliki dua patokan ukuran kartu nama yang biasa diterapkan oleh para pembuat kartu nama atau desainer grafis. Namun beberapa kalangan memang memilih menggunakan satuan tertentu tatkala menentukan ukuran kartu nama yang ditentukan.

Selain menggunakan satuan inchi dan centimeter, kartu nama juga dapat dibuat ke dalam ukuran pixel. Nah nantinya ukuran kartu nama tersebut akan berubah menjadi 1063 x 650 pixels dengan resolusi 300 dpi.

  1. Ukuran Kartu Nama Standar Photoshop

Masih banyak sekali khalayak umum yang bingung tatkala menentukan ukuran kartu nama yang standar di photoshop. Padahal secara umum di Indonesia sendiri hanya memiliki satu ukuran standar yaitu 9 cm x 5,5 cm yang bisa dijadikan patokan tatkala membuat sebuah identitas. Perlu Anda ketahui di Indonesia memiliki ukuran kartu nama yang terbagi menjadi beberapa jenis dan bisa ditentukan dengan kebutuhan penggunaannya. Mulai dari id card, ATM, KTP, SIM serta beberapa kartu identitas lainnya. 

Pembuatan kartu nama di photoshop memang memiliki ukuran yang berbeda, umumnya pembuatan kartu nama dengan metode ini menggunakan ukuran bersatuan pixels yang mana membuat ukuran kartu nama menjadi 1063 x 650 pixels dengan resolusi sebesar 300 dpi. Nah supaya kartu nama yang Anda pesan sesuai dengan keinginan, wajib bagi Anda mengetahui standar ukuran kartu nama yang diterapkan di Indonesia terlebih dahulu. 

  1. Ukuran Kartu Nama Caleg

Kartu nama tak hanya digunakan oleh para pebisnis dan pelaku usaha lainnya di dunia bisnis saja, namun beberapa calon legislatif juga sengaja menggunakan kartu identitas ini untuk mengenalkan diri ke khalayak luas. Lalu apakah ukuran kartu nama caleg sama dengan ukuran kartu-kartu identitas lainnya?

Jika menilik dari sisi ukuran sebuah kartu nama yang digunakan oleh caleg atau calon legislatif memang tak ada perbedaan dengan kartu identitas lainnya. Pasalnya di Indonesia sendiri sudah memiliki standar ukuran kartu nama yaitu berkisar 9 cm x 5,5 cm yang telah dijadikan pedoman serta patokan oleh para pembuat kartu nama serta desainer grafis tatkala membuat sebuah kartu identitas.

Namun apabila dilihat dari segi isinya memang ada perbedaan yang cukup signifikan dengan kartu nama pada umumnya. Pada kartu nama caleg umumnya tak hanya berisikan nama lengkap beserta gelar yang disandangnya saja, tetapi ada beberapa space yang menunjukkan visi serta misinya tatkala menjabat sebagai anggota legislatif kelak. Tak jarang ada pula yang menambahkan foto sebagai tanda pengingat saat proses pemilu berlangsung. 

  1. Ukuran Kartu Nama ID Card

Meskipun memiliki standar ukuran kartu nama id card yang berbeda-beda pada setiap negara, namun semuanya harus merujuk pada ketentuan yang telah ditetapkan oleh standar internasional. Pada peraturan tersebut menyatakan bahwasannya ukuran kartu nama id card umumnya terbagi menjadi 4 bagian. Diantaranya adalah ID-1, ID-2, ID-3, dan ID-000 dengan ciri fisik dan ukuran yang berbeda-beda. 

Untuk ukuran kartu nama id card dengan tipe ID-1 umumnya memiliki ukuran berkisar 85,60 x 53,98 mm serta memiliki bagian sudut yang bulat dengan radius 2,88-3,48. Nah umumnya jenis kartu id card model ini kerap digunakan oleh perbankan serta id card pada umumnya. Namun tak jarang beberapa negara menjadikan ukuran kartu ini sebagai KTP, tiket transportasi hingga kartu member berlangganan. 

Selanjutnya adalah ukuran kartu nama id card bertipe ID-2 yang berkisar antara 105 x 74 mm. Biasanya model kartu dengan ukuran sedemikian rupa digunakan oleh negara Jerman untuk membuat KTP. Meskipun kini KTP warga jerman lebih menggunakan tipe ID-1, namun dulunya pernah menerapkan model ukuran kartu nama id card bertipe ID-2.

Selanjutnya ukuran kartu nama id card yang ketiga adalah bertipe ID-3 yang mana ukurannya berkisar antara 125 x 88 mm. Model ukuran id card ini biasanya digunakan untuk membuat paspor dan visa. Nah sedangkan model kartu nama id card keempat bertipe ID-000 ini lebih sering digunakan untuk membuat kartu SIM card. Pasalnya jenis kartu ini memiliki ukuran yang terbilang kecil yaitu antara 25 x 15 mm saja. 

Meski kini sudah banyak sekali desainer grafis yang menawarkan jasa pembuatan kartu nama dengan cepat, mudah dan murah. Namun ada beberapa kalangan yang lebih memilih mendesain dan mencetaknya sendiri dirumah. Sebab selain dapat menentukan sendiri desain sesuai keinginan, mencetak kartu nama sendiri terbilang lebih murah dan efektif. 

Bagi Anda yang terbiasa dengan kegiatan cetak mencetak pastilah tak ada kendala-kendala yang berarti tatkala melakukan aktivitas ini. Lantas bagaimanakah bagi mereka yang baru pertama kali mencetak sebuah kartu nama? Apakah ada tips khusus mencetak ukuran kartu nama yang baik dan benar supaya hasilnya sesuai dengan harapan? Tak perlu berlama-lama lagi inilah penjelasan lengkapnya untuk Anda simak dengan seksama

Cara Print Ukuran Kartu Nama

  1. Langkah pertama tentunya Anda harus memiliki file kartu nama yang hendak dicetak terlebih dahulu. 
  2. Nah nantinya dari templat file kartu nama yang Anda buka tersebut, lanjutkan dengan menekan tombol ‘file’ yang berada di pojok kiri atas. Kemudian Anda akan dihadapkan dengan beberapa opsi lalu pilihlah opsi ‘cetak’. 
  3. Tentukan printer yang hendak Anda gunakan untuk mencetak. 
  4. Setelah itu lihatlah opsi pengaturan. Biasanya pada tahapan ini Anda harus menentukan jumlah halaman yang hendak dicetak. Apabila kartu nama yang hendak Anda cetak berada pada satu lembar kertas, maka Anda bisa memilih beberapa halaman per lembar guna mencetak kartu nama lebih banyak. Namun apabila pada satu lembar berisikan beberapa kartu nama, maka Anda bisa memilih satu halaman per lembar. Jangan lupa untuk memilih orientasi untuk dicetak ke kertas dengan benar. 
  5. Lalu lanjutkan perintah dengan menekan tombol ‘Cetak’.

Meski setiap negara memiliki ketentuan dan syarat yang berbeda-beda terkait ukuran kartu nama yang digunakan untuk mencetak sebuah identitas. Namun ada ukuran internasional yang telah ditetapkan sesuai dengan standar internasional ISO yang berkisar antara 74 mm x 52 mm. 

Nah itulah tadi ulasan menarik mengenai ukuran kartu nama dalam beberapa ukuran dan satuan yang ada di Indonesia hingga luar negeri yang bisa kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment